Toyota GR Yaris Selamatkan Pengemudinya dari Kecelakaan fatal di Sirkuit

ESTONIA, Carvaganza – Hanya satu cara untuk menikmati mobil berperforma tinggi, yakni membawanya ke sirkuit dan mematuhi segala aturan keselamatan. Hal tersebut dilakukan agar menghindari terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan pengendara dan pengemudi lain di jalan raya. Tidak penting apakah mobil tersebut hypercar, supercar atau sportscar paling murah sekalipun Anda tetap harus memperhatikan keselamatan berkendara.

Pasalnya belum lama ini kejadian kurang mengenakan datang dari pengemudi Toyota Yaris GR yang sedang asyik memacu kendaraannya di trek Audruring, Estonia. Pengemudi Yaris GR tersebut mengalami kecelakaan fatal setelah memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi hingga kendaraan tersebut kehilangan kendali dan bergerak keluar lintasan.

Dalam video yang diunggah oleh Ma To di Youtube,  roda depan Yaris GR berputar tanpa “liar” tanpa komando. Mobil kemudian masuk area gravel dan berguling beberapa kali tanpa kendali dengan pengemudinya masih di dalam kendaraan. Toyota Yaris GR yang malang tersebut pun berhenti berguling dengan posisi tegak. Wujud akhirnya terlihat cukup menyeramkan.

Untungnya, paska indsiden tersebut, pengemudi Toyota Yaris GR dipastikan dalam keadaan selamat dan tidak mengalami luka serius. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa tingkat keselamatan pada Toyota Yaris GR sangat tinggi sehingga dapat menyelematkan pengendara dari kemungkinan kematian dan luka berat. Dalam deskripsi video tersebut dikatakan oleh pengunggah bahwa Yaris GR dipacu pada kecepatan maksimal hingga 170 km/jam. Pengendara tidak dapat mengendalikan lajunya sesaat memasuki tingkungan yang saat itu dalam kondisi hujan.

Kecelakaan tersebut menyebabkan atap Toyota Yaris tampak penyok parah dengan kerusakan pada interior yang cukup serius. Panel atap berbahan karbonnya pecah dengan jendela belakang yang hancur total. Roda kiri belakang juga mengalami kerusakan yang cukup serius karena dicurigai sebagai pemicu terpentalnya kendaraan saat menggilas permukaan pasir.

Kejadian ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para pecinta sportscar untuk tetap melalukan cara berkendara yang penuh kehati-hatian meskipun berada di tempat yang tepat seperti sirkuit. Dikutip dari thedrive.com, Yaris GR termasuk mobil modern yang memiliki standar keselamatan yang cukup tinggi sehingga dapat menurunkan kemungkinan cedera yang serius pada pengendara.

Toyota Yaris GR sendiri merupakan hatchback yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing dengan basis kendaraan spesifikasi untuk World Rally Championship. Performanya bersumber dari mesin 3 silinder 1,6 liter turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga maksimal 259 hp dan torsi 350 Nm. Untuk ukuran sebuah hatchback kompak kendaraan tersebut bisa dibilang kendaraan “buas” apalagi Toyota membuat spesifikasinya setara dengan standarisasi WRC.
ALVANDO NOYA / RS

Sumber: TheDrive

Artikel yang direkomendasikan untuk anda