Beranda Review Utak Atik Fitur Keselamatan Wuling Cortez

Utak Atik Fitur Keselamatan Wuling Cortez

JAKARTA, Carvaganza.com – Konsumen otomotif Tanah Air kini makin pintar dan kritis. Pembeli multi purpose vehicle (MPV) yang kerap disebut mobil keluarga, tak lagi menerima apa saja yang ditawarkan produsen. Pemilik atau calon pembeli mobil baru memperhatikan banyak hal sebelum memutuskan membeli: ada faktor harga, desain, kenyamanan kabin, dan juga fitur keselamatan.

Tak salah jika pabrikan berlomba-lomba menawarkan fitur pelengkap keamanan. Semua demi memberikan rasa aman dan nyaman konsumen. Wuling Motors juga melakukan hal yang sama pada semua produknya mulai dari SUV Almaz, seri Confero yang berada di segmen Low MPV, dan tentu saja Cortez yang bertarung di segmen MPV.

Nama terakhir pantas diberi perhatian. Cortez bertabur fitur yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bisa dibilang ‘over spec’ mengingat harga yang disematkan di kisaran Rp 219,8 juta sampai Rp 290 jutaan untuk wilayah Jakarta.

Tengok ini. Sistem pengereman Cortez sudah menggunakan cakram di bagian depan dan belakang. Ada Anti-lock Braking System (ABS). Saat Anda harus melakukan pengereman mendadak (panic brake) fitur ini membantu kemudi tidak mengunci sehingga bisa mengendalikan laju kendaraan dan mengarahkannya ke lokasi yang lebih aman. Tambahannya ada Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang berfungsi mendistribusikan kekuatan pengereman merata tidak hanya membebani ban depan atau belakang saja. Dengan demikian Anda terhindari dari kondisi slip. Keduanya dipadukan dengan Brake Assist (BA).

Ketiganya membantu mengawal tenaga 140 hp dan torsi 250 Nm yang dihasilkan mesin turbocharged 4 cylinder inline DOHC DVVT 1.451 cc yang digunakan Cortez.

Baca juga: Virus Corona Landa Cina, Wuling Motors Indonesia: Part dan Produksi Aman

EPB, AVH dan HHC

Peranti penghenti laju ini mendapat proporsi cukup banyak pada Cortez. SUV produksi Cikarang ini memiliki fitur Electric Parking Brake (EPB). Rem tangan modern yang beroperasi secara elektrik, tidak lagi menggunakan tuas yang merepotkan. Untuk mengaktifkannya, cukup menarik ke atas tombol di sisi bawah transmisi.

Juga ada Automatic Vehicle Holding (AVH), fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti pada jalanan menanjak atau menurun. Untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol tepat di bawah EPB. Selain itu ada Hill-Hold Control (HHC) yang membantu menahan mobil tetap stabil di jalanan yang tidak rata. Ketika transmisi ditempatkan pada D (Drive), rem dilepas, sistem akan otomatis menahan mobil tidak turun selama beberapa detik. Dengan demikian Anda punya waktu untuk menekan pedal gas.

Baca juga: Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

Keamanan dan Keselamatan

Keamanan saat di perjalanan juga ditunjang Electronic Control System (ESC). Fitur ini berfungsi menjaga kestabilan berkendara secara otomatis saat ada indikasi pengemudi kehilangan kendali baik saat oversteer atau understeer. Wuling juga memberikan fitur Traction Control System (TCS) pada Cortez. Fitur ini mencegah roda selip ketika berjalan di permukaan yang licin atau genangan air.

Ada banyak fitur penting di Cortez yang menjamin Anda tetap aman di perjalanan. Peranti dual SRS airbag menjadi standar di semua tipe Wuling. Cortez ditambahkan side airbag. Ada ISOFIX dan Immobilizer yang berfungsi mencegah pencurian. Parkir kendaraan semakin mudah berkat rear parking camera. Dibantu juga dengan sensor parkir. Di Cortez, sensor selain di buritan juga ada di depan dengan dua titik terletak di ujung bemper.

Baca juga: Wuling Indonesia Masih Produksi Chevrolet Captiva di Cikarang

Pemantau Tekanan Ban

Belum selesai sampai disitu. Ada fitur yang biasanya terdapat pada mobil mewah yaitu Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini memberikan informasi tekanan angin ban dalam satuan bar yang dapat dipantau pada layar MID. Tidak hanya tekanan angin, suhu ban juga dicantumkan.

Wuling Cortez mengadopsi konsep global support pada sejumlah komponen utamanya. Ini membuat MPV ini mampu menyuguhkan kendaraan andal keluarga. Vendor-vendor ini dikenal sebagai pemasok komponen kendaraan untuk sejumlah brand otomotif global. Misalnya CVT, ECU, dan ESC dari Bosch (Jerman), turbo dari perusahaan teknologi Honeywell (Amerika Serikat), EPS dari Nexteer (Amerika).

Secara keseluruhan, fitur keselamatan pada Cortez cukup lengkap. So, MPV ini bisa jadi pilihan bagi konsumen yang tengah mencari mobil keluarga aman. Apalagi, kalau Wuling menjual Cortez di kisaran harga Rp 219,8 juta sampai Rp 290 jutaan OTR Jakarta.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...

TEST DRIVE: Porsche Taycan 4S, Supercar Listrik Dengan Feeling Natural (Bagian 2)

LOS ANGELES, Carvaganza.com – Setelah berbicara tentang akselerasi dan tenaga yang dihasilkan, saya mulai merasakan feeling pengemudian dan pengendaraan. Sekarang ini, mobil-mobil yang kita kendarai...

Naoya Takai Resmi Pimpin KTB, Ini Misi dan Targetnya

JAKARTA, Carvaganza -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya resmi dipimpin Naoya Takai sebagai Presiden Direktur baru. Ia ditunjuk sejak 1 April...

BMW M3 & M4 Terbaru Lahir, Bukan Sekadar Grille Kontroversial

MUNICH, Carvaganza.com – Setelah cukup lama menjadi perbincangan, generasi baru BMW M3 dan M4 akhirnya resmi diperkenalkan ke publik. Seolah mengiyakan spyshot dan kontroversi...