Beranda Drives TEST DRIVE: Main Tanah dengan Peugeot New 5008

TEST DRIVE: Main Tanah dengan Peugeot New 5008

JAKARTA, 9 Juli 2019 – Nama Peugeot memang sempat tak banyak terdengar di hingar bingar otomotif Tanah Air. PT Astra International-Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) sebagai pemegang merek Peugeot di Indonesia bangkit dengan menghadirkan Peugeot New 5008.

Anda penggemar SUV berbadan besar, dari Eropa, dengan berbagai fitur dan kemampuan, saya jamin akan kesengsem dengan mobil ini. Carvaganza dan beberapa media otomotif mendapat kesempatan menjajal SUV 7 penumpang ini di kawasan BSD, Tangerang, Banten, akhir pekan lalu.

Meski hanya singkat, tapi kemampuan mobil yang dibanderol Rp 820 juta ini meningggalkan kesan pertama yang menggoda. Tak hanya nyaman di jalanan mulus, lumayan galak di jalanan jelek, dan punya unggulan.

Yuk, simak keunggulan-keunggulannya:

Desain Eksterior

Peugeot 5008 berkelir Emerald Crystal (hijau) yang akan kami coba memiliki desain a la SUV modern. Anda yang ingin warna lain tersedia pilihan Nimbus Grey (abu-abu), Nera Black (hitam), dan Pearl White (putih).

Grille depan berukuran besar sehingga eye catching. Grille menggunakan aksen krom dengan bemper bagian bawah yang juga diberi aksen untuk menguatkan kesan sporty. Lampu sudah menggunakan LED di daytime running light (DRL), lampu utama, sampai foglamp yang bisa memberikan penerangan yang mengikuti arah kendali mobil (cornering function).

Di bagian samping kesan sporty terlihat dari krom memanjang dari depan hingga ke belakang. Ban sudah menggunakan ban berukuran 18 inci dengan desain menari. Di bagian belakang tampil khas berkat lampu berbentuk 3 baris cluster merah yang melambangkan cakar singa.

Desain Interior

Masuk ke bagian kabin terlihat desainnya modern yang disebut i-Cockpit. Di tengah dashboard, layar 8 inci touch screen, head-up cluster display berukuran 12.3 inci, sementara tuas transmisi dengan desain modern.

Ada yang menarik di bawah head unit. Beberapa tombol pengatur dibuat unit disusun seperti tuts piano (piano toggle switch). Tombol-tombol ini mengatur fungsi seperti park assist, radio, temperatur, sampai aplikasi telepon.

Peugeot 5008 diisi tiga baris bangku, meski konfigurasi aslinya adalah 5+2 karena di bagian belakang cukup sempit bagi penumpang dewasa. Carvaganza sempat mencoba duduk di belakang, kaki harus menekuk untuk bisa mendapat posisi duduk yang nyaman.

Baca juga: REVIEW: Peugeot New 5008, Good Looking SUV
Baca juga: New Peugeot 5008 Premium SUV 7-Seater di Bawah Rp 1 Miliar Resmi Meluncur
Baca juga: Bangkit Lagi, Astra Peugeot Fokus Kembangkan Jaringan Dealer

Hand-free Tailgate

Nah ada satu fitur menarik di sini yaitu hands-free tailgate. Anda yang kebetulan repot membawa barang belanjaan, kedua tangan penuh, tak perlu ribet mencari-cari kunci atau tombol pembuka pintu bagasi belakang. Cukup majukan kaki Anda di bawah bumper belakang, sensor akan membaca dan pintu terbuka sendiri.

Nah, menutupnya juga bisa dilakukan dengan cara yang sama. Cakepnya lagi, Anda tak perlu khawatir ketika pintu menutup sementara Anda masih berada di bawah pintu. Jika ada penghalang, maka pintu akan berhenti beroperasi. “Keren juga,” kata seorang teman.

Bagasi juga bisa diatur luasannya tergantung kebutuhan. Bangku baris ketiga bisa dibuka plus bangku baris kedua yang dilipat sehingga kita bisa mendapatkan bagasi yang luas. “Jika bangku baris ketiga dan kedua dilipat, bagasi Peugeot 5008 bisa memuat papan surfing,” kata Mizwar Ilmi, Marketing Communications & CS PT.Astra International-Peugeot.

Hill Assist Descent Control

Di awal kami mengeliling Astra Biz Center. Kami mencoba fitur Hill Assist Descent Control. Intinya, fitur ini secara otomatis mengatur throttle dan rem membantu mobil saat berhenti di tanjakan. Tak perlu khawatir mobil “merosot” ke bawah dan pengemudi bisa fokus pada kemudi.

Abda tinggal pijit tombolnya, geser tuas transmisi ke netral, dan mobil akan menuruni jalanan dengan perlahan pada kecepatan 5 km. Hill Assist ini juga membantu menahan mobil di tanjakan selama 3 detik, jadi mobil memberi waktu bagi kaki kita untuk pindah dari pedal rem ke pedal gas.

Fitur pintar ini terhubung dengan sistem keamanan aktif yang terpasang di Peugeot 5008 seperti Dynamic Stability Control, Electronic Stability Controlm Anti-Skid Regulation, dan Electronic Brake Distribution.

Parking Assist

Kami juga mencoba fitur menarik yaitu Parking Assist. Fitur ini membantu pengendara untuk parkir dengan presisi secara otomatis. Bawa pelan mobil dalam kecepatan maksimal 20 km per jam, kemudian nyalakan sein kiri atau kanan untuk mencari tempat parkir yang Anda inginkan.

Nah, begitu sensor mobil menemukan parkiran yang kosong, mobil akan meminta Anda untuk maju sedikit, dan kemudian akan mundur sendiri. Fitur ini bisa digunakan untuk parkir paralel atau parkir mundur (bay parkir) yang bisa Anda pilih setelah memijit tombol Park Assist.

Tapi, ada tapinya. Saat fitur Park Asisst ini dijalankan, tangan Anda memang terbebas dari memutar kemudi. Meski demikian, masih membutuhkan pengemudi untuk mengerem. Artinya, jika mobil tidak direm, maka mobil akan terus mundur ke belakang. Pantas saja namanya semi auto parking.

Performa

Peugeot 5008 mengusung mesin bensin 4 silinder EP6FDTM Turbo. Mesin berkapasitas 1.600 cc ini menghasilkan tenaga 165 hp dengan torsi 240 Nm. Cukup bertenaga untuk membawa mobil ini berlari kencang di jalanan BSD. Mesin modern ini didukung sistem transmisi pintar, yakni Efficient Automatic Transmission (EAT) 6-speed.

Menariknya, kami diajak menuju sebuah lokasi untuk bermain tanah. Peugeot 5008 punya fitur Advance Grip Control. Fitur ini mengatur traction system management yang akan memberikan traksi maksimal bagi mobil sesuai dengan kondisi jalan.

Ada 5 pilihan yang bisa dipilih lewat kenop di konsol tengah. Anda tinggal memutarnya sesuai gambar yang Anda inginkan seperti Normal Mode, ESP Off Mode, Sand Mode, Mud Mode, dan Snow Mode. Anda tinggal pilih mode yang Anda butuhkan, dan walahhh…. Mobil akan mengaturnya sendiri.

Kesimpulan

Peugeot kini punya senjata baru lewat New 5008 untuk bertarung di segmen SUV 7 penumpang. Tampilannya modern, kabin nyaman, dengan seperangkat fitur pendukung. Meski bangku baris ketiga cukup sempit dan lebih pas untuk anak-anak. Kabin dan bagasi bisa mendapat jempol karena luas dan bisa memuat barang. Demikian juga fitur hands-free tailgate yang sangat membantu.

Kemampuan mesin bisa diandalkan. Kami memang tak mendapatkan banyak waktu untuk mengeksplore kemampuan Peugeot New 5008. Tapi setidaknya, mobil ini tak bisa dianggap remeh.

Sementara untuk harga di bawah Rp 1 miliar, tepatnya Rp 820 juta, bisa menjadi selling point bagi Peugeot untuk bertarung dengan pabrikan lain.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza