Beranda New Cars REVIEW: Peugeot New 5008, Good Looking SUV

REVIEW: Peugeot New 5008, Good Looking SUV

JAKARTA, 7 Juli 2019 – Peugeot New 5008 resmi dihadirkan Astra Peugeot di Tanah Air. Setelah cukup lama tak bersuara, Peugeot 5008 membawa pabrikan asal Prancis itu ikut bertarung di SUV 7 penumpang di Tanah Air. Apa kelebihan SUV yang dibanderol Rp 820 juta (OTR Jakarta) ini?

Bertarung di segmen SUV premium + 7 penumpang memang bukan perkara mudah. Di Indonesia beberapa pabrikan sudah menghadirkan andalannya di segmen ini. Mazda punya CX-9 kemudian Hyundai juga punya Santa Fe, Kia Soreto, dan Nissan Pathfinder. Memang di Indonesia hanya dua nama yang dipasarkan.

Peugeot sendiri “jualan” harga sebagai salah satu keunggulan Peugeot New 5008. New 5008 disebut sebagai SUV premium 7 penumpang merek Eropa satu-satunya di Indonesia yang harganya di bawah Rp 1 miliar. Hal ini tentunya bisa menjadi daya tarik bagi konsumen. Mendapatkan SUV Eropa yang dilengkapi seperangkat fitur dengan harga yang menggiurkan.

Tapi tentunya hal itu harus dibarengi dengan kualitas produknya.

Eksterior

Generasi baru 5008 ini mengalami banyak ubahan yang membuatnya tampil beda dibandingkan model sebelumnya. Jika model sebelumnya cenderung oval – yang jadi ciri khas Peugeot, model baru 5008 desainnya lebih banyak sudut-sudut yang futuristik. Hal ini mungkin karena transformasi 5008 yang sebelumnya adalah multi purpose vehicle (MPV) kini menjadi SUV.

Karakter SUV modern dihadirkan lewat gril depan berukuran besar yang memiliki desain vertical front end serta long flat bonnet. Untuk pecahayaan Peugeot 5008 sudah dibekali lampu LED. Mulai dari daytime running light (DRL), lampu utama, sampai foglamp yang bisa memberikan penerangan yang mengikuti arah kendali mobil (cornering function).

Dilihat dari bagian samping, desain Peugeot 5008 terlihat ramping dengan aksen garis krom di bagian atas kaca yang membentang hingga bagian belakang serta penggunaan pelek berukuran 18 inci yang dibalut ban 225/65.. Di bagian belakang, Peugeot 5008 terkesan simpel dan minimalis. Yang menarik adalah desain lampu belakang yang terlihat belah tiga. Peugeot menyebut stoplamp itu sebagai aksen cakar singa.

Interior dan Bagasi

Di bagian dalam, interior dari Peugeot 5008 juga menjadi salah satu kelebihan. Interior dari mobil ini terlihat sangat futuristik, modern dan juga mewah. Tombol yang terdapat pada panel dashboard juga memberikan kesan mewah dan modern. Pembeli juga dapat membeli Peugeot 5008 ini dengan fitur tambahan seperti black diamond roof dan panoramic sunroof.

Dengan dimensi yang besar, SUV premium ini memiliki baris ketiga dengan dua kursi tambahan. Total berat kursi tambahan ini relatif ringan; kurang dari 11 kilogram dan sangat mudah untuk dilipat rata dengan lantai atau dilepas dengan fitur two folding seat control yang terdapat di bagian belakang kursi, sehingga volume bagasi mencapai 952 liter.

New Peugeot 5008 juga dilengkapi Handsfree rear tailgate untuk membuka pintu bagasi belakang dari luar secara otomatis. Caranya mudah, cukup mengayunkan kaki di bawah bemper belakang. Serta dilengkapi fungsi autolock untuk memastikan bahwa tailgate terkunci setelah pintu bagasi tertutup.

Mesin dan Performa

Di Prancis sana, Peugeot menyediakan pilihan mesin diesel dan bensir. Tapi untuk pasar Indonesia, dapur pacu Peugeot 5008 mengusung mesin bensin 4 silinder EP6FDTM Turbo. Mesin berkapasitas 1.600 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 165 hp di 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 240 Nm di 1.400 rpm.

Mesin modern ini didukung sistem transmisi pintar, yakni Efficient Automatic Transmission (EAT) 6-speed. Transmisinya EAT6 ini sangat inovatif, tapi sekaligus efisien dalam konsumsi bahan bakar. Plus tersedia mode Sport yang menjadikan mobil ini lebih galak.

Pihak Astra Peugeot mengaku untuk sementara ini hanya mendatangkan versi mesin bensin saja. Kedepannya, konsumen diprediksi juga dapat memilih pilihan mesin Diesel.

Kenyamanan

Untuk suspensi, SUV ini menggunakan Pseudo-McPherson pada suspensi depan dan deformable crossmember pada suspensi belakang, serta sistem ESP yang disesuaikan mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas kendaraan secara optimal. Penumpang dimanjakan dengan sistem pendingin bi-zone diffusion AC with sensitive controls.

Layar 12.3 inci yang ada pada Peugeot 5008 ini sudah menggunakan model digital, mulai dari RPM, kecepatan hingga MID. Ada perangkat Aux audio connector, Front-rear-boot 12 volt accessories sockets, Bi-Tuner, 4 speaker + 2 tweeters, MP3 Bluetooth, USB, dan Mirror Link yang bisa dimanfaatkan penumpang. Di bagian setir terdapat beberapa tombol pengaturan yang dapat digunakan untuk memainkan fungsi di layar.

Ada satu fitur unik yang jarang ditemukan di mobil yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah parfume built in car. Parfume ini merupakan pewangi yang terdapat pada mobil, dan pengemudi dapat mengatur tingkat kewangian dari parfum ini. Parfum ini dapat diganti dengan cara membeli genuine part di diler Peugeot terdekat.

Keamanan

Meski ada beberapa fitur yang diakui tak dipasang untuk Peugeot 5008 yang dipasarkan di Indonesia, hal iyu tak mengurangi kemampuan mobil ini melindungi penumpangnya. Sistem pengereman sudah ABS, EBD, dan EBA. Ada electronic stabilty program (ESP) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan saat pengereman dan menghindari under/oversteer saat bermanuver. Ditambah dengan ventilated disc with diagonal circuit system pada dua roda depan dan disc diagonal circuit system pada roda belakang.

Fitur keamanan pasifnya, antara lain sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags, 2 curtain airbags), pedestrian impact, dan reinforced safety cage. New Peugeot 5008 SUV juga dilengkapi teknologi Electronic Parking Brake, yang dapat bekerja secara manual dan otomatis sesuai keinginan pengemudi. Pada posisi otomatis, parking brake akan nonaktif saat pedal gas diinjak.

Yang menarik pula, New Peugeot 5008 juga dilengkapi Advanced Grip Control, sehingga mobil akan adaptif dengan kondisi jalan. Kemudian Hill Assist Descent Control (HADC), untuk membantu mengontrol kendaraan yang benar-benar aman di jalur lereng/bidang curam, yang mana kendaraan hanya melaju dengan kecepatan sangat rendah; 3 kilometer per jam.

Advanced driver assistance systems (ADAS)

Pabrikan Eropa dikenal dengan teknologi terkininya, termasuk juga Peugeot. Pada Peugeot New 5008 terdapat generasi terbaru ADAS ini sangat membantu pengemudi saat berkendara.

Sistem ini terdiri dari fitur-fitur; Driver attention warning, Automatic adaptive headlamp main-beam, Speed limit sign recognition and recommendation, Adaptive Cruise Control (automatic gearboxes). Cukup lengkap kan? Ada tambaha lain yaitu Visiopark 360 with Zoom + Rear & front parking aid.

New Peugeot 5008 ini dilengkapi Park Assist (semi auto parking) yang memudahkan pengemudi untuk melakukan parkir kendaraan dengan setir bergerak otomatis dan menyesuaikan kondisi lokasi parkir baik secara paralel maupun mundur. Pengendara akan dipandu melalui guideline dari tampilan kamera pada layar sentuh.

Spesifikasi Peugeot New 5008

MESIN
Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 7 penumpang
Mesin: Twin Tubro Scroll High Pressure (THP) with Direct Petrol Engine Injection, 4 cylinders, DOHC, 16 valve, VVT (Variable Valve Timing)
Kapasitas: 1598 cc
Tenaga: 165 hp @ 6000 rpm
Torsi: 240 Nm @ 1400 rpm
Transmisi: 6 speed Efficient Automatic Transmission
Top Speed: 201 km/jam
0-100 km/jam: 10.5 detik

DIMENSI
Dimensi PxLxT: 4641 x 1844 x 1646 mm
Wheelbase: 2840 mm
Ground Clearance: 236 mm
Bobot kosong: 2160 kg
Kapasitas Tangki: 53 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95
Rem depan: Ventilated disc brakes with sliding caliper and automatic wear adjustments
Rem belakan: Sliding calliper disc brakes
Suspensi depan: Independent wheels – Pseudo-Mac Pherson axle, coil springs and integrated and pressurised hydraulic shock absorbers
Suspensi belakang: Semi-independent wheels – Twist beam axle, hydraulic and pressurised shock absorbers
Velg: Diamond Alloy Wheels wih steel saving sprare wheel
Ban: 225/55 R18

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...