Beranda Updates Pabrik Tutup Sementara, Honda: Stok Aman, Karyawan Dibayar Penuh

Pabrik Tutup Sementara, Honda: Stok Aman, Karyawan Dibayar Penuh

Honda Brio RS

JAKARTA, Carvaganza.com – Penyebaran wabah COVID-19 kini mulai berdampak pada sector otomotif. Tak hanya penjualan yang menurun, pabrikan otomotif Tanah Air juga harus melakukan penyesuaian. Hal ini dialami PT Honda Prospect Motor (HPM) yang harus melakukan penutupan sementara pabrik mereka selama 2 pekan. Meski demikian stok unit Honda untuk konsumen maupun karyawan tidak ada masalah.

Catatan pemerintah hingga Kamis (2/4/2020) sore, sudah terdapat 1.790 kasus corona di Indonesia. Sedangkan jumlah yang meninggal dunia akibat wabah ini sudah mencapai 170 orang. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan banyak pihak. Guna menghadapi kondisi ini PT HPM memutuskan untuk menghentikan sementara operasi pabrik mereka. Penghentian sementara dilakukan 2 pekan sebelum direncanakan dibuka kembali pada 13 April mendatang.

HPM memiliki fasilitas di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini digunakan untuk merakit beberapa produk andalannya seperti Brio, Mobilio, BR-V, Jazz, CR-V dan HR-V. Unitnya tak cuma untuk pasar domestik, tapi juga ditujukan pasar ekspor. Penghentian dilaksanakan selama dua minggu, yang meliputi semua sektor.

“Berdasarkan kondisi saat ini, kami memutuskan untuk menghentikan kegiatan produksi sementara, selama dua pekan,” jelas Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy ketika dihubungi hari ini, Kamis (2/4) siang.

Langkah ini turut menjadi strategi HPM dalam menghadapi kondisi pasar belakangan. Soalnya, terjadi penurunan permintaan, dampak dari wabah virus corona. Di samping adanya kendala pada pasokan komponen dai supplier, sehingga sulit untuk melanjutkan produksi secara normal.

Baca juga: Honda City Kembali Raih 5 Bintang di Uji Tabrak ASEAN NCAP

Stok Aman

Meski stop sementara, HPM memastikan ketersediaan produk di pasaran tetap aman. Yusak mengatakan pihaknya telah menyesuaikan tingkat produksi sebelumnya dengan permintaan pasar. Artinya, penutupan sementara bisa dikompensasi.

“Lantaran situasi pasar yang berubah cepat, kami terus mengatur strategi untuk memenuhi permintaan, sambil tetap menjadi kondisi persediaan di level sehat,” jelasnya. “Ini sudah kami antisipasi sebelumnya.

Selain stok untuk dalam negeri, ketersediaan stok untuk ekspor juga dipastikan terjaga. Menurut Public Relations and Digital Manager Honda Prospect Motor, Yulian Karfili, jadwal pengiriman telah disesuaikan dengan forecast dari negara tujuan masing-masing. “Jadi untuk ekspor saat ini sudah di-adjust produksinya sesuai dengan permintaan dari negara tujuan,” terang pria yang akrab disapa Arfi ini.

Baca juga: Honda Klaim Penjualan Brio Tertinggi di Indonesia Pada Februari

Tetap Dibayar Penuh

Terkait karyawan, Yusak mengatakan penghentian operasi tidak akan memengaruhi kesejahteraan mereka. Karena tidak ada aktivitas, mereka dirumahkan sementara. Disebutkan terdapat 4.000 karyawan dirumahkan sementara. Mereka adakah yang berhubungan langsung dengan proses produksi.

Ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap imbauan pemerintah, agar tidak beraktivitas di luar, karena dapat meningkatkan risiko terinfeksi COVID-19. Sementara pembayaran upah tetap berjalan seperti biasa, dengan jumlah penuh.

“Kami dengan tegas meminta karyawan yang sudah dirumahkan sementara, untuk mengikuti peraturan dan arahan pemerintah pusat dan daerah. Untuk menghindari risiko terinfeksi. Selama periode itu, mereka tetap mendapat gaji penuh sesuai aturan berlaku,” jelas Yusak.

Saat ditanya kemungkinan operasi pabrik diperpanjang bila kondisi enggan membaik, HPM belum bisa memastikan itu. Yusak mengatakan pihanya akan terus memantau kondisi. Jika harus kembali menutup, tentu diperlukan strategi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam maupun luar negeri. “Kami akan memantau kondisi setiap hari dan meninjau semua opsi berdasarkan perkembangan terakhir,” tutupnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19 Honda Tutup Produksi Sementara, Stok Masih Aman

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Sepeda Hasil Kolaborasi Pabrikan Supercar Ini Pantas Dikoleksi

JAKARTA, Carvaganza.com - Para pabrikan mobil superkencang punya gimmick unik yang rugi jika dilewatkan. Bukan hanya soal teknologi pemacu hasrat adrenalin di lintasan aspal,...

Velozity Chapter DeBogors Ajak Keluarga Ngaluyur ke Saung Angklung Udjo

BANDUNG, Carvaganza – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, namun tidak mengurangi semangat para anggota Avanza Veloz Community (Velozity) khususnya Chapter DeBogors (Depok Bogor dan...

Lengkapi Line Up Trofeo, Maserati Ghibli dan Quattroporte Dapat Mesin Ferrari

MODENA, Carvaganza.com – Paruh kedua tahun 2020 disi oleh Maserati dengan meluncurkan line up terkencang dari seluruh keluarga modelnya. Kini seluruh model yang dimiliki...

Peugeot e-208 Menang Balap Mobil Listrik di Lithuania

JAKARTA, Carvaganza – Mobil listrik Peugeot e-208 sukses menunjukkan kemampuannya. Hatchback bertenaga sertrum itu berhasil menjadi juara di ajang balap khusus mobil listrik di...

Penjualan Kembali Menunjukkan Tren Positif, Honda Brio Mendominasi

JAKARTA, Carvaganza – Penjualan otomotif kembali bergerak naik. Hal ini tercermin dari bertambah tingginya penjualan para brand. Memasuki semester kedua tahun 2020, penjualan Honda...