Beranda Hot Topics REVIEW: New Honda Mobilio, Dongkrak Penampilan Demi Persaingan

REVIEW: New Honda Mobilio, Dongkrak Penampilan Demi Persaingan

JAKARTA, 23 Februari 2019 – Honda berbenah untuk memperbaiki posisinya dalam persaingan di segmen Small atau Low MPV (multi purpose vehicle) yang kian memanas. PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya meluncurkan model terbaru New Honda Mobilio di Jakarta, Kamis (21/2/2019) lalu.

Langkah yang memang harus dilakukan Honda untuk menghadapi persaingan di segmen gemuk ini. Toyota sudah memperkenalkan New Avanza dan New Veloz bersamaan dengan sepupunya Daihatsu Grand Xenia pada pertengahan Januari. Suzuki juga sudah menambahkan fitur baru pada Ertiga. Nissan memperkenalkan All New Livina yang hadir serba baru dan tampil beda berkat penggunaan platform milik Mitsubishi Xpander.

Pertanyaannya, seberapa signifikan perubahan yang dilakukan Honda untuk Mobilio untuk lebih kompetitif? Jujur harus diakui jika gubahan yang dilakukan Honda tak terlalu banyak. Penyegaran dilakukan pada bagian eksterior serta beberapa fitur baru pada interior. Tapi ada yang menarik, yang akan saya bahas di bagian akhir.

Kita kupas satu persatu:

EKSTERIOR

Dari tampilan luar, perubahan utama New Honda Mobilio terlihat pada bagian lampu utama. Projector Headlamp sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Light untuk visibilitas pengendara yang lebih baik.

Untuk penampilan stylish sekaligus sporty didongkrak dengan penggunaan spoiler di bagian depan, samping serta belakang. New Honda Mobilio kini menampilkan velg 15” Two Tone Alloy Wheel dengan desain baru yang semakin sporty.

Sementara varian di atasnya, semua sudah diaplikasikan. Penambahannya tipe ini mendaptkan New Shark Fin Antenna dan New Smoked Rear Combi Lamp yang lebih memukau.

New Honda Mobilio RS

INTERIOR

Di bagian interior, sudah dibekali New 6,2” Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD.

Nuansa di dalam kabin juga semakin segar dengan warna baru pada bagian dashboard dan interior yang berwarna hitam dan ivory (two-tone), serta pola kain baru yang melapisi seluruh kursi kabin.

Untuk varian RS, nuansa sporty semakin kuat dengan sentuhan warna oranye di dashboard dan jahitan pada kursi mobil, serta desain baru pada bagian meter cluster berlogo RS. Sedangkan di sektor hiburan, New Honda Mobilio RS dilengkapi New Advanced 8” Capacitive Touchscreen Display Audio yang canggih dan modern.

MESIN

Dari sisi performa, New Honda Mobilio didukung mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya. Dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology, New Honda Mobilio juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Untuk keselamatan pengendara, New Honda Mobilio menggunakan rangka G-CON + ACETM untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi Dual Front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap.

Sistem pengereman New Honda Mobilio juga didukung dengan ABS + EBD, sedangkan khusus untuk varian New Honda Mobilio RS mendapatkan tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

HARGA

Takehiro Watanabe, President Director PT HPM mengatakan Honda Mobilio merupakan produk yang penting karena sejak awal dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dan telah memberikan kontribusi signifikan bagi Honda di Indonesia. “Kami terus melakukan penyegaran terhadap model ini untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen,” katanya.

New Honda Mobilio tersedia dalam 7 pilihan warna yang terdiri dari Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, serta penambahan warna baru Coffee Cherry Red Metallic. Sedangkan khusus untuk varian RS memiliki 2 pilihan warna lainnya, yakni Phoenix Orange Pearl dan White Orchid Pearl.

 

Harga New Honda Mobilio (OTR Jakarta):

– S MT: Rp 194.000.000,-
– E MT: Rp 214.500.000,-
– E CVT: Rp 225.500.000,-
– RS MT: Rp 237.500.000,-
– RS CVT: Rp 248.000.000,-

Harga yang tertera adalah harga untuk on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN 2019 Mobil Pertama. Sementara untuk Special Color dan Two Tone (pada varian RS) dikenakan penambahan Rp.1.500.000,-

New Honda Mobilio juga dilengkapi dengan fasilitas purna jual yang meringankan biaya operasionalnya, antara lain paket Gratis Biaya Jasa Perawatan Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun. Selain itu, terdapat juga Paket Hemat untuk suku cadang perawatan berkala 4 tahun / 50.000 km atau  8 tahun / 100.000 km, yang memberikan keuntungan harga lebih terjangkau dan bebas kenaikan harga. Selain itu masih banyak paket lainnya yang akan semakin meringankan biaya operasional konsumen.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mobil Listrik Hyundai IONIQ Electric Jadi Armada Grab Mulai Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2019 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia hari ini, Jumat (13/12/2019) mengumumkan kemitraan menarik....

Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

JAKARTA, 13 Desember 2019 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini...

V-Kool Punya Paket Eksklusif Rp 12 Juta, Apa Keuntungannya?

ANYER, 13 Desember 2019 – Melengkapi rangkaian produknya sebagai merek kaca film premium, V-Kool Indonesia turut meluncurkan paket edisi terbatas alias Limited Edition, yang...

V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...