Memanjakan Keluarga dengan All New Toyota Veloz Selama Lebaran Drive (Bagian 1)

  • 2022/05/resize_293baebb-bf56-4f45-9c77-afec50dde598.jpg
  • 2022/05/resize_b2ff6941-998b-4744-92a5-895cb441015f.jpg
  • 2022/05/resize_b7e88b31-0895-47b3-84b1-9da529a8a07d.jpg
  • 2022/05/resize_b30776d1-8829-41e6-bd26-7b0b4fc20675.jpg
  • 2022/05/resize_d95f880a-c774-45bc-bb22-7718765362f9.jpg
  • 2022/05/resize_d919ee8f-431e-46b7-8e75-18569a59597f.jpg
  • 2022/05/resize_f7d5aead-3b75-4e05-bcab-f575006e9bde.jpg
  • 2022/05/resize_fb184a11-453b-4ca7-8ced-7b64897ee466.jpg
  • 2022/05/resize_fedbb77a-741f-4471-aebd-0dd62b369b63_1.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Situasi pandemi kian membaik di tahun ini. Pemerintah akhirnya membolehkan masyarakat melakukan mudik lebaran dan juga menetapkan cuti bersama. Momentum itu langsung dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia yang hendak pulang kampung atau sekadar menikmati liburan bersama keluarga.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa saja pembaruan yang dilakukan pabrikan pada eksterior All New Toyota Veloz?

    Velg two-tone diameter 17 inci, kaca spion electric retractable, desain headlamp Light Emitting Diode (LED), desain grille, Side Body Molding dan Side Skirt Design serta desain bagian belakang.
  • Apakah fitur Toyota Safety Sense itu?

    Fitur untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna kendaraan berupa teknologi kamera dan sensor laser. Di antaranya adalah Pre-Collission System, Auto High Beam, Lane Departure Alert, Road Sign Assist dan lain-lain.
  • Dalam kesempatan ini, OTOGroup yang terdiri dari media Oto.com, Carvaganza.com dan Zigwheels.co.id menggelar Lebaran Drive 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian test drive yang biasa kami laksanakan. Namun, momennya bersamaan dengan liburan Hari Raya Idul Fitri serta melibatkan 10 mobil sekaligus.

    Dari 10 unit mobil yang tersedia, saya mendapat jatah menguji All New Toyota Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Sebagian besar rekan-rekan lain melakukan mudik atau keluar kota, tapi tidak dengan saya. Driving experience yang saya peroleh hanya sebatas keliling kawasan Jabodetabek. Pergi bersama keluarga dengan menyambangi sanak saudara, beberapa rumah makan dan mall.

    Selama 2 minggu, saya dan keluarga langsung jatuh cinta dengan All New Veloz varian tertinggi ini. Kenyamanan dari MPV 7-seater dapat langsung dirasakan ketika masuk dalam kabin. Akomodasi Veloz ternyata cukup lega untuk membawa 6 orang dewasa dan 3 anak kecil. Bahkan saat menggunakan area bagasi untuk membawa bingkisan lebaran untuk keluarga besar, masih ada banyak ruang yang tersisa untuk barang lainnya. Belum lagi disuguhkan dengan banyaknya ruang penyimpanan terbuka untuk barang-barang kecil dan botol minuman.

    All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Eksterior Stylish

    Bagian Eksterior All New Veloz memang didominasi tampilan elegan dan stylish. Tampilan depannya tampak agresif dengan penyematan headlamp yang sudah mengusung jenis Light Emitting Diode (LED), bersamaan dengan lampu turning signal dan positioning lamp. Tampilannya pun semakin keren dengan bilah krom yang membentang dari pilar A pada sisi kiri dan kanan di atas headlamp tersebut.

    Kesan elegan juga terlihat dari bagian depan yang terpasang gril dan airdam dengan aksen gelap. Di sana tampak lekuk-lekuk dan bolong guna mengejar aerodinamika yang lebih baik. Angin pun bisa tersalur sempurna untuk mendinginkan rem depan serta menjaga suhu mesin di engine hood.

    Kaca spionnya juga canggih, sudah menggunakan Electric Retracable, lengkap dengan lampu sein samping yang memudahkan pengendara mengatur posisi kaca spion. Kesan stylish juga cukup dominan pada tampilan samping. Didapat dari Side Body Molding dan Side Skirt Design.

    Bodinya terlihat lebih berisi dari setiap sisi, mulai dari fender yang lebih menonjol dan bagian under body tebal berwarna hitam, melengkapi tampilan stylish Veloz. Sementara bagian kaki dilengkapi pelek two tone kembang dengan ukuran 17 inci.

