Beranda New Cars REVIEW: Mitsubishi New Triton, King of All Terrain

REVIEW: Mitsubishi New Triton, King of All Terrain

TANGERANG, 27 Juli 2019 – Begitu kita menyebut nama pick-up, otomatis yang ada di kepala kita adalah mobil berbodi bongsor, kokoh, dengan kemampaun off-road yang mumpuni. Namun seiring perkembangan waktu, pick-up tak hanya menjadi alat angkut tapi juga memikirkan kenyamanan. Inilah yang mampu diterjemahkan Mitsubishi Motors lewat New Triton PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggunakan ajang GIIAS 2019, yang berlangsung 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, menghadirkan New Triton.

New Triton merupakan model terbaru yang mendapatkan perubahan dan pengembangan besar dibandingkan model pendahulunya. Sebelumnya New TRITON telah diperkenalkan pada perayaan 40 tahun model TRITON/L200 di Bangkok, Thailand, November 2018 lalu. Prosesi launching ini juga dihadiri langsung Carvaganza.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI mengatakan New Triton merupakan model strategis global dari Mitsubishi Motors yang diluncurkan di pasar ASEAN, dan juga akan diperkenalkan ke negara lainnya, seperti: Oceania, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika Latin dengan total 150 negara. Hingga kini total produk ini terjual 4,9 juta unit,

Mitsubishi Motor menyebutkan New Triton dikembangkan untuk mewujudkan kata kunci “Engineered Beyond Tough” yang menggarisbawahi penciptaannya. Berikut 5 elemen pentingnya:

Robust Design

Pembaharuan sisi eksterior dengan image yang lebih kuat dan tangguh, menggabungkan konsep desain muka Dynamic Shield yang stylish. Tampilan depannya diunjang Sharp Look LED Headlamp yang sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lights.

Mitsubishi juga menyematkan aksen Chrome Outer Door Handle dan Chrome Power Door Mirrors. Bagian belakang kesan kokoh ditampilkan lewatSturdy Rear Bumper, LED Rear Combination Lamps, Chrome Rear Gate Handle, Side Step, dan Cargo with Bed Liner. New Triton memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi 5.100mm x 1.815mm x 1.780mm.

Style Cabin

Masuk ke kabin, lekuk dinamis dengan material berkualitas tinggi menyajikan ruang interior yang memberikan kenyamanan berkendara. New Triton memiliki konsol tengah yang simple dan terpadu, sekaligus memberikan kemewahan dengan penambahan soft pads. Meter cluster dilengkapi dengan LCD multi-information display fungsional yang memuat informasi tentang kendaraan dan fitur hiburan Premium Wide 2DIN dengan USB serta MP3 player.

Kemudi sudah dibalut dengan kulit plus pengaturan naik turun dengan tilt and telescopic steering. Fitur lain di kabin adalah Automatic AC, Smartphone Tray untuk meletakkan perangkat gadget dan USB Charging Socket yang terletak di konsol tengah. Konsol untuk menempatkan telpon pintar juga disediakan bagi penumpang belakang. Ada juga Auto Dimming Rearview Mirror, Rearview Camera, dan Cup Holder untuk penumpan depan.

Confidence-Driving

Kemampuan Triton melahap segala medan sudah teruji. Kini penyempurnaan system 4WD dilakukan untuk memberikan peningkatan performa off-road dan system keamanan aktif dan fitur bantuan terbaru untuk pengemudi. Secara keseluruhan, berbagai fitur pada model baru ini mendapatkan perbaikan signifikan terhadap durabilitas dan keandalan yang dibutuhkan oleh pengguna Komersial hingga kenyamanan dan pengalaman berkendara yang dicari oleh pengguna pribadi.

Triton didesain dengan ketangguhan untuk melalui berbagai medan yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang luas, untuk kenyamanan perjalanan Anda. Cargo bed yang lega memberi lebih banyak ruang untuk muatan. Suspensi dibangun stabil dilengkapi double wishbones, coil spring dan stabilizer bar di depan. Pembaruan suspensi belakang dilakukan dengan optimalisasi leaf spring dan penambahan diameter di shock absorber belakang.

Smart Technology & Safety Features

New Triton hadir dengan perangkat keamanan paling canggih di segmennya. Pada keamanan dasar dilengkapi dengan RISE body – yang merupakan struktur bodi penyerap benturan. Selain itu New Triton hadir dengan banyak fitur keamanan canggih seperti 7 SRS Airbags, Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan. Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang.

Fitur lainnya adalah Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) yang berfungsi memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot atau yang melaju cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonic dan radar, Rear Cross Traffic Alert (RCTA) memonitor laju di belakang kendaraan dengan radar, Automatic High Beam secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic, dan Multi-around View monitor untuk membantu parkir di area sempit akan lebih mudah dan aman.

Better Performance

New Triton menggunakan mesin yang sama dengan sepupunya Pajero Sport Dakkar yaitu 4N15 2.4L yang ringan, didukung blok silinder aluminum dan sistem injeksi langsung Common Rail. Mesin diesel MIVEC 16 valce Interooled Turbocharged DOHC Common Rail DI-D High Power ini menghasilkan tenaga 181PS dan torsi mencapai 430 Nm. Tenaga mesin dipadukan dengan transmisi manual 5 dan 6 percepatan serta otomatis 6 percepatan dengan Sport Mode.

Telah terbukti bahwa kemampuan off-road dikebangkan lebih. Terdapat dua fitur terbaru: Off-road mode – memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas control sesuai dengan kondisi medan dengan “easy select switch” operation. Selain itu ada Hill Decent Control (HDC) – sistem ini akan mengontrol katup untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan berbagai kondisi medan. Ketika menuruni bukit yang curam, yang memungkinkan pengemudi berkonsentrasi pada control stir.

Convenience & Comfort

Berbagai fitur untuk memudahkan pengemudi sangat dperhatikan Mitsubishi. Kini ada Super Select 4WD-II. Menggunakan slector dial, Anda dapat mengubah mode penggerak roda dari 2WD (2H) ke 4WD (4H, 4HLc) pada kecepatan 100 km/jam.

Ada dua fitur baru di sini yaitu Off-Road Mode dimana Anda bisa memiliki settingan traksi sesuai dengan kondisi jalan yang Anda hadapi. Ada 4 pilihan yaitu Gravel, Muda/Snow, Sand, dan Rock. Fitur lainnya adalah Hill Descent Control (HDC). Mode ini menyalahakn rem secara otomatis untuk membantu Anda mengendalikan kecepatan saat melewati jalan menurun.

Visibilitas saat berkendara ditingkatkan dengan diperbaharuinya desain kap mesin dan wipers, serta ban 265/60R18, side steps dan rear step bumper yang stylish. Turning Radius 5.9 meter sehingga memudahkan melakukan manuver meski New Triton memiliki bodi bongsor. Kemampuan lain ditambah dengan Approach Angle 31 derajat, Departure Angle 24 derajat, Ramp break-over angle 25 derajat, dan Lateral travel angle 45 dejarat.

New TRITON akan mulai dipasarkan pada September 2019 mendatang. Untuk pasar Indonesia New TRITON ditawarkan dalam 6 varian yaitu Ultimate AT Double cab 4WD (Rp 480.500.000), Exceed MT Double cab 4WD (Rp 453.000.000), GLS MT Double cab 4WD (Rp 419.000.000), HDX MT Double cab 4WD (Rp 395.500.000), HDX MT Single cab 4WD (Rp 338.000.000), dan GLX HR MT Single cab 2WD (Rp 250.500.000).

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TTI Selangkah Lagi Juara Balap Nasional 3 Tahun Berturut-turut

JAKARTA, 13 November 2019 – Toyota Team Indonesia (TTI) memperbesar peluang untuk kembali meraih gelar juara di tahun 2019. Hal...

BMW M4 Competition Dibanderol Rp 2,3 Miliar, Apa Istimewanya?

JAKARTA, 13 November 2019 – Bersamaan dengan pembukaan M Town, Exhibition Space khusus untuk BMW M di Eurokars Gallery Plaza...

8 Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Biasa

JAKARTA, 13 November 2019 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya melansir model terbarunya, Mitsubishi Xpander Cross....

BMW Buka Outlet M Town di Eurokars Gallery Plaza Indonesia

JAKARTA, 13 November 2019 – Penggemar motorsport dan brand BMW M yang memiliki spesialisasi dalam kendaraan sports car kini punya...

Mitsubishi Xpander Cross Tak Mau Disebut SUV, Kenapa?

JAKARTA, 13 November 2019 – Mitsubishi Cross menjadi model yang paling banyak diperbincangkan publik otomotif Tanah Air. PT Mitsubishi Motors...