Beranda EDITOR'S PICKS Kaleidoskop Otomotif 2018: Bulan Januari dan Februari

Kaleidoskop Otomotif 2018: Bulan Januari dan Februari

TAHUN 2018 sudah akan berakhir dalam beberapa hari lagi. Carvaganza mencatat sepanjang tahun ini lebih dari 28 mobil baru dirilis di Indonesia. Ini yang benar-benar baru tidak hanya sekedar facelift atau minor change. Perkenalan mobil-mobil baru ini terutama pada saat gelaran event otomotf Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kedua event yang memiliki platform berbeda ini dibanjiri oleh pengunjung.

Kaleidoskop ini tak hanya mencatat soal peluncuran mobil, melainkan juga momen-momen otomotif lainnya yang cukup penting bagi perjalanan otomotif bangsa ini. Dan semoga kita bisa selalu menikmati momen-momen itu.

JANUARI

Mitsubishi Pajero Sport. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan dua model Pajero Sport 2018, yakni Exceed 4×2 AT dan GLX 4×4 MT. Kedua varian mobil ini dirakit di Indonesia.

MMKSI membanderol Pajero Sport Exceed 4×2 AT Rp 467 juta, sementara Pajero Sport New GLX 4×4 MT Rp509 juta on the road (OTR) Jabodetabek. Sebelumnya, Mitsubishi telah memiliki empat varian, yakni Pajero Sport Dakar 4×4 AT Rp660 juta, Dakar Ultimate 4×2 Rp554 juta, Dakar 4×2 AT Rp510 juta, dan Exceed MT 4×2 Rp452 juta.

All-new BMW 520i. BMW Group Indonesia resmi menghadirkan mobil terbaru di lini BMW seri 5, All-new BMW 520i Luxury Line. Mobil ini adalah mobil rakitan lokal (CKD) dengan mesin empat silinder TwinPower Turbo 2.0 liter dipadukan dengan valvetronic, double Vanos dan BMW EfficientDynamics. Menghasilkan tenaga 182 hp dan torsi maksimal 290 Nm.

Luxury sedan ini mengadopsi transmisi otomatis Streptonic 8-kecepatan dan pabrikan mengklaim mampu sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik. Dilengkapi monitor layar sentuh 6,0 inci yang dapat dioperasikan melalui iDrive Touch Controller. Waktu itu harganya dibanderol pada Rp 1,009 miliar off-the-road di dealer resmi.

Mercedes-Benz GLC 200 AMG Line. Diluncurkan di Jakarta dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 184 hp. Dilengkapi dengan transmisi otomatis 9-kecepatan dan dilengkapi Mode Dynamic Select. Interiornya diberi aksen kayu Black Ashwood berpori terbuka serta mendapat kelengkapan panoramic roof untuk menambah kesan mewah.

Mercedes-Benz E 200 Avantgarde. Dilengkapi mesin 4 silinder turbocharge 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 184 hp dan torsi 300 Nm. Transmisi otomatis 9-kecepatan 9G-TRONIC. Varian ini dirakit di pabrik Wanaherang, Jawa Barat.

Penyempurnaan yang dilakukan pabrikan untuk model ini adalah penggunaan fitur Parking Pilot yang dilengkapi Parktronic dan kamera mundur. Selain itu dilengkapi paket integrasi smartphone dan wireless charging.

FEBRUARI

New Toyota Yaris. PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan New Yaris 2018 di Jakarta dengan tampang yang lebih segar. Penyempurnaan dilakukan pada bagian depan di mana Lampu DRL (Daytime-Running Lights) menyatu apik dengan grille, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler. 

New Yaris mempertahankan mesin 2NR-FE yang memiliki power maksimum 105hp dan torsi 140 Nm.  New Yaris dilengkapi fitur 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

All-New Mazda CX-9. Setelah cukup lama absen, akhirnya Mazda CX-9 kembali masuk ke Tanah Air. SUV tujuh penumpang ini mengadopsi bahasa desain KODO – Soul of Motion dan teknologi SKYACTIV terbaru. Dilengkapi dengan mesin bensin SKYACTIV 2.5 Liter Turbo dengan fitur kendali G-Vectoring Control (GVC) yang akan memberikan pengalaman berkendara tanpa kendala dan lebih nyaman.

Daihatsu All New Sirion. Daihatsu Sirion yang diluncurkan Februari telah memasuki generasi ketiga dan berbeda dengan generasi sebelumnya. City car yang dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini basisnya Perodua Myvi asal Malaysia. Mesin yang dipakainya baru 1NR-VE, menggantikan mesin K3. Punya kubikasi 1.3 liter dual VVT-I dan drive-by-wire. Menghasilkan 94 hp dan torsi 120 Nm dengan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan.

Dilengkapi fitur keselamatan baru yaitu 4 airbag, rem ABS+EBD, stabilizer di depan dan belakang, kamera parkir mundur,Vehicle Stability Control, dan sensor parkir.

Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2018 Putaran 1. Pada 24 Februari diselenggarakan Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2018 putaran pertama di Sirkuit RMS Land, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Priamanaya Djan bersama navigator Herry Koentoyo berhasil keluar sebagai pemenang kategori Kejuaraan Umum mengalahkan pereli yang lebih muda, Ryan Nirwan bersama navigator Adi Indiarto yang harus puas berada di posisi kedua, serta TB Adhi bersama navigator Muhammad Zaki di tempat ketiga.

Dukungan KFC di F1. Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia memberikan dukungan kepada pembalap F1 Stoffel Vandoorne yang tergabung di tim McLaren. Sebagai bentuk support, maka logo KFC dan tagline Jagonya Ayam terpampang di helm pembalap asal Belgia tersebut.

EKA ZULKARNAIN