Beranda EDITOR'S PICKS REVIEW: All New Nissan Livina, Tampil Beda di Bawah Bayang-Bayang Xpander

REVIEW: All New Nissan Livina, Tampil Beda di Bawah Bayang-Bayang Xpander

JAKARTA, 20 Februari 2019 – Judul di atas bukan karena saya tengah membully Nissan. Justru saya menyemangati PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai pemegang merek Nissan di Indonesia. Kehadiran All New Nissan Livina, Selasa (19/2/2019), memang tak bisa dilepaskan dari bayang-bayang Mitsubishi Xpander. Maklum, platform maupun mesin yang digunakan keduanya sama dan identik.

Keduanya kini ibarat saudara kembar. Pertanyaannya, bagaimana Nissan bisa ‘berdiri di atas kaki sendiri’ dan lepas dari bayang-bayang Xpander yang sukses. Ada beberapa kasus yang bisa menjadi pelajaran bagi Nissan dalam hal produk kembar. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sukses dengan nama mereka sendiri. Tapi ada juga yang tidak. Ambil contoh Suzuki Ertiga dan Mazda VX1. Atau jika kita tarik cerita masa lalu Suzuki APV dan Mitsubishi Maven.

Dari acara launching megah yang digelar Nissan di Djakarta Theatre Ballroom, saya melihat pabrikan asal Jepang ini punya cara untuk mengusung brand sendiri. Pertama, meski menggunakan platform dan mesin yang sama dengan Xpander, Nissan tetap menggunakan nama Livina. Strategi ini tentunya sudah dipikir matang-matang oleh Nissan. Salah satunya – menurut saya – karena nama Livina yang cukup kuat di kalangan pecinta Small MPV Tanah Air setelah kehadirannya pada tahun 2007. Penggunaan nama ini jelas akan lebih mudah ‘menjual’ ketimbang menggunakan nama baru.

Kedua, dalam presentasinya baik Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi maupun Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Yutaka Sanada, menyebutkan jika All New Livina lahir dari keinginan Nissan memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Hal ini dibuktikan dengan mengusung Nissan Intelligent Mobility.

“Pelanggan Nissan menginginkan teknologi maju, termasuk fitur-fitur keselamatan yang canggih serta kenyamanan; kami memenuhi tuntutan itu melalui Nissan Intelligent Mobility yang diusung All New Nissan Livina,” kata Isao Sekiguchi. Ini jelas bentuk self confidence dari Nissan .

Sedangkan yang ketiga, Nissan menggunakan strategi ‘pasang harga’ yang berani dengan menetapkan harga bersaing dengan model-model lain di segmen Small MPV. Ini bisa menjadi senjata bagi Nissan bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan juga Wuling Confero S.

Terlepas dari semua itu, patut diacungi jempol dengan langkah Nissan menghadirkan All New Livina.

EKSTERIOR

Sekarang kita coba bahas mengenai All New Nissan Livina. Edisi teranyar Nissan Livina, disempurnakan dengan sentuhan premium di bagian eksteriornya. Di bagian depan mata kita langsung tertuju pada Gril V-Motion berukuran besar. Jika dilihat mirip-mirip dengan yang digunakan sister brand Datsun ketimbang Xpander.

Kemudian ada lampu depan LED berbentuk bumerang dengan DTRL (Day Time Running Light) merupakan desain khas Nissan.

Toh, tetap saja akan ada suara-suara yang memirip-miripkankan Livina dengan Xpander. Misalnya, pada penggunaan headlamp besar dengan foglamp di bagian bawahnya. Secara posisi sama, bedanya dengan Xpander hanya pada desainnya saja. Di bagian belakang rear combination lamp juga sudah dilengkapi LED.

Eksterior juga punya tiga pilihan velg tergantung pada variannya. Ada velg Steel 15 inci (E M/T), kemudian Alloy 15 inci (EL M/T dan EL A/T), serta Alloy with Machining 16 inci (VE A/T dan varian teringgi VL A/T).

Jika bicara dimensi, All New Nissan Livina disebutkan mengadopsi flatform milik Mitsubishi Xpander. Hal ini membuat Livina lebih besar dibandingkan Grand Livina. Model baru ini memiliki panjang 4.510 mm (+30 mm), lebar 1.750 mm (-15 mm), dan tinggi 1.700 mm (-10 mm). Sedangkan wheelbase juga bertambah panjang 2.775 mm (+175 mm).

Catatan lain yang menari adalah All New Nissan Livina juga tampil lebih jangkung dengan ground clearance 200-205 mm. Jarak ke tanah ini, tergantung model dan ukuran velg yang digunakan. Berbeda dengan Grand Livina yang memiliki jarak dengan tanah 175 mm.

INTERIOR

Ketika masuk ke bagian kabin, terlihat jika interior Livina diracik sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang. Kursi berbalut kulit premium yang membuatnya berbeda dengan mobil lain di segmennya.

Untuk pengemudi Nissan memasang fitur tilt steering dan telescopic steering untuk membantu menyesuaikan posisi mengemudi yang pas. Color MID with Eco indicator dengan beragam informasi kendaraan, Intelligent key System yang dipadukan dengan start/stop button untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Tak ketinggalan Rear View Camera with Parking Sensor yang berguna ketika parkir.

