Daihatsu Perpanjang Penutupan Pabrik, Hentikan Operasi 68 Dealer

JAKARTA, Carvaganza.com -- Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona baru (COVID-19) di sisi lain berdampak pada industry otomotif. Pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia membuat Daihatsu memperpanjang memperpanjang periode pemberhentian produksi sementara di pabrik. Tak hanya itu mereka juga menghentikan operasi dealer.

Daihatsu mengatakan terus memantau dan mengikuti peraturan pemerintah tentang PSBB. Meluasnya kebijakan tersebut membuat Daihatsu harus menambah waktu pemberhentian produksi sementara di pabrik selama seminggu. Jika  sebelumnya dimulai pada 10-17 April 2020, menjadi 10-24 April 2020.

Dalam keterangan resminya, PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan keputusan ini dilakukan demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan, pelanggan, serta stakeholders lainnya.

Sebelumnya Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengakui jika penghentian produksi ini sangat memukul operasi mereka. Penutupan selama 14 hari ini menurunkan jumlah unit produksi mereka. “Dropnya luar biasa banyak. Kalau biasanya kita produksi 40-50 ribu per bulan. Sekarang kebayang kan?” kata Amelia Tjandra kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu. Pabrik Sunter memiliki kapasitas 330 ribu unit per tahun. Sedangkan pabrik Karawang 200 ribu unit per tahun.

Baca juga: Tampil Muda dan Ngehits dengan Daihatsu New Sirion


Penghentian 68 Dealer


Selain menghentikan produksi di pabrik, Daihatsu juga menghentikan sementara layanan operasional seluruh outlet di beberapa area. Dealer Daihatsu tidak memberiakan layanan showroom dan bengkel. Total ada 68 dealer yang menjalani aturan tersebut.

Pemberhentian layanan sementara ini meliputi area sebagai berikut :

  • DKI Jakarta (34 Outlet): Mulai 10 April 2020

  • Kota Depok, Kota/ Bogor, Kota/Kab. Bekasi (17 Outlet): Mulai 15 April 2020

  • Kota dan Kab. Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (13 Outlet): Mulai 18 April 2020

  • Kota Pekanbaru (4 Outlet): Mulai 17 April 2020


Hal ini tetunya akan mempengaruhi performa penjualan. Sepanjang kuartal I 2020, Januari-Maret, retail sales ADM mencapai 39.186 unit dengan raihan pangsa pasar 17,9 persen dari volume nasional 219.361 unit. Artinya selama satu bulan kemarin, perusahaan hanya mengantongi pengiriman ke konsumen 10.946 unit saja. Sementara pada sisi wholesales atau distribusi pabrik ke diler. Daihatsu meraih capaian sebesar 48.113 unit dengan pangsa pasar 20,3 persen dari volume wholesales nasional 236.825 unit.

Daihatsu selalu memonitor situasi terkini berdasarkan kebijakan dari pemerintah dan koordinasi lebih lanjut dengan institusi terkait selama masa pemberhentian operasional sementara. Pelayanan Daihatsu tetap dapat diakses via online melalui website www.astra-daihatsu.id dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

“Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Sehingga, kami mohon dukungan dan pengertiannya dari pelanggan atas kebijakan pemberhentian layanan sementara ini. Semoga wabah ini dapat segera berlalu dan kita dapat segera beraktivitas normal kembali,” kata Supranoto, Chief Executive PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI DSO).

Baca juga: Aman #ServicediRumahAja, Daihatsu Mobile Service Siap Membantu

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda