Beranda Updates Wuling, Sudah Waktunya Segarkan Confero S dan Cortez Lho!

Wuling, Sudah Waktunya Segarkan Confero S dan Cortez Lho!

JAKARTA, Carvaganza.com – Usianya belum sampai tiga tahun, tapi Wuling mampu jadi perbincangan public otomotif Tanah Air. Apalagi kalau bukan karena kehadiran model-modelnya. Sejak kehadirannya, pabrikan asal Cina ini sudah mampu masuk dalam 10 besar.

Di segmen kendaraan penumpang, Wuling menawarkan Confero yang kemudian disusul dengan Cortez dan terakhir SUV Almaz. Di ranah mobil keluarga (baca: MPV) Wuling menyediakan Confero dan Cortez. Rasanya sudah cukup lama keduanya tak diberi penyegaran.

Tahun 2020 ini menjadi waktu yang tepat baggi Wuling untuk menghadirkan model pembaruan atau bahasa kerennya facelift. Rasanya masih terlalu cepat jika meminta mereka mennghadirkan major changer. Sebab segmen ini paling banyak diburu konsumen Indonesia.

Sedianya, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 jadi panggung yang pas buat perilisan. Namun lantaran wabah COVID-19 belum mereda, pameran harus diundur. Paling tidak, SGMW bisa mengenalkan via virtual seperti pabrikan lain.

Baca juga: Utak Atik Fitur Keselamatan Wuling Cortez

Wuling Confero S

Bicara soal Confero penyegaran yang dilakukan disinyalir takkan banyak. Bahkan kemungkinan tampilan eksteriornya tak jauh berbeda. Ekspektasinya sorot mata depan diganti menggunakan LED projektor di beberapa varian. Demikian juga di bagian buritan, ditambahai sisipan lampu diode. Hebatnya, unit didukung fitur follow me home. Lantas bagian samping, terpasang body molding dan side skirt. Sementara pelek alloy 15 inci senantiasa bernaung di rumah roda.

Besaran dimensi juga bakal tetap sama. Ia memiliki panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, tinggi 1.730 mm serta whelbase 2.720 mm. Model eksis memiliki dua kantung udara di baris depan, tire pressure monitoring system (TPMS), anti-theft system dan sensor parkir empat titik tertanam di belakang.

Salah satu harapannya, model anyar dibekali kontrol traksi, menemani rem ABS+EBD untuk safety lebih baik. Ini yang beda dari LMPV lain. Tersedia TPMS guna membantu pengendara mengetahui tekanan angin di tiap roda. Terakhir, pilihan mesin rasanya tidak ada utak-atik.

Baca juga: Virus Corona Landa Cina, Wuling Motors Indonesia: Part dan Produksi Aman

Wuling Cortez

Diatasnya, Medium MPV, pabrikan Cina ini punya Cortez. Sama seperti Confero, model ini diramalkan alami penyegaran. Rombakan kecil akan dilakukan di eksterior. Seperti bumper lanjut bentuk kisi-kisi. Velg bisa pula diubah desainnya bergantung tiap varian. Sepertinya gaya dual tone tetap disuguhkan di varian atas. Fitur standar di Wuling Cortez sudah sangat lengkap. Mulai dari luar seperti lampu proyektor, DRL LED, turning signal plus lampu rear spoiler LED, spion lipat elektrik dan antena model shark fin. Bakal dipertahankan.

Lalu masuki kabin, unit punya monitor layar sentuh 8 inci, MID 3,5 inci, USB power outlet di setiap baris, double blower dan kamera parkir. Ssatu harapan besar adalah diimbuhi fitur perintah suara WIND seperti Almaz. Lainnya masih sama. Misal di atap terdapat electric sunroof. Interior semakin komplet lagi berkat adanya pengaturan jok elektrik, auto AC plus heater dan sistem navigasi yang terintegrasi dengan monitor. Tak ketinggalan, balutan kulit di setir serta tuas transmisi.

Sentuhan penyegaran acapkali tak sampai ke mesin. Jadi tetap tertanam mesin bensin dua tipe. Yang pertama 4-silinder 1,8-liter DOHC VVT-i. Tenaganya 130 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 174 Nm di rentang 3.600 – 4.600 rpm. Wuling Cortez 1.5L turbo pakai enjin empat silinder inline DOHC. Daya 141 PS dan torsi puncak 250 Nm. Alangkah baiknya Wuling memasang transmisi CVT supaya lebih halus dan lebih irit BBM. Kapan meluncur? DIperkirakan antara April-Mei 2020 atau selambatnya semester pertama. Jadi kita tunggu saja.

Baca Juga: Wuling Confero S dan Cortez Sudah Waktunya Facelift, Meluncur Bulan Depan?

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto