Beranda Updates Video: Big Bos dan Cucu Pendiri Toyota Jadi Kelinci Percobaan

Video: Big Bos dan Cucu Pendiri Toyota Jadi Kelinci Percobaan

HELSINKI, carvaganza.com – Jarang sekali ada pemilik pabrikan mobil mau mencoba sendiri mobil yang sedang dikembangkan oleh perusahaannya. Tak perduli panas, hujan dan dinginnya temperatur di dekat Kutub Utara. Berdiri berjam-jam di tenda hospitality dan tenda bengkel untuk memberikan setiap masukan tentang perilaku mobil.

Itulah yang dilakukan oleh Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation waktu terlibat dalam pengembangan Toyota GR Yaris an Toyota Yaris WRC. Ia adalah cicit industrialis ternama Jepang, Sakichi Toyoda dan cucu Kiichiro Toyoda, pendiri pabrik mobil Toyota. Meskipun umurnya sudah 64 tahun, tapi darah otomotif terus ia gedor.

Memang dalam pengembangan Yaris WRC, pabrikan menggunakan jasa juara dunia WRC empat kali Tommi Makkinen dan Toyota Gazoo Racing WRT. Yaris WRC melakukan debut di kejuaraan dunia reli tahun 2017, dua tahun kemudian menyabet gelar juara dunia. Sekaligus menjadi mobil pertama Toyota di ajang WRC sejak mengundurkan diri tahun 1999. Waktu itu Toyota ingin memokuskan diri di balapan F1 dan balapan Le Mans Prototype.

Baca juga: Toyota GR Yaris Meluncur, Mobil WRC Versi Jalan Raya

Sebetulnya, keterlibatan Toyoda-san dalam pengembangan mobil high-performance bukan dengan Yaris saja. Ia juga terlibat secara langsung pengembangan sportscar Hachi-Roku (Toyota 86) dan juga Toyota Supra. Toyoda ingin mengembalikan kembali ruh motorsport kepada brand miliknya.

Makanya Toyoda tak segan-segan menjadi ‘kelinci percobaan Yaris GR. Memacu mobil di medan bersalju, di jalanan tanah hutan pinus Finlandia dan rela berjam-jam duduk di dalam tenda untuk berdiskusi dengan tim engineer serta Tommi Makinen.

Kemarin, channel Youtube Toyota Gazoo Racing mempublikasikan video bagaimana Akio Toyoda terlibat langsung dalam pengembangan GR Yaris. Ia turun menjadi test driver. Membuat ‘donut’ di lintasan es dan aspal, understeering menghantam tumpukan salju dan melakukan pengereman ekstra keras untuk mendapatkan titik henti GR Yaris secara presisi.

Baca juga: Daigo Saito Modifikasi Toyota GR Yaris Bertenaga 1.000 Hp

Toyoda menempuh ratusan kilometer medan gravel dan tarmac agar GR Yaris menjadi monster kecil jalan raya. Bagi kita selaku car enthusiast dan speed lovers, apa yang dikerjakan Toyoda sangat menarik. Big bos turun langsung mencoba mobil untuk memberikan ‘taste’ pada performa. Terbukti 86 dan Supra sukses di pasar dan mendapat animo tinggi.

GR Yaris sendiri diklaim sebagai performance car sejati. Ia lahir dari platform Toyota Yaris WRC dan mengusung teknologi motorsport yang diwariskan langsung ke mobil jalan raya. Targetnya selain jadi mobil kencang, juga fun-to-drive bagi penggunanya. GR Yaris diharapkan menjadi babak baru Toyota dalam menghasilkan driving experience ultimate kepada pelanggannya.

EKA ZULKARNAIN

 

 

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...