Ratusan Koleksi Petersen Automotive Museum Bisa Dinikmati Virtual, Klik Linknya Di Sini

LOS ANGELES, carvaganza – Sekarang ini jamannya virtual dan digital. Dunia berada dalam genggaman tangan. Tinggal klik, kita bisa melihat suasana ribuan kilometer jauhnya dari tempat kita duduk. Dan berkat perkembangan teknologi informasi digital ini, car enthusiast bisa menikmati surga dunia baru.

Museum mobil terkenal, Petersen Automotive Museum, sudah bisa dinikmati secara virtual. Lebih dari 200 mobil klasik, vintage dan unik bisa dilihat dari layar smartphone. Kehadiran teknologi ini melengkapi tontonan museum yang sudah ada di channel YouTube. Tak perlu lagi datang jauh-jauh ke LA, Amrik.

Memang tak ada yang bisa mengalahkan experience langsung di tempat. Kita bisa mencium bau kulit joknya atau menyentuh bagian lampu depan. Tapi, kalau kita belum punya duit cukup untuk terbang ke sana, pemandangan virtual bisa menjadi obat mujarab.  Apalagi sekarang lagi musim pandemic COVID-19, bisa menambal waktu kita kalau WFH.

Simak: Ini link tur virtual Petersen Automotive Museum



Bagian apa saja yang bisa dilihat? Semuanya, dari mulai lantai pertama sampai bagian The Vault (kubah). Tinggal klik linknya,  Anda langsung masuk ke channel Youtube. Langsung dipandu oleh Deputy Director Petersen Automotive Museum Michael Bodell selama lebih dari dua jam. Waktu yang tidak sedikit. Kita bisa menikmatinya semua koleksi di semua lantai yang ada.

Sebelum bulan Maret 2020, museum Petersen buka setiap hari kecuali Hari Natal dan Thanksgiving Day. Sempat dibuka lagi sebentar dan akhirnya ditutup lagi per 2 Juli lalu karena pandemi COVID-19. Kesempatan di channel Youtube ini adalah untuk pertama kalinya publik mendapatkan tur melihat-lihat seluruh koleksi yang dimiliki Petersen Museum.

Dalam kondisi normal, harga tiket masuