Beranda Updates Geber Honda Civic Type R, Jenson Button Bikin Rekor Lap Time

Geber Honda Civic Type R, Jenson Button Bikin Rekor Lap Time

MELBOURNE, 11 Mei 2019 – Jenson Button mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrust, Australia. Juara dunia Formula One 2009, juara Super GT Series 2018 sekaligus sebagai brand ambassador Honda, itu meraih rekor lap time baru untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD) di trek ikonik tersebut.

Mengendarai Civic Type R yang memiliki spesifikasi standar pabrikan, Jenson Buttonmencetak waktu 2 menit 35,207 detik (2:35,207) yang menjadi rekor baru. Sirkuit Mount Panorama memiliki panjang 6.213 km dengan 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi, serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16%.

Sebelumnya, Jenson Button telah memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix tahun 2011 lalu. Kini ia kembali dipilih sebagai pembalap yang memecahkan rekor lap time Civic Type R di tempat yang sama.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi “Type R Challenge 2018”, dimana tim Honda yang terdiri dari lima pembalap masing-masing memecahkan rekor lap time menggunakan Honda Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa. Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan yang sebelumnya dipegang oleh Civic Type R generasi terdahulu.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, Honda Australia mengangkat konsep serupa untuk membuktikan performa Civic Type R di sirkuit balap. Ini adalah pertama kalinya Type R Challenge diadakan diluar wilayah Eropa dan sirkuit Mount Panorama adalah salah satu trek yang dinilai cocok untuk menguji kemampuan generasi terbaru Civic Type R.

Jenson Button dipilih sebagai salah satu dari lima pembalap yang sebelumnya mengikuti Type R Challenge 2018 di Eropa, dengan mencetak lap time 2:10,19 menit di Sirkuit Hungaroring Grand Prix di Hungaria. Ia telah memecahkan rekor dari lap time sebelumnya di lokasi yang sama saat ia memenangkan kejuaraan F1 Grand Prix pertamanya bersama tim Honda pada tahun 2006.

“Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia, sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson dibalik kemudi,” ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.

Catatan waktu 2:35,207 menit yang diperoleh Button dengan Civic Type R diatas sirkuit Mount Panorama dicapai melalui lap sebanyak 14 kali dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari, serta sesi sepanjang 10 menit di sore hari. Dengan mengandalkan pengalaman balapnya selama 17 tahun di 306 ajang balap, Button dapat melibas trek sulit di Bathrust.

“Catatan waktu 2 menit 35 detik adalah pencapaian yang sangat baik untuk mobil berpenggerak roda depan, bahkan dalam cuaca panas. Saya pikir apabila cuacanya dingin maka mobil ini dapat sedikit lebih kencang, tetapi saat ini saya sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dalam sebuah mobil,” kata Button.

“Civic Type R adalah mobil yang sempurna untuk mengikuti tantangan time attack, dan sebagai mobil dengan standar produksi massal, tentu pencapaian 2 menit 35 detik sangat fantastis,” tutup Button.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

5 Mobil Jerman Jadul Yang Layak Dikoleksi Kalau Punya Duit

Mobil Jerman. Istilah itu identik dengan kemewahan, nyaman, bertenaga, mahal dan kalau sudah tua dibilang ringkih. Tidak semua benar. Terutama poin terakhir. Mobil tua,...

Sambil Long Wekeend, Ini Tips Perawatan Mobil di Rumah dari Auto2000

JAKARTA, Carvaganza.com – Penghujung bulan Oktober 2020 ini, masyarakat Indonesia mendapatkan libur long weekend atau akhir pekan panjang. Momentum ini bisa menjadi peluang untuk...

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha, Pilih Mana?

Edisi terbatas sering menjadi senjata pabrikan otomotif untuk memikat pelanggan. Lantaran tak banyak dijual, memberikan kesan eksklusif. Salah satunya Xpander Cross Rockford Fosgate Black...

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...