Beberapa fitur ini tentunya sudah sesuai dengan perkembangan trend dan kebutuhan konsumen.

Nissan mengklaim, MPV ini menawarkan konektivitas telepon pintar yang pertama di segmennya dan navigasi untuk mendukung kenyamanan berkendara setiap hari, sekaligus memberikan hiburan.

All New Nissan Livina memastikan perjalanan bersama keluarga menjadi lebih berkualitas dengan kesenyapan kabin yang terbaik di kelasnya. Kendaraan ini juga memberikan keleluasaan dalam pengaturan letak kursi, bagasi yang luas, dan ideal untuk memenuhi kebutuhan beragam gaya hidup pelanggan Indonesia

Fitur-fitur lain yang disematkan All New Nissan Livina antara lain Hill Start Assist menjaga mobil tidak mundur saat berada ditanjakan, Vehicle Dynamic Control yang membantu mobil tetap stabil dikendaraan sehingga tidak mudah tergelincir, dan Traction Control yang meningkatkan kestabilan saat berkendara di tikungan serta menghindari slip.

MESIN dan FITUR

Nah, jika bicara mesin, All New Nissan Livina menggunakan mesin baru tak lagi menggunakan mesin Grand Livina — jika tak ingin disebut meminjam mesin Xpander. Mobil ini kini menggunakan mesin 4A91 1.5 MIVEC DOHC 16 valve berkapasitas 1.499 cc.

Dalam data spesifikasinya, disebutkan mesin ini memiliki tenaga 104 PS @6000 rpm dan torsi 141 Nm @4000 rpm. Sedangkan transmisi ada dua pilihan yaitu M/T 5-kecepatan dan A/T 4-kecepatan. Jika melihat spesifikasinya, mesin ini cukup baik untuk dipasangkan dengan Small MPV seperti Livina. Setidaknya itu pengalaman Carvaganza ketika menguji Xpander.

Bagaimana dengan harga? Seperti disinggung di atas, Nissan cukup cerdik dalam soal ini. Meski tampil serba baru, namun harga All New Nissan Livina justru dipasang bersaing. Tipe tertinggi VL A/T (Rp 261,9 juta), VE A/T (Rp 249,9 juta), EL A/T (Rp 233 juta), EL M/T (Rp 223 juta), dan tipe terendah E M/T ( Rp 198,8 juta).

Harga ini lebih murah dari Grand Livina. Dan berada di antara para pesaing lain sehingga bisa menjadi salah satu senjata bagi Nissan untuk bertarung.

Sebagai perbandingan sesama Low MPV, Toyota Avanza dan Veloz dijual dengan harga Rp 191,1 juta – 239,450 juta, lalu Daihatsu Xenia Rp 183,350 juta – 228,950 juta , Honda Mobilio Rp 194 juta – 248 juta, Suzuki Ertiga Rp 196 juta – 241,5 juta , Wuling Confero Rp  143,8 juta – 178,8 juta. Semuanya dalam kondisi OTR DKI Jakarta.

Nah, dari paparan di atas, jelas jika Nissan menyiapkan dengan serius All New Livina untuk bertarung di segmen MPV. Kehadiran All New Livina akhirnya memberikan harapan baru bagi NMI untuk kembali bersaing memperebutkan kue paling besar di pasar otomotif nasional. Hasilnya? KIta tunggu saja…

Spesifikasi All New Nissan Livina:

Layout kendaraan: Small MPV, mesin depan, 4 pintu, 7 penumpang, FWD
Mesin:  4A91 1.5 MIVEC DOHC 16 valve, 1499cc, 104 PS @6000 rom; 141 Nm @4000 rpm
Transmisi: M/T 5-kecepatan dan A/T 4-kecepatan
PxLxT: 4510 x 1750 x 1700 mm
Wheelbase: 2775 mm
Ground clereance: 200-205 mm
Bobot kotor: N/A
Kapasitas tangki BBM: N/A
Rekomendasi BBM: 92 RON

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Bersama Terios 7 Wonders Nikmati Empat Keajaiban Kolaka

KOLAKA, 15 November 2019 – Petualangan Terios 7 Wonders di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, telah menyelesaikan hari pertama pada hari...

Honda Brio dan HR-V Dukung Penjualan Honda di Oktober 2019

JAKARTA, 15 November 2019 – Penjualan PT Honda Prospect Motor mencatat peningkatan di bulan Oktober 2019 dibandingkan bulan sebelumnya. Di bulan ke-10...

Pertamina: Solar Aman, yang Mampu Jangan Ikut Gunakan Dong!

JAKARTA, 15 November 2019 – PT Pertamina (Persero) memastikan  ketersediaan solar subsidi baik di terminal BBM maupun di SPBU mencukupi...

TEASER: Mobil Sport Baru Maserati Diluncurkan Mei 2020

ROMA, 15 November 2019 -- Maserati boleh saja tak lagi memproduksi lagi GranTurismo, namun pabrikan asal Italia itu memberikan teaser...

Perjalanan Test Drive 5 Benua Toyota Jelajahi di Indonesia

JAKARTA, 14 November 2019 – Project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 yang dilakukan principal Toyota Motor Corporation (TMC) tiba di...