Beranda Hot Topics Truk ODOL Semakin Meresahkan, Kemenhub Siapkan Banyak Solusi

Truk ODOL Semakin Meresahkan, Kemenhub Siapkan Banyak Solusi

JAKARTA, 4 Oktober 2019 – Serangkaian kecelakaan kendaraan niaga secara berturut-turut yang terjadi beberapa waktu lalu, menjadi perhatian banyak kalangan terhadap keselamatan di jalan raya. Kecelakaan yang mayoritas disebabkan truk ODOL (Over Dimension Over Load) itu mendorong FORWOT (Forum Wartawan Otomotif Indonesia) mempertemukan sejumlah pihak terkait dalam sebuah diskusi.

Pada hari Kamis (3/10/2019) lalu, FORWOT menggelar Diskusi Pintar yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perhubungan, Kepolisian Republik Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), dan Pakar Keselamatan Berkendara, yang bertema ‘Road to Zero-ODOL Trucks on The Road’.

Dalam diskusi yang juga diikuti oleh para wartawan anggota FORWOT dan komunitas ini, berlangsung pembahasan bagaiman solusi mengatasi dan mengurangi sampai meniadakan truk ODOL di jalan raya. Karena beredarnya truk ODOL di lalu lintas semakin meresahkan pengguna jalan.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI mengatakan bahwa saat ini Kemenhub sedang berusaha mempersempit ruang gerak para pengusaha tidak taat aturan, salah satunya bersama kepolisian dan pengelola jalan tol. Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) akan didigitalisasikan untu menghindari tindak pemalsuan.

Warta Kota – Tribunnews

Banyak pengusaha yang memodifikasi truknya dengan menambah dimensi baik panjang dan lebar, demi daya angkut lebih besar, di luar batas yang diizinkan. Pengubahan tersebut bahkan kabarnya tidak dilaporkan kepada Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD), sehingga dibuatlah SRUT palsu.

“Permasalahannya, petugas bisa tidak tahu kalau itu SRUT palsu. Berikutnya ini akan kita ganti gunakan aplikasi. Kita sedang bangun satu sistem saling terintegrasi antara Menhub dan Kepolisian sehingga nanti tidak perlu dokumen seperti ini,” kata Budi.

Sementara Isuzu sebagai produsen kendaraan niaga mengatakan akan menyambut baik peraturan ODOL, demi tingkat keselamatan yang lebih baik di jalan raya.

Tempo.co

“Isuzu Indonesia tentunya sangat menyambut dengan baik terkait peraturan ODOL, karena produk Isuzu sendiri memang dirancang sesuai dengan regulasi keamanan berkendara di Indonesia,” kata Ernando Demily, Presiden Direktut PT IAMI.

Kemenhub akan membawa inisiatif lebih banyak lagi untuk meminimalisir pelanggaran terkait ODOL, salah satunya dengan akan menerapkan jembatan timbang online di jalan tol yang bekerjasama dengan BPJT.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

GALERI FOTO: Mahindra Scorpio Pikup, Mobil 4×4 Termurah

BOGOR, 17 Oktober 2019 - Menyusul Tata Motors, Mahindra kini resmi hadir di Indonesia sebagai pabrikan asal India untuk meramaikan segmen pasar kendaraan niaga....

10 Program Unggulan Siap Ramaikan IIMS Surabaya 2019

SURABAYA, 17 Oktober 2019 – Pameran otomotif di penghujung tahun akan digelar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 pada...

Jadi 4×4 Paling Murah, Harga Mahindra Scorpio Geser Jimny

BOGOR, 17 Oktober 2019 – Mahindra menandakan kebangkitannya kembali di pasar Indonesia dengan meluncurkan Scorpio Pikup, sebagai mobil 4x4 dengan harga paling terjangkau di...

Toyota Yaris Terbaru Sudah Meluncur di Jepang, Ini Penampakannya

TOYOTA CITY, 17 Oktober 2019 – Pabrikan Toyota Motor Corporation (TMC) telah meluncurkan Yaris model terbaru pada hari Rabu kemarin...

Gandeng RMA, Merek India Mahindra Bangkit Lagi di Indonesia

BOGOR, 17 Oktober 2019 – Pabrikan asal India kini bertambah di pasar otomotif Indonesia, dengan resmi datangnya merek Mahindra. Kehadiran...