Beranda Drives THE CHOICE: Honda HR-V Vs Mazda CX-3, Eksterior dan Interior

THE CHOICE: Honda HR-V Vs Mazda CX-3, Eksterior dan Interior

Foto-Foto: Sigit Sugianto/Carvaganza

BELAKANGAN minat pasar terhadap mini SUV atau crossover semakin meningkat. Maka tak heran jika beberapa perusahaan mobil berlomba-lomba menghadirkan model baru demi menjawab keinginan konsumennya. Mereka mengincar pembeli yang memiliki mobilitas tinggi tapi tidak ingin mobil berdimensi besar dan menyulitkan. Pesaing crossover saat ini diisi oleh Honda HR-V, Nissan Juke, Suzuki SX4 S-Cross, Toyota C-HR dan Mazda CX-3.

Kali ini kami menyandingkan Honda HR-V 1.5L E Special Edition dan New Mazda CX-3 Touring. Kedua mobil ini berkapasitas 5 penumpang dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 juta.

Kami memilih Honda HR-V karena penjualannya yang tinggi sejak diluncurkan pada 2014 lalu dan belum lama ini Honda melansir varian baru. Sedangkan, Mazda CX-3 dipilih karena ia salah satu crossover asal pabrikan Jepang yang memiliki penampilan baru serta fitur berlimpah.

Kami membandingkan kedua mobil ini dari sisi eksterior, interior, fitur, dan driving experience. Nah, bagaimana perbandingannya?

EKSTERIOR

Fascia Honda HR-V Special Edition terlihat lebih elegan dengan hadirnya panel krom lebih tebal pada grille depan, yang kemudian memanjang dan menyipit hingga ke bagian lampu utama. Desain lampu utamanya memiliki grafik baru yang lebih mewah layaknya Honda Civic terbaru. Tak hanya itu, foglamp kini juga menggunakan LED dengan desain memanjang.

Panel hitam pada lip spoiler depan menyatu dengan fender flare, side skirts dan bumper belakang. Untuk varian 1.5L E CVT Special Edition, HR-V menggunakan velg two-tone 17 inci dengan desain yang sebelumnya hanya tersedia pada varian 1.8L Prestige. Buritannya juga tidak terlihat monoton dengan generasi sebelumnya karena adanya aksen krom yang memanjang di atas tempat plat nomer.

 

Sementara itu, Mazda CX-3 Touring menggunakan bahasa desain Kodo: Soul of Motion seperti pada Mazda lainnya. Sisi sporty begitu kental, terutama bagian grille depan yang besar. Sayang, kisi-kisinya yang lebih renggang membuatnya semakin mirip dengan CX-9 sehingga sedikit membosankan. Kesan sporty juga terdapat pada grafik baru LED lampu rem serta penggunaan dua pipa knalpot. Tidak hanya itu, pemilihan velg 18 inci multispoke dengan warna two-tone dan desain yang ramping menambah tampilan agresif.

Sentuhan kemewahan Mazda New CX-3 terlihat pada aksen krom yang menghiasi lip spoiler dan door sill plates. Desain LED DRL-nya sudah mendapat penyempurnaan dan membuatnya tampil lebih dramatis. Tentunya jika dilihat sepintas, CX-3 lebih mewah dari HR-V.

INTERIOR

Penampilan kabin Honda HR-V cenderung minimalis dan elegan jika dibandingkan dengan Mazda CX-3. Lihat saja dashboard, tidak banyak ornamen dan tarikan garis dramatis. Hanya warna hitam dari balutan material semi-leather mendominasi interior dan menciptakan kesan mewah bagi penumpang di dalamnya.

Pada tengah dashboard terdapat head unit baru berukuran 8 inci dengan posisi menyembul dari dalam dashboard membuatnya lebih elegan. Aura tersebut juga semakin terasa karena permainan krom yang menghiasi sekeliling ruang ventilasi AC, bingkai speaker di pintu dan layar pusat pengaturan AC.

 

Jok baris depan HR-V memiliki desain baru yang lebih lebar serta terpisah oleh konsol tengah. Posisinya tinggi dan dilengkapi adjustable arm rest. Kursi baris kedua lebih lega untuk penumpang dewasa dibandingkan CX-3, begitu juga dengan volume bagasi berkapasitas 437 liter.

Sementara desain dashboard Mazda CX-3 menekankan kesan sporty dengan tiga buah ventilasi AC berbentuk bulat. Layar sistem infotainment lebih kecil, hanya 7 inci, yang dapat dikendalikan selain dari setir juga melalui joystick MZD Connect di konsol tengah.

Jok menggunakan paduan lapisan bahan kulit dan fabric, sementara door trim menampilkan lapisan kulit dengan warna hitam dan abu-abu serta aksen a la serat karbon. CX-3 mendapat pembaruan rem parkir elektrik. Alhasil ia mendapat ekstra kompartemen di konsol tengah. Tak seperti HR-V, penumpang baris kedua dimanjakan dengan arm rest lipat yang terintegrasi dengan dua buah cup holder. Sayangnya, ruang kaki dan kepala cukup terbatas, sedangkan volume bagasinya hanya 264 liter.

Nah, di bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai fitur-fitur unggulan dan juga mengalaman mengemudi.

VALDO PRAHARA | WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Menjelajah Jakarta, Kabin Toyota New Veloz Terbukti Lebih Senyap

JAKARTA, 20 Maret 2019 - Mungkin Anda sudah pernah membaca hasil test drive Toyota New Avanza dan New Veloz yang dilakukan...

BMW X3 Varian Baru, Lebih Sporty dan Lebih Ringan

TANGERANG, 20 Maret 2019 - Setahun sudah kehadiran BMW X3 xDrive20i di Indonesia dan kali ini dihadirkan varian baru dari...

Tips Defensive Driving a la Chevrolet

JAKARTA, 20 Maret 2019 – Mobilitas yang tinggi membuat banyak di antara kita yang menghabiskan waktu di jalan raya. Berada...

Gabung T2 Motorsports, Rio Haryanto akan Balap Pakai Ferrari

JAKARTA, 20 Maret 2019 – Setelah meninggalkan Formula 1 tahun 2016 lalu, Rio Haryanto tahun ini siap kembali mengikuti balap...

Jasa Cuci Mobil Yang Berani Ganti Mobil Customer Jika Baret

JAKARTA, 19 Maret 2019 – Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, banyak bermunculan bisnis baru yang berbasis online dan salah...