Beranda Hot Topics Tes Perdana Mobil Reli Citroen C3 R5, Ini Kata Sean Gelael

Tes Perdana Mobil Reli Citroen C3 R5, Ini Kata Sean Gelael

SERANG, 13 November 2019 – Jelang keikutsertaannya di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2019 di Medan, pekan depan, Sean Gelael memulai persiapannya dengan melakukan tes mobil Citroen C3 R5. Tes dilakukan di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, yang bertujuan mengenal karakter mobil.

Tes yang berlangsung hari Rabu (13/11/2019) ini menjadi kali pertama bagi Sean untuk menggeber langsung C3 R5, mobil reli dengan spesifikasi setara WRC2. Lalu, bagaimana impresi pertamanya setelah sesi shakedown ini?

Mobil yang didatangkan langsung dari Perancis, negara asal Citroen ini menjadi mobil reli terkencang yang pernah Sean pacu di Indonesia. Sesi untuk adaptasi ini diakui berjalan sesuai ekspektasi olehnya.

“Saya cuma pernah coba semacam R5, itu tahun lalu di Finlandia waktu itu Ford Fiesta ya, dan sebenarnya di luar mobilnya sendiri sangat enak, sangat gampang diadaptasikan,” jelas pembalap Formula 2 itu kepada Carvaganza.

“Dan mungkin cari limitnya itu lumayan cepat tapi untuk di limitnya ini yang (selisih waktu) 5/10 (detik) per kilometernya atau dua kilometernya lebih susah,” tambah Sean.

Didampingi kedua orang tua dan tim engineer dari Citroen Racing, shakedown yang dijalani Sean fokus kepada adaptasi gaya mengemudi dengan karakteristik mobil. Catatan waktu di sirkuit bukan menjadi prioritas utama dalam sesi ini.

Dua unit C3 R5 didatangkan oleh Team Jagonya Ayam dalam persiapan ini, dengan satu unit lainnya akan dipakai bergantian oleh beberapa pembalap/pereli lainnya. Suhu cuaca setempat yang panas juga menjadi tantangan dalam shakedown kali ini, karena umumnya mobil spek R5 digunakan kompetisi di Eropa.

“Karena kita kerjasama dengan timnya, official-nya, jadi profesionalismenya mereka, ajaran mereka bukan hanya di driving style tapi juga bagaimana mobilnya beradaptasi di atmosfer sini, begitu juga dengan driving style saya, dan lain-lain,” tambah Sean yang kini berusia 23 tahun.

Kejurnas Reli yang akan diikuti Sean adalah Danau Toba Rally 2019 di Medan, Sumatera Utara, pada 23-24 November 2019 mendatang. Partisipasi di reli tersebut dilakukannya untuk mengisi jeda panjang jelang seri penutup F2 2019 di Abu Dhabi, sepekan kemudian.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Data Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4 Akan Dianalisis di Selandia Baru

JAKARTA, Carvaganza.com – Serangkaian uji coba sudah dijalani Xpander AP4 akhir pekan lalu. Xpander Rally Team (XRT) rencananya menganalisis data hasil uji coba mobil...

Siapa Saja Lawan Sebanding Wuling Cortez CT Type S?

JAKARTA, Carvaganza.com - Wuling Cortez varian terbawah Type S muncul dengan harga mengejutkan. Paling murah pilihan transmisi manual cuma ditawarkan Rp 209 juta. Versi...

Nissan Ariya Meluncur, Daya Jelajah Listriknya Sampai 610 Km

TOKYO, Carvaganza.com - Pertama kali debut dalam bentuk konsep setahun lalu, Ariya akhirnya resmi meluncur hari ini Rabu (15/7) melalui global premiere secara digital....

Masalah Fuel Pump, Honda Indonesia Recall 80 Ribuan Brio, Mobilio, Sampai CR-V

JAKARTA, Carvaganza.com – Para pemilik mobil Honda perlu memperhatikan informasi ini, apalagi yang mobilnya termasuk dalam program perbaikan terbaru ini. PT Honda Prospect Motor...

Penjualan Peugeot 6 Bulan Tahun Ini, Samai Total Sepanjang 2019

JAKARTA, Carvaganza.com -- Tahun 2020, menjadi tahun ujian bagi sebagian besar Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Pandemi COVID-19 dan pelaksanaan PSBB di beberapa...