Beranda EDITOR'S PICKS Kaleidoskop Otomotif 2018: Mei dan Juni

Kaleidoskop Otomotif 2018: Mei dan Juni

Memasuki bulan Mei, berbagai agenda motorsport mulai digelar. Pembalap Ferrari Jakarta, Renaldi Hutasoit, kembali mencatatkan namanya di ajang Ferrari Challenge Asia Pacific 2018. Renaldi yang juga test driver Carvaganza ini naik podium di Shanghai, Cina.

Tak ketinggalan beberapa merek memperkenalkan produk baru mereka. Berikut beberapa catatan penting di dunia otomotif Tanah Air sepanjang bulan Mei dan Juni versi Carvaganza:

MEI

Rolls-Royce Phantom VIII. New Phantom ini diluncurkan di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta dan merupakan sedan ultra-luxury terbaru yang dikeluarkan pabrikan Inggris. New Phantom ini dibangun dengan platform chassis spaceframe all-alumunium yang membuat bobotnya lebih enteng dan sangat rigid.

Dilengkapi mesin bensin baru  V12 twin-turbo 6.75 liter, bertenaga 570 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 900 Nm pada 1700 rpm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis ZF 8-kecepatan yang disalurkan ke penggerak roda belakang. Pabrikan mengklaim sedan super premium ini memiliki kemampuan akselerasi 0 – 100km/jam dalam waktu 5,4 detik dan kecepatan maksimal (top speed)248 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

Renaldi Hutasoit Naik Podium Shanghai. Untuk ketiga kalinya sepanjang musim 2018 berjalan, pembalap Indonesia Renaldi Hutasoit kembali naik podium di balapan Ferrari Challenge Asia Pacific 2018. Ia meraih podium juara kedua, sekaligus menjadi podiumnya yang ketiga. Yang mengejutkan adalah debutan asal Indonesia Johannes Setiawan yang turun di kategori Coppa Shell meraih podium dengan catatan waktu 31 menit, 15,674 detik.

New Datsun GO dan New Datsun GO+.  Sudah empat tahun Datsun di Indonesia dan namanya cukup populer. Versi baru ini mendapat penyempurnaan pada bumper depan dan belakang serta tambahan aero kit baru. Lampu depan sudah dilengkapi Daytime Running Light LED dan bagian belakang dilengkapi external lock. Mesinnya masih berkapasitas 1.2 liter tiga silinder yang memiliki performa cukup baik serta efisien BBM.

JUNI

Fullerton Concours d’Elegance. Untuk pertama kalinya Singapura menjadi tuan rumah Fullerton Concours d’Elegance, di mana perhelatan ini mirip dengan Pebble Beach Concours d’Elegance. Acara diselenggarakan pada 29 Juni hingga 1 Juli di The Fullerton Hotel Singapore sekaligus bertepatan dengan ultah ke-90 Fullerton Building.

Carvaganza menjadi satu-satunya media otomotif yang diundang secara khusus untuk menyaksikan gelaran ini. The Fullerton Building ditetapkan sebagai Monumen Nasional pada tanggal 7 Desember 2015 atas peran serta yang signifikan bagi sejarah Singapura. Bangunan ini sebelumnya merupakan Gedung Kantor Pos Pusat Singapura yang dahulu disebut sebagai “kantor pos terpenting di Timur” serta merupakan titik nol di Singapura.

CSR PT TMMIN. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendonasikan satu buah laboratorium lean manufacturing kepada Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia (UI). Penyerahan simbolis laboratorium lean manufacturing ini dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter kepada Kepala Departemen Teknik Industri UI, Dr. Ing. Amalia Suzianti.

Acara ini disaksikan oleh Kepala Laboratorium Sistem Manufaktur, Prof. Dr. Ir. T. Yuri M. Zagloel, M.Eng.Sc, bertempat di Fakultas Teknik Industri, UI, Depok, Jawa Barat. Laboratorium lean manufacturing ini nantinya akan dipergunakan untuk praktikum mata kuliah logistic manufacturing.

Foto; www.fiaformula2.com

Pertamina Prema Theodore Racing Raih Podium Utama. Untuk pertama kalinya Tim Pertamina Prema Theodore Racing, tempat Sean Gelael bernaung, mendapatkan podium juara di  balapan Formula 2 di sirkuit Paul Ricard, Perancis. Podium utama ini dipersembahkan pembalap Nyck De Vries yang tampil tercepat dan finis di posisi pertama di Race 1.

Kemenangan ini menunjukkan potensi kuat tim Pertamina Prema Theodore Racing yang pada seri balapan sebelumnya selalu mendulang poin. De Vries yang start dari posisi keempat dan keluar sebagai juara setelah melewati pebalap tim DAMS, Nicholas Latifi.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza