Beranda EDITOR'S PICKS EDITOR’S NOTE: Mitsubishi Xpander, The Journey of New Contender

EDITOR’S NOTE: Mitsubishi Xpander, The Journey of New Contender

“The secret of change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but building the new.” Kutipan ini saya ambil dari Socrates (469 SM – 399 SM) filsuf Yunani, salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Kutipan yang saya pikir cocok untuk menggambarkan kehadiran Mitsubishi Xpander di kancah otomotif Tanah Air.

Melakukan perubahan, menghadirkan sesuatu yang baru — di saat konsumen berada dalam posisi nyaman dengan pilihan yang ada — kemudian mampu menarik perhatian jelas bukan perkara mudah. Butuh kerja keras dan sesuatu yang beda. Xpander mampu melakukannya di tengah persaingan ketat yang terjadi di segmen Low atau juga disebut Small MPV (multi purpose vehicle) di Indonesia — pasar yang gemuk dengan hampir semua pabrikan memiliki jagoan di segmen ini.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Xpander secara resmi pada ajangGaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017. Dalam 18 bulan (hingga Februari 2019) Mitsubishi Xpander terus melesat di lintasan small MPV yang selama ini dikuasai Toyota Avanza dan saudara kembarnya Daihatsu Xenia.

Sukses Xpander bukan kisah Aladdin di Negeri Seribu Satu Malam yang tinggal menggosok lampu ajaib untuk mengeluarkan jin yang akan memenuhi 3 permintaan kita. Persiapan panjang dilakukan Mitsubishi.

Tiga tahun sebelum diluncurkan, pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melakukan riset di lingkungan keluarga Indonesia. Dalam riset itu, antara lain ditanyakan seperti apa gambaran mobil Small MPV impian responden yang belum diwujudkan di mobil-mobil yang sudah ada di pasar saat itu. Dari hasil survei itu kemudian dirancang mobil idaman — setidaknya menurut responden yang disurvei — yang diharapkan mewakili mayoritas konsumen.

Mitsubishi tak langsung menghadirkan mobilnya. Mereka ‘menggoda’ konsumen dengan menghadirkan XM Concept di GIIAS 2016. Tsunehiro Kunimoto, Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation, hadir langsung mempresentasikan mobil ini. Sambutannya luar biasa. XM Concept menjadi magnet di GIIAS 2016. Banyak konsumen yang penasaran dan kepincut dengan tampilan beda mobil konsep ini.

Mitsubishi juga memperkenalkan model konsep ini ke daerah-daerah. “Selama setahun, dimulai dari GIIAS 2016, Mitsubishi melakukan kampanye mobil XM concept dan roadshow di sembilan kota besar hingga kemudian diluncurkan di GIIAS 2017,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Then, the success story begins…

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama periode Januari – Desember 2018, Toyota Avanza menjadi juara Small MPV dengan penjualan wholesales 82.167 unit, sedangkan juara kedua adalah Mitsubishi Xpander 75.075 unit. Hanya terpaut 7.105 unit saja.

Namun jika ditilik lebih detail, penjualan Mitsubishi Xpander sebenarnya mampu mengalahkan Avanza khusus di kelas 1.5 liter. Small MPV racikan MMKSI itu mencatat penjualan 75.772 unit atau menguasai 44,1% pasar segmen ini yang total berjumlah 171.828 unit. Di bawahnya ada si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tercatat 18.882 unit atau 11,0%.

Selanjutnya ada Suzuki Ertiga sebanyak 31.973 unit (18,6%), Honda Mobilio yang terjual 25.438 unit (14,8%), Wuling Confero S sebanyak 10.483 unit (6,1%) dan beberapa model lain seperti Daihatsu Luxio, Suzuki APV, Nissan Grand Livina, dan Chevrolet Spin.

Itu baru data penjualan. Anda akan lebih kaget lagi jika membaca data pesanan yang harus dipenuhi MMKSI. Hingga Februari 2019 saja MMKSI telah menerima pesanan lebih dari 115.000 unit. Dengan kapasitas produksi yang kurang lebih sama, calon konsumen masih harus menunggu 1-2 bulan sebelum mobil diantarkan ke rumah.

Kemampuan MMKSI menjaga momentum post launching Xpander selama setahun lebih juga menjadi cerita sukses tersendiri. Mereka menggelar berbagai even termasuk roadshow ‘Tons of Real Happiness’ di 9 kota selama Juli 2018 hingga Januari 2019. Tak heran jika permintaan Xpander tetap tinggi.

“Boleh dibilang ini history sendiri dalam pasar Small MPV baru, dalam setahun sejak GIIAS 2017 fenomena Xpander masih kuat,” kata Irwan.

What’s the secret?

Apa yang membuat Xpander cepat merebut hati konsumen? Small MPV dengan tagline “Your Next Generation MPV” ini memenuhi banyak persyaratan dan nilai plus. Daya angkut, kepraktisan, tenaga berkecukupan, efisiensi operasional dan penjualan kembali ada pada mobil ini.

Mobil berkapasitas 7 penumpang ini tampilan yang berbeda dan atraktif dibandingkan LMPV yang ada sebelumnya. Xpander mengombinasikan desain eksterior yang lebih mirip SUV ketimbang MPV. Hal ini antara lain didukung oleh Headlamp atraktif dan LED Position Lamp, desain Dynamic Shield, serta bodi yang kuat dan kokoh.

Bagian interior Xpander hadir modern, mewah dan lapang serta banyak fungsi layaknya MPV masa depan. Ruang kabin Xpander merupakan yang terbesar di kelasnya, sehingga menjadi kendaraan yang cocok untuk keluarga. Banyak fitur fungsional seperti Armrest, kemudahan akses keluar-masuk, posisi duduk nyaman di semua baris, lantai bagasi yang dapat direbahkan tanpa celah serta ruang bagasi luas dan serbaguna.

Xpander juga menyediakan banyak tempat penyimpanan serbaguna, power outlet untuk semua baris, fleksibilitas pengaturan posisi mengemudi, sistem operasi keyless, serta sistem hiburan yang menunjang suasana kabin yang baik. Untuk kenyamanan penumpang Xpander ditunjang dengan performa berkendara stabil dan nyaman, ruang kabin yang senyap, mesin bertenaga dan efisien dan beragam fitur kemananan.

Satu hal yang juga tak kalah penting adalah, MMKSI menyiapkan betul kehadiran Xpander dengan memperbanyak jaringan penjualan dan perawatan. Bersamaan dengan rencana penjualan Xpander, puluhan diler baru dibangun. Kota-kota baru dirambah untuk memperlebar jaringan agar siap menghadirkan Xpander.

Yang terkini, PT MMKSI meresmikan PT Dipo Internasional Pahala Otomotif – Krakatau, Medan, 7 Februari 2019 lalu. Ini adalah diler kendaraan penumpang Mitsubishi ke-126 di seluruh Indonesia. MMKSI meyebutkan mereka menargetkan 143 diler hingga akhir tahun fiskal di Maret 2019.

Sudah? Belum. Prestasi yang dicapai selama ini mendorong MMC meningkatkan kapasitas produksi di pabrik mereka di Bekasi. Mitsubishi punya rencana jangka panjang dengan meningkatkan kapasitas produksi tahunan, dari 160 ribu unit menjadi 220 ribu unit pada tahun fiskal 2020. Pengembangan ini merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar Yen dan akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Bekasi yang saat ini didukung 4.100 karyawan.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, volume produksi Xpander akan ditingkatkan dari 115.000 unit menjadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Ekspor akan meningkat dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit per tahun untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri, termasuk negara-negara ASEAN. Mitsubishi memastikan 80% suku cadang Xpander menggunakan bahan lokal.

Saya tak ingin menyebut Xpander sebagai ‘killer’ (pembunuh), tapi lebih cocok sebagai ‘contender’ (penantang). Tapi melesatnya Xpander hanya dalam waktu 18 bulan sejak diluncurkan membuat para “tetangga” berbenah. Suzuki sudah setahun lalu meracik ulang MPV-nya All New Ertiga. Toyota, awal tahun ini, melansir New Avanza dan New Veloz. Nissan tengah menyiapkan Grand Livina pekan ini, demikian juga dengan Honda Mobilio.

Tentunya, bakalan menarik menyaksikan ‘pertarungan’ di pasar gemuk ini. So, let’s the game continue…

Mitsubishi Xpander Milestone

2016

11 Agustus 2016, Mitsubishi menghadirkan XM Concept di ajang GIIAS 2016. Mobil konsep ini menyita perhatian pengunjung dan menjadi cikal bakal kelahiran Xpander.

2017

10 Agustus 2019, Mitsubishi Xpander lahir di ajang GIIAS 2017. Xpander merupakan Low MPV dengan pendekatan crossover. DNA-nya menggabungkan ketangguhan SUV khas Mitsubishi dan kenyamanan. Xpander yang mulai dijual pada September 2017, hadir dalam varan GLX, GLS, Exceed MT, Exceed AT, Sport AT, dan Ultimate

2018

– 13 April 2018, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan Xpander mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assesment Program (NCAP). Xpander menjadi MPV pertama Mitsubishi melakukan uji dengan metode pengujian baru ASEAN NCAP dan secara keseluruhan memperoleh skor 71,66 poin.

– 25 April 2018, Mitsubishi Motors melakukan peluncuran ekspor perdana Xpander yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bergabung bersama Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko. Xpander menjadi mobil penumpang pertama Mitsubishi Motors yang diekspor ke luar negeri dari Indonesia. Filipina menjadi tujuan ekspor pertama Xpander di wilayah ASEAN, yang nantnya disusul Thailand, Vietnam, dan beberapa pasar Internasional lainnya.

– 2 Agustus 2018, Mitsubishi Xpander menghadirkan dua varian baru di hari pertama GIIAS 2018. Varian baru itu adalah Mitsubishi Xpander tipe Sport bertransmisi manual dan tipe GLS bertransmisi otomatis. Selain varian baru, MMKSI juga meluncurkan pilihan warna baru yakni Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport. Warna baru ini melengkapi pilihan warna Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic.

3 Oktober 2018, Mitsubishi mengumumkan rencana peningkatan kapasitas produksi tahunan, dari 160 ribu unit menjadi 220 ribu unit pada tahun fiskal 2020. Pengembangan ini merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar yen dan akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Mitsubishi Motors di Bekasi, Jawa Barat yang saat ini didukung 4.100 karyawan.

2019

25-27 Januari 2019, event penutup roadshow “Tons of Real Happiness” di Serpong, Tangerang, Banten. Event yang dilangsungkan sejak Juli 2018 – Januari 2019 – ini merupakan aktivitas yang diselenggarakan untuk memberikan informasi dan pengalaman akan keunggulan yang dimiliki oleh Xpander. Event ini telah dikunjungi hampir 100.000 pengunjung di 9 kota.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Sigra Paling Laris, Penjualan Daihatsu Naik di Oktober 2019

JAKARTA, 14 November 2019 -- Daihatsu Sigra menjadi kontributor penjualan terbanyak Daihatsu pada bulan Oktober 2019. LCGC 7 seater ini...

Hadir Lagi, Kia Sudah Siapkan 24 Dealer

JAKARTA, 14 November 2019 – Brand mobil asal Korea Selatan, Kia, kembali hadir di Indonesia di bawah pengelolaan PT Kreta...

Tes Perdana Mobil Reli Citroen C3 R5, Ini Kata Sean Gelael

SERANG, 13 November 2019 – Jelang keikutsertaannya di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2019 di Medan, pekan depan, Sean Gelael memulai persiapannya dengan melakukan...

Kia Pindah Tangan, Kini Berada di Bawah Indomobil Group

JAKARTA, 13 November 2019 – Penjualan dan distribusi Kia di Indonesia resmi berpindah tangan. Brand asal Korea Selatan itu kini...

Dealer Mercedes-Benz Bandung Terima Sertifikat Fasilitas Body & Paint Centre

BANDUNG, 13 November 2019 – Dealer Mercedes-Benz PT Citrakarya Pranata di kota Bandung, Jawa Barat telah melalui tahapan sertifikasi resmi...