    Interior All New Toyota Veloz Q TSS

    Kesan elegan semakin terpancar di bagian belakang dengan penggunaan stoplamp yang memanjang dan menyatu dari sisi kiri ke kanan. Teknologi LED-nya juga menarik saat dilihat oleh mata ketika malam hari.

    Bentuk bumper belakang juga mendukung kesan rapi. Dan kini penggunanya tak perlu khawatir lagi terjadi embun di kaca belakang, karena sudah dilengkapi dengan elemen pemanas kaca belakang (defogger). Kamera mundur dan dua buah sensor parkir juga membantu penggunanya saat hendak parkir mundur.

    Interior Mewah

    Saat masuk interior, langsung disambut dengan layout dasbor mewah. Menggunakan tiga paduan warna yakni hitam, krem, serta ornamen silver. Belum lagi beberapa panel di depan sudah menganut material soft touch. Ada di dasbord bagian penumpang depan, armrest hingga lingkar kemudi.

    Desain yang premium dan stylish diperkuat dengan pemasangan teknologi high-end. Seperti bagian setir yang dibalut kulit mewah dan sudah mengadopsi tilt dan telescopic, jadi gampang menyesuaikan posisi berkendara agar nyaman saat jalan jauh. Tanpa adanya telescopic sebetulnya sudah cukup. Sebab dengan postur 173cm sudah bisa tercover posisi mengemudi hanya dengan tilt steering.

    Di lingkar kemudinya ada beberapa tombol yang bisa dioperasikan dengan mudah. Kiri dan kanan bisa buat mengatur Multi Information Display, Toyota Safety Sense, audio, hingga bluetooth. Bawah kanan ada tombol untuk mengatur Drive mode. Driving mode ada beberapa pilihan, normal, eco mode dan power mode.

    Interior All New Toyota Veloz Q TSS

    Kerennya ada ambient lighting tipis atau New Vibrant Illumination Light di konsol tengah dan door trim baris pertama, memancarkan kesan elegan dan premium. Tampak jelas saat malam hari dan menciptakan rasa tenang dan santai bagi penumpang depan selama perjalanan. Anak pun merasa senang ketika melihat cahaya lampu redup berwarna biru di beberapa sudut. Kemudian terdapat emboss Veloz di sisi kiri dasbor atau di depan kursi penumpang depan. Ini sebagai identitas kalau dirinya berbeda dengan All New Avanza.

    Masih di konsol tengah, terdapat head unit dengan bentang layar 9 inci dan juga lebih kekinian yakni model floating. Memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay® yang kekinian. Pengoperasian juga cukup mudah, sebab sudah mengadopsi layar sentuh. Di situ pula pengemudi dapat merasakan canggihnya All Round View Camera. Ketika memarkir di ruang sempit tidaklah sulit, lantaran pengemudi bisa mengetahui jarak objek di depan, samping hingga belakang.

    Di bawahnya ada fitur auto climate control pada AC, secara efektif dan cerdas mampu menjaga suhu kabin tetap dingin meski cuaca di luar terik. Knob kiri buat mengoperasikan kekuatan kipas, kanannya untuk mengatur suhu AC. Tapi sayangnya tidak ada pengaturan semburan AC untuk kaki pengemudi dan penumpang depan. Lalu di belakang transmisi tersedia Electric Parking Brake with Brakehold, menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

    Selanjutnya ada wireless charger di konsol tengah. Namun sayang, teknologi ini tidak bisa kami manfaatkan. Fitur NFC pada smartphone kami tidak bisa terkoneksi dengan baik. Tapi itu bukan sebuah masalah, sebab banyak USB charger yang tersedia.

    Buat arm rest kiri pengemudi dan penumpang depan cukup memadai. Bahannya empuk dan sangat bermanfaat. Di dalamnya terdapat ruang untuk menyimpan benda kecil dan diberikan port charger yang membutuhkan konektor tambahan.

    Interior All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Kenyamanan Kursi

    Keluarga benar-benar dimanjakan oleh All New Veloz. Semua itu karena desain jok menggunakan kualitas premium. Pakai paduan bahan kulit serta fabric dengan konsep two-tone untuk menunjang aura mewah di kabin. Ia mampu menopang tubuh dengan baik, baik kala bermanuver cepat maupun jalan santai. Selain itu strukturnya pun empuk, cocok untuk anak.

