Spesifikasi Toyota Yaris GR Indonesia, Apa Persis Dengan Versi WRC?

JAKARTA, Carvaganza – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhrinya resmi akan merilis Toyota Yaris GR pada kuartal kedua tahun ini, namun untuk pemesanan unitnya sudah dapat dilakukan pada 25 Maret mendatang. Toyota Yaris GR merupakan hatchback dengan spesifikasi balap rally WRC (World Rally Championship) berbekal mesin 3-silinder 1,6-liter turbocharged. Kabarnya model yang dipasarkan di Indonesia tidak mengalami downgrade atau akan memiliki spesifikasi yang sama persis dengan yang ada di pasar global dan versi WRC.

Mesin tersebut dibangun demi menghasilkan angka performa yang sesuai dengan kompetisi World Rally Championship. Tenaga yang dihasilkan mencapai 259 hp dan torsi 350 Nm. Performanya didukung lagi sistem penggerak empat roda serta transmisi otomatis 6-percepatan. Toyota Yaris GR juga memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan kecepatan maksimal 230 km/jam.

Toyota Yaris GR

Selain mesin dan angka performa, Toyota Yaris GR juga dibangun dengan fokus aerodinamika yang tinggi, serta menggunakan struktur bangun yang ringan dengan center of gravity yang rendah. Bahkan saat pengembangannya, Gazoo Racing juga melibatkan pengemudi professional di seluruh dunia termasuk Toyota Master Driver, Akio Toyoda.

Toyota Yaris GR berbobot 1.280 kg. Bobotnya yang ringan ini berkat penggunaan beberapa material ringan. Salah satunya adalah penggunaan material carbon fiber pada bagian atap dan bonnetnya. Selain itu seluruh pintunya juga dibuat dengan material alumunium dan seluruh bumpernya pun dibuat begitu ringan dengan plastik yang solid.

Untuk menunjang kestabilan berkendaranya, Toyota Yaris GR juga mendapat tuningan khusus Gazoon Racing pada bagian depan dengan menggunakan suspensi MachPherson Strut di depan dan suspensi double-wishbone di belakang.

Untuk bisa berlaga di ajang World Rally Championship, ada satu syarat khusus yang harus dipenuhi setiap pabrikan. Setiap mobil yang akan digunakan di WRC wajib terjual di pasar global setidaknya 25.000 unit. Atas alasan tersebut pula akhirnya Toyota memutuskan untuk merilis Toyota Yaris GR ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Toyota Yaris GR

Kehadiran Toyota Yaris GR sebenarnya sudah tercium sejak 2019 dan mulai dipasarkan pada 2020 lalu. Namun unit yang dijual secara resmi untuk Indonesia baru dimulai pada kuartal dua tahun ini dan konsumen bisa mulai memesannya pada 25 Maret mendatang di seluruh diler resmi Toyota. Kabarnya Indonesia hanya kebagian 126 unit dengan spesifikasi yang sama dengan pasar global.

Meski belum ada banderol resmi, namun kabarnya PT Toyota Astra Motor akan menargetkan Toyota Yaris GR dijual di kisaran harga Rp 750 – 850 juta, tergantung kurs dan biaya pengirimannya. “Harga ini juga jadi faktor utama, banyak faktor exchange rate logistik dan lain-lain yang belum bisa kita pastikan saat ini. Sekarang harga yang kita targetkan mudah-mudahan tidak banyak perubahan, antara Rp 750 juta sampai Rp 850 juta,” kata Anton Jimmy, Direktur Marketing, PT Toyota Astra Motor kepada Carvaganza secara eksklusif beberapa watu lalu.

Meski demikian sempat tersiar kabar bahwa pemesanan Toyota Yaris GR sudah mencapai 200 unit lebih di seluruh Indonesia. TAM sendiri belum memastikan angka tersebut dan belum menyiapkan bagaimana pendistribusiannya ke konsumen. Mengingat jatah yang diberikan untuk pasar nasional hanya 126 unit dan belum ada rencana untuk penambahan produksi baik secara global maupun lokal.

“Hingga saat ini angka penjualan untuk Indonesia sudah final yakni 126 unit, namun jika ada penambahan kami belum memastikan apakah akan ditambah atau tidak,” tutup Anton. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda