Beranda Drives TEST DRIVE: Lexus LS 500 2018, Days In A Jet Plane

TEST DRIVE: Lexus LS 500 2018, Days In A Jet Plane

Foto-Foto: Sigit Sugianto/Carvaganza

SALAH SATU kemewahan yang dihadirkan oleh Lexus di Indonesia adalah LS 500 2018. Sedan elegan ini menawarkan kenyamanan tingkat tinggi bagi penggunanya, khususnya penumpang belakang dan segala fitur canggih dan material berkualitas.

Pada waktu saya mengambil mobil ini di kantor Lexus di kawasan Proklamasi, Jakarta Pusat, mobil ini memiliki dimensi panjang dan merupakan salah satu mobil berdimensi panjang yang pernah saya kemudikan. Panjangnya 5,2 meter dan lebar 2 meter, namun tingginya hanya 1,5 meter karena sedan 5 penumpang ini berdesain melandai seperti coupe.

Ketika akan masuk ke dalam mobil, dengan teknologi Auto Lift-Up Function suspensi mobil akan naik agar lebih mudah masuk ke dalamnya. Begitu juga pada saat keluar. Suasana kabin terasa mewah dan elegan, dibalut oleh kulit berkualitas pada jok, dashboard maupun door trim. Joknya terasa halus dan nyaman membuat saya seperti berada di bangku pilot dan dapat diatur secara elektrik. Legroom untuk pengemudi dan penumpang depan terasa lega, headroom juga lapang.

Ah…. Saat pantat didudukkan di jok belakang, ruang kaki dan kepalanya juga luas. Bahkan menurut saya lebih luas dibandingkan BMW 7 Series. Posisi jok pun bisa diatur reclining dan sandaran kaki juga bisa dinaik turunkan. Untuk mengubah posisi bangku belakang, dapat diatur melalui layar digital yang terletak di arm rest baris kedua, bahkan jok belakang kiri bisa memiliki ruang yang lebih lapang karena jok bagian depan kiri bisa dimajukan jauh ke depan dan diposisikan setengah terlipat.

Fitur massage yang ada di bangku depan, juga terdapat di bangku belakang dengan penambahan fitur spot heater yang memberikan sensasi pijatan dengan hot stone. Fitur pijatnya terdiri dari tujuh mode pijatan yakni full body refresh, full body stretch, full body simple, upper body, lower body, shoulder dan lumbar.

Pada bagian belakang juga terdapat layar monitor yang berfungsi sebagai TV yang dapat diatur dari remote sehingga memudahkan penumpang belakang mengatur sistem infotainmentnya. Ditemani pula oleh sistem audio dari Mark Levinson yang sangat jernih. Anda merasa seperti di dalam lounge hotel berbintang lima.

Mesin baru V6 turbocharge 3.5 liter terasa halus, mengantarkan tenaga 415 hp dan torsi maksimal  600Nm ke kedua roda depannya melalui perantara transmisi otomatis 10-kecepatan. Saya mengawali dengan mode Comfort dengan posisi transmisi di D. Pengaturan pada mode ini dibuat senyaman mungkin, mesinnya terasa linear baik di putaran bawah maupun tengah. Perpindahan transmisi pun terasa lembut. Sebagai informasi, Lexus juga memasarkan LS 500 versi hybrid dengan mesin V6 twin-turbo 3.5 liter Multi-Stage Hybrid System, tapi kami mencoba yang versi mesin konvensionalnya.

Pabrikan sendiri mengklaim telah melakukan penyempurnaan pada respon dan kestabilan pengemudian demi kenyamanan kendaraan. Meskipun sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), mobil terasa sedikit limbung mungkin salah satunya karena  mobil tergolong panjang dengan dimensi panjang 5235 mm, lebar 1900 mm dan tinggi 1450 mm dan bobot 2410 kg.

Pada mode Comfort setir terasa ringan dan komunikatif di dalam membaca permukaan jalan. Hal ini membantu pengemudi memberikan input-input yang akurat atas feedback yang diberikan pada saat menikung atau saat melewati jalanan bumpy.

Pada saat mode pengendaraan dipindahkan ke Sport, layar digital speedometer berubah menjadi warna merah. Suara mesin meraung lebih keras, suspensi menjadi lebih stiff yang membedakannya dengan Comfort atau pun Normal. Setirnya terasa lebih berat tetapi tetap komunikatif sehingga pengemudi dapat memberikan fokus yang tajam pada saat mengemudikan kendaraan.

Bantingan suspensi terasa empuk dan mampu menahan guncangan di jalanan bergelombang dan rusak dengan baik. Salah satunya berkat fitur Adaptive Variable Suspension di mana peranti ini menyesuaikan level peredam guncangan sesuai dengan jalanan yang dilewati sehingga bisa membantu meningkatkan kenyamanan pengguna.

Anda sendiri sebetulnya bisa memilih mode pengendaraan sesuai keinginan yakni dari mulai Eco, Normal, Comfort, Sport S, Sport S+ dan bisa juga dikustom sesuai keinginan. Kualitas berkendara yang ditawarkan oleh Lexus LS 500 2018 sangat baik, memberikan experiences tersendiri, selain tentunya juga karena sejumlah treatment istimewa purna jual yang diberikan oleh APM kepada pemiliknya.

Nah untuk fitur keselamatan, Lexus menyediakan 14 SRS Airbag, Blind Spot Monitoring System, Hill Start Assist Control, Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM), Lexus Parking Assist Sensors yang terdiri dari 10 sensor, Rear View Camera, Pedestrian Protection Performance dan Side Impact Compatible Structure.

Lexus LS 500 ini ditawarkan di Indonesia dengan dua pilihan yakni LS 500 dengan harga Rp 3,495 miliar dan LS 500h dengan harga Rp 4,365 miliar. Keduanya ditawarkan dengan harga on-the-road Jabodetabek.

Lexus LS 500 2018

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 4 pintu,5 penumpang, FWD
Mesin: V6 turbocharge V35A-FTS 3.5L / 415hp @6000rpm / 600Nm @1600-4800rpm
Transmisi: A/T 10-Kecepatan
Top Speed: 250 km/jam
0-100 km/jam: 4,6 detik
P x L x T: 5235 x 1900 x 1450 mm
Wheelbase: 3125 mm
Bobot kosong: 2410 kg
Kapasitas Tangki: 82 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Sudah Tahu Arti dari Nama Unik Mobil-mobil Terkenal Ini?

JAKARTA, Carvaganza.com - Nama-nama mobil ini sangat melegenda. Ikonik, tak cuma bagi para penggemar dunia otomotif. Beberapa bahkan dikenal oleh orang awam. Selain karena...

Banyak Mobil Listrik Datang ke Indonesia, Sudah Tepat Waktunya?

JAKARTA, Carvaganza.com -  Satu per satu Battery Electric Vehicle (BEV) mulai berdatangan ke Tanah Air. Ada kontestan premium seperti BMW i3s dan Lexus UX...

Kampanye Michelin Safe Mobility 2020, Berbagi Tips Aman Berkendara

JAKARTA, Carvaganza -- Michelin kembali mengadakan webinar dari rangkaian kampanye keselamatan dalam mobilitas atau Michelin Safe Mobility 2020 #AmanBersamaMichelin #Bergerak Aman. Kampanye yang didukung oleh...

TEST DRIVE: MG HS, Fitur Oke dan Punya Cita Rasa Sport (Bagian 1)

JAKARTA, carvaganza - Kehadiran Morris Garage (MG) ke kancah pasar nasional memang sempat dipandang sebelah mata. Pasalnya, ada embel-embel sebagai mobil Tiongkok dan stigma...

F1: Diwarnai Kebakaran Mobil Grosjean, Hamilton Menang di GP Bahrain 2020

SAKHIR, Carvaganza.com – Balapan penuh drama dan insiden terjadi pada seri Formula 1 Grand Prix Bahrain 2020, hari Minggu (29/11/2020). Mulai dari kecelakaan hebat,...