    Seluruh joknya juga tergolong mumpuni dalam hal ergonomi badan orang Indonesia. Untuk kursi pengemudi bisa diatur secara reclining untuk sandarannya, dan juga tinggi rendahnya melalui fitur height adjuster. Walau masih berupa tuas, ini sudah cukup membantu pengemudi mendapat posisi rileks.

    Ruang kaki dan kepala pada baris pertama benar-benar lapang. Begitu juga di baris kedua yang bisa digeser maju-mundur. Ditambah sudah memiliki desain blower baru dengan tampilan lebih tipis. Pengaturannya berbentuk knop bulat yang posisinya ditaruh agak mundur. Meski mirip milik Calya dengan desain rata, hembusan AC bisa sampai ke penumpang di jok baris ketiga.

    Sandaran tengah bisa dilipat untuk menjadi handrest. Sayangnya tidak diberikan cup holder. Tapi cukup membantu kala penumpang ingin santai. Bicara fitur, penumpang di baris kedua mendapatkan USB port sebanyak dua buah yang letaknya berada di bawah konsol tengah.

    Semua penumpang termasuk pengemudi juga dijamin aman, karena masing-masing kursi dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur tinggi-rendahnya, sabuk pengaman tiga titik serta airbag yang menjamin keselamatan utama.

    All New Toyota Veloz Q CVT TSS

    Soal kenyamanan masih berlanjut dengan hadirnya hadirnya long sofa mode. Fitur ini memungkinkan semua jok baik depan maupun tengah untuk direbahkan sampai seperti sofa. Selama penggunaan, kami sering merebahkan bangku baris kedua. Jadi dua penumpang di belakang bisa selonjoran kaki tanpa ada halangan. Sayangnya pengaturan untuk merubah jok menjadi sofa memang dibutuhkan sedikit effort, karena semua harus dilakukan secara manual. Mulai dari mencopot headrest hingga merebahkan sandaran kursi.

    Oh iya, karena jok baris kedua bisa-maju-mundur, penumpang dewasa masih bisa duduk di bangku belakang. Namun hanya bisa digunakan buat yang memiliki tinggi di bawah 170cm. Bila lebih dari itu kepala mudah mentok dengan atap. Meski begitu, seluruh penumpang mengakui kalau mereka benar-benar dimanjakan oleh kenyamanan All New Veloz. (Bersambung…)

    ZENUAR YOGA/EK                                   FOTO: ZENUAR YOGA

    Pelajari lebih lanjut tentang Toyota Avanza Veloz

    • Tampak Depan Bawah Toyota Veloz
    • Tampak samping Veloz
    • Tampak belakang serong Veloz
    • Tampak Depan Toyota Veloz
    • Tampak belakang Veloz
    • Tampak Grille Veloz
    • lampu belakang Veloz
    • Pelek Veloz
    • Tampak belakang Veloz
    • Tampak depan medium Toyota Veloz
    • Tampak kanan Toyota Veloz
    • Toyota Veloz Drivers Side Mirror Rear Angle
    Toyota Avanza Veloz
    Rp 286 - 331.1 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,53 Juta

    Mobil Toyota Lainnya

    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
      Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Avanza Veloz
      Toyota Avanza Veloz
    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Yaris
      Toyota Yaris
    • Toyota Alphard
      Toyota Alphard
    • Toyota Sienta
      Toyota Sienta
    • Toyota Vios
      Toyota Vios
    • Toyota 86
      Toyota 86
    • Toyota Corolla Altis
      Toyota Corolla Altis
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    • Toyota Kijang Innova Zenix
      Toyota Kijang Innova Zenix
    • Toyota Land Cruiser
      Toyota Land Cruiser
    • Toyota Vellfire
      Toyota Vellfire
    • Toyota Venturer
      Toyota Venturer
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota bZ4X
      Toyota bZ4X
    • Toyota CHR
      Toyota CHR
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Corolla Cross
      Toyota Corolla Cross
    • Toyota GR Yaris
      Toyota GR Yaris
    • Toyota Supra
      Toyota Supra
    • Toyota Voxy
      Toyota Voxy

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
      Rp 254,4 - 307.1 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1499 cc
      • Manual, CVT
      • 14 kmpl
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
      Rp 278,8 - 302.2 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1496 cc
      • Manual, Otomatis
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
      Rp 233,1 - 295.8 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1329 cc
      • Manual, CVT
    • Honda BRV
      Honda BRV
      Rp 281,1 - 348.6 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1497 cc
      • Manual, CVT

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature