Beranda Updates Rayakan Produksi 22 Juta Unit, Wuling Kenalkan Logo Baru

Rayakan Produksi 22 Juta Unit, Wuling Kenalkan Logo Baru

BEIJING, Caraganza.com — Catatan milestone dibuat perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW). Pabrikan rakasasa asal Cina itu merayakan produksinya yang ke-22 juta unit pada 25 Mei 2020 kemarin. Wuling sekaligus merayakan hari bersejarah ini dengan meluncurkan logo baru berwarna silver. Logo baru itu berlaku secara global.

Perayaan dilakukan di pabrik perakitan mereka di Liuzhou, sebuah wilayah otonom di Guangxi Zhuang, Cina. Total produksi yang telah mencapai 22 juta unit ini merupakan akumulasi produksi di empat pabrik SGMW yang berada di Liuzhou, Baojun, Qingdao, dan Chongqing. Angka ini didapat selama kurun waktu 35 tahun (1985- Mei 2020), termasuk volume ekspor yang sudah dilakukan ke 40 negara.

SAIC-GM-Wuling (SGWM) sendiri didirikan pada tahun 2002, meski secara merek, Wuling sudah eksis sejak 1985. Pada tahun 2010, Wuling mulai memproduksi merek Baojun. Mereka menjadi salah satu rakssa otomotif di daratan Cina. Sepert dilasir chinadaily.com.cn, sepanjang tahun lalu Wuling mencatat ekspor sebanyak 26.138 unit ke puluhan negara. Angka ini naik 73,5 persen secara tahunan ekspor kendaraannya mencapai 26.138 unit.

Salah satu pabrik perakitan mereka berada di Indonesia yang mulai berproduksi pada 2017 lalu. Pabrik ini menelan investasi sebesar US$ 700 juta (sekitar Rp 10,3 triliun), merupakan fasilitas manufaktur patungan luar negeri pertama dan investasi otomotif terbesar dari perusahaan Cina di Indonesia. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi tahunan maksimum 120.000 kendaraan, saat ini memproduksi dan memasarkan tiga model yang dikembangkan berdasarkan best-seller SGMW di Cina, yakni Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Almaz.

Direktur Pemasaran SGMW, Zhou Xing, mengatakan satu dari dua SUV ukuran menengah terlaris yang dijual di Indonesia merupakan produksi Wuling. “Almaz kami adalah saingan terbesar Honda C-RV di Indonesia,” kata Zhou dalam sebuah wawancara menjelang debut logo baru itu.

Baca juga: Catatan 1.000 Hari Wuling Motors di Indonesia, Sukses Lewat Efek Kejut

Logo Baru

Pada kesempatan ini, Wuling juga memperkenalkan logo baru. Secara desain, logo baru lima berlian Wuling masih mengadopsi konsep yang sama. Hanya saja warna logo itu berubah dari merah menjadi silver demikian juga dengan font yang digunakan.

Logo baru berwarna silver sebagai perwujudan citra produk di pasar global yang dapat diandalkan serta memiliki durabilitas yang baik. Logo silver ini juga sebagai langkah baru untuk memperkuat strategi SGMW di pasar otomotif dunia

Dengan demikian, kini Wuling memiliki dua pilihan warna logo. Warna baru itu disebut menjadi identitas Wuling bagi produknya yang dipasarkan secara global, termasuk di Indonesia. Sementara warna merah digunakan untuk kendaraan komsersial dan pasar domestik Tiongkok. Zhou mengatakan sejumlah model lain juga masuk dalam rencana penggunaan logo baru, termasuk sebuah SUV dan sedan.

Baca juga: Kupas Tuntas Transmisi CVT 6-Speed Wuling Cortez

Model Baru

Mobil yang diproduksi ke-22 juta adalah sebuah model baru yang menurut rencana akan dipasarkan secara global. Model baru yang diberi nama Victory ini adalah model pertama yang menggunakan logo baru.

Dari tampilannya, model tersebut diduga kuat merupakan sebuah MPV yang bakal diperkenalkan dalam waktu dekat. Victory bakal memiliki kapasitas tiga baris bangku yang dapat menampung tujuh penumpang. Mobil juga akan menyasar di segmen premium.

Wuling juga akan memasarkan produk barunya ke negara-negara berkembang seperti Amerika Latin, Timur Tengah, Asia Tenggara dan negara lainnya. Sayangnya, Wuling belum memberikan informasi spesifikasi secara detail dari MPV barunya itu.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto