Beranda Updates Suzuki Luncurkan Ignis Facelift Kamis, 9 April Besok

Suzuki Luncurkan Ignis Facelift Kamis, 9 April Besok

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki akhirnya mengakui rencana peluncuran satu model baru pada Kamis (9/4/2020) besok. Peluncuran akan dilakukan secara digital menyusul pendemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Meski tak menyebut modelnya namun model baru itu mendapat tagline Urban SUV.

Merujuk pada tagline, kita tentunya dengan gampang bisa menebak model baru tersebut adalah Suzuki Ignis Facelift. Model ini memang sudah waktunya mendapat penyegaran alias facelift. India sudah lebih dulu meluncurkan Ignis anyar ini pada bulan lalu sehingga Indonesia hanya menunggu waktu.

Rudiansyah, General Manager Head of PR and Digital, Strategic Planning Department, PT Suzuki Indomobil Sales membenarkan rencana ini namun ia enggan menyebutkan dengan gamblang mobil yang dimaksud. “Iya akan ada model baru, peluncuran dilakukan dengan live steraming,” kata dia dalam teleconference dengan beberapa media, Senin (6/4) malam.

“Apa yang diluncurkan? Produknya adalah urban SUV. Mobil SUV untuk kaum urban yang bisa digunakan di jalanan ibukota dan sesuai dengan lifestyle anak muda,” kata dia.

Menurut Rudi, peluncuran ini tetap pada tanggal yang direncanakan semula. Hanya saja lokasinya berbeda. Suzuki sebenarnya berencana memperkenalkan model barunya ini pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang sedianya dilangsungkan 9-19 April ini. Sayang, gelaran yang diinisiasi Dyandra Promosindo di JIExpo, Kemayoran itu, batal karena wabah corona.

“Kita sudah membuat rencana, sesuai dengan planning marketing. Tapi karena perkembangan situasi, tidak memungkinkan melakukan peluncuran terbuka sehingga kita alihkan dalam bentuk digital,” kata Rudi.

Baca juga: Terkuak Sosok Suzuki Ignis 2020 Makin Segar dan Sporty

 

Penyegaran

Merujuk berbagai berita yang beredar, Suzuki Ignis terbaru ini membawa beberapa penyegaran serta perubahan, baik itu di bagian interior maupun eksterior. Soal jantung pacu atau mesinnya tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu mesin 1,2 liter bensin K-Series. Mesin 4-silinder inline berkapasitas 1.197 cc ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai 81,8 hp di 6000 rpm, serta torsi-nya 113 Nm di 4200 rpm. Trasmisi ada 2 pilihan manual dengan 5 kecepatan dan otomatis atau AGS (auto gear shift).

Ubahan akan lebih banyak dari komestik eksterior. Bumper depan dirombak. Seperti pada bumper model baru serta gril radiator terbaru berupa sisipan dengan bentuk U. Desain keren dengan diperkuat dari pemasangan dan pemakaian lampu. Ignis facelift mengandalkan headlamp proyektor berbasis LED DRL atau Day Running Light. Lampu kabut bentuk bundar yang dipasang di dua sisi bumper-nya.

Perubahan di bagian spoiler belakang juga dilakukan, desain tail lamp beda, bumper belakang diubah, kemudian spoiler atap dipadukan dengan reflector, plus adanya roof rails. Bagian samping kelihatan memiliki kesan yang tegas, itu terlihat dari adanya lekukan menyudut serta skid-plate silver.

Baca juga: Suzuki Ignis Facelift Meluncur Bertampang Semakin ‘SUV’

Interior

Bagian interior, seat cover baru dan jok memiliki pola dengan dua-nada hitam. Di bagian tengah dashboard skema warnanya berbeda dengan pendahulunya. Fitur paket entertainment dilengkapi SmartPlay Studio Infotainment, belum ada informasi apakah ini juga akan digunakan untuk versi yang dijual di Indonesia. Layar 7 inci dengan sistem sentuh atau touchscreen digunakan. Perangkat ini sudah terhubung SmartPlay Studio UI. Layarnya ini bisa berhubungan dengan Aux-IN, USB, Bluetooth dan Apple CarPlay.

Fitur keselamatan pada Suzuki Ignis 2020 diantaranya pengingat sabuk pengamanan untuk kursi depan, sensor parkir belakang, peringatan jika mobil dalam kecepatan tinggi, laporan lalu lintas, dan informasi kendaraan. Untuk pilihan warna, selain menawarkan Turquoise Blue dan Lucent Orange, Suzuki Ignis model baru ini juga disediakan 3 skema warna dual-tone, antara lain Nexa Blue with Silver, Lucent Orange with Black serta Nexa Blue with Black.

Nah, apakah benar spesifikasinya demikian? Kita tunggu saja. Oh ya, soal harga dikabarkan naik sedikit. Saat ini Suzuki Indomobil Sales menawarkan 4 varian Ignis yaitu GL MT Rp 166 juta, GL AGS (Rp 176 juta), GX MT (Rp 185 juta), dan GX AGS (Rp 195 juta). Harga On The Road Jakarta April 2020.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto