Beranda Updates Rayakan HUT Scuderia Ferrari ke-90, Museum Maranello Gelar Pameran

Rayakan HUT Scuderia Ferrari ke-90, Museum Maranello Gelar Pameran

Foto-Foto: Ferrari

MARANELLO, 12 Juni 2019 – Scuderia Ferrari, tim paling sukses dalam sejarah Formula 1, akan merayakan usianya yang ke-90 tahun ini. Guna menandai peristiwa bersejarah tersebut, museum Ferrari di Maranello merayakannya dengan mengadakan pameran.

Didirikan di Modena pada 16 November 1929 oleh Enzo Ferrari, Scuderia Ferrari telah mencetak kisah-kisah yang tak terlupakan dalam dunia motorsport. Tim ini dimulai dengan menggunakan Alfa Romeo yang dikenal dengan nama Societa Anonima Scuderia Ferrari, lantas tim ini mulai terkenal di kancah Italia dan dunia.

Dengan cepat mereka mempercayakan mobil-mobilnya kepada pebalap terkemuka di zamannya di semua kategori. Termasuk Molle Miglia, acara pertama oleh Scuderia Ferrari tahun 1930, disusul oleh Targa Florio, Trieste-Opicina hillclimb dimana Tazio Nuvolari menorehkan kemenangan pertamanya dengan mobil tersebut serta balap klasik berturut-turut seperti misalnya balap 24 Jam di Le Mans, Daytona, Spa and the Sebrings 12 Hours, dan tentu saja, Formula 1.

Mobil-mobil ini ditampilkan di Pameran 90 Tahun ini antara lain Alfa Romeo 8C 2300 Spider, mobil pertama yang memakai emblem Kuda Jingkrak di Le Mans tahun 1932. Mobil terakhir yaitu SF71H, dengan kursi tunggal dimana Sebastian Vettel dan Kimi Raikonnen membalap di musim kemarin.

Dalam pameran tersebut, lini masa yang memisahkan 2 mobil ini diisi Ferrari 500 F2, dimana Alberto Ascari memenangkan 2 gelar berturut-turut tahiun 1952 dan 1953, dan Ferrari D50 yang dikendarai Juan Manuel Fangio untuk mengambil keempat dari lima gelar dunianya. Ferrari Dino 246 F1 juga ditampilkan sebagai mobil yang membantu Mike Hawthorn mengalahkan Stirling Moss di Kejuaraan Dunia dengan selisih satu poin saja.

Alfa Romeo 8C 2300 Spider

Lalu ada Ferrari 156 F1 yang mengantarkan John Surtees menuju kemenangan – satu satunya yang memenangkan balapan roda dua dan roda empat pada tahun 1963. Selain itu, pada pameran juga terdapat 1975 312 T dengan gearbox revolusioner yang membantu Niki Lauda memenangkan gelar Juara Dunia pertamanya, serta 312 T4 dimana Jody Schecker meraih gelar Drivers’ tahun 1979.

Tak tertinggal yaitu Ferrari F2004, mobil yang mengantarkan Michael Schumacher menang sebanyak 13 kali – termasuk enam kali berturut-turut – dan meraih gelar Juara Dunia tahun 2004. Bergulir ke list terbawah terdapat F2007, yang membawa Kimi Raikonnen merebut gelar Drivers’ kembali ke Maranello setelah balap epik di Brazil, ia menang dengan selisih 1 poin.

Ferrari SF71H

Semua mobil-mobil ini merangkum dan melambangkan mimpi-mimpi Enzo Ferrari, serta komitmen, keteguhan, dan hasrat inovasi dari tim tersukses sedunia dalam sejarah Formula 1. Pencapaian 31 gelar Drivers’ (15 Drivers’ dan 16 Constructors’) ini tak tertandingi yang terus dipertahankan oleh tim Maranello yang berupaya menghormati setiap musim dengan hasrat yang sama dengan 90 tahun yang lalu.

Gelaran tersebut juga merupakan apresiasi terhadap kemenangan Ferrari dalam kejuaraan balap. 166 MM dalam pagelaran tersebut misalnya menjadi ajang dimana Ferrari untuk pertama kalinya memenangkan titel Le Mans 24 Hours pertamanya 70 tahun silam, yang kemudian diikuti oleh Spa 24 Hours dan Mille Miglia. Sementara itu, 275 P mendominasi Sebring 12 Hours sebelum kemudian memenangkan Nurburing 1000km dan Le Mans 24 Hours.

Pameran “90 Tahun” ini akan berjalan hingga Mei 2020. Berikut galeri fotonya:

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza