Beranda New Cars Toyota GR Yaris Meluncur, Mobil WRC Versi Jalan Raya

Toyota GR Yaris Meluncur, Mobil WRC Versi Jalan Raya

TOKYO, Carvaganza.com – Yaris generasi terbaru akan kembali menjadi andalan Toyota untuk ajang World Rally Championship (WRC), menyusul peluncuran pada Oktober 2019 lalu. Jelang mulainya musim baru, Toyota meluncurkan All-New Yaris WRC versi jalan raya.

Toyota GR Yaris menjadi nama yang dipakai untuk mobil ini, diungkap pada Tokyo Auto Salon 2020, di Jepang. Sang bos besar Toyota, Akio Toyoda yang hadir dan membuka selubung langsung GR Yaris, yang berbasis Yaris versi tiga pintu.

Dengan varian kencang ini, tentunya Yaris kian memanaskan segmen hot hatchback yang selama ini didominasi oleh pabrikan Eropa. Toyota Gazoo Racing sebagai divisi motorsport, akan memanfaatkan GR Yaris untuk mengembangkan platform mobil WRC mereka tahun 2021.

GR Yaris dibuat untuk mengikuti regulasi WRC saat ini, yang mengharuskan mobil balap menggunakan basis body dari model mobil produksi. Dengan basis generasi terbaru ini, Toyota ingin memaksimalkan pengembangan, khususnya untuk sektor aerodinamika.

Lebih Sporty

Untuk musim ini, Toyota Gazoo Racing masih akan menggunakan Yaris WRC versi tahun lalu, sambil menunggu penyempurnaan platform baru. Kemungkinan juga akan ada beberapa tingkat spesifikasi untuk Yaris WRC generasi terbaru nanti.

Kemudian kita lihat mobil ini sendiri, yang secara tampilan punya pintu lebih sedikit dan garis atap lebih rendah di belakang. Yang menonjol adalah fender di seluruh roda yang melebar, demi mengakomodasi kombinasi velg BBS 18 inci multi-spoke dengan ban Michelin Pilot Sport 4S.

Karena mengejar aerodinamika, tentunya tampilan eksterior GR Yaris lebih dinamis dan sporty, berkat body kit agresif dengan intake dan diffuser besar. Bagian atap mobil ini sudah berganti menggunakan material carbon fiber reinforced plastic (CFRP).

Mesin 1.6L Turbo

Menariknya, mesin yang dipilih Toyota untuk GR Yaris adalah versi G16-GE, dengan tiga silinder 1.6 liter turbo, bertenaga 268 hp dan torsi 370 Nm. Tenaga yang diklaim terbesar untuk mesin 1.6 liter itu didistribusikan oleh transmisi manual 6-speed, dengan sistem penggerak GR-Four AWD.

Terdapat tiga mode setting dari sistem AWD ini, yaitu Normal (60:40), Sport (30:70) dan Track (50:50). Meski memiliki drivetrain AWD, nyatanya GR Yaris tidak terlalu berat dengan memiliki total bobot kosong 1.280 kg.

Lalu berapa harganya? Ada beberapa varian untuk GR Yaris ditawarkan oleh Toyota, mulai dari RZ dengan harga 3,96 juta Yen (Rp 497,7 jutaan), serta RZ High Performance seharga 4,56 juta Yen (573,5 jutaan).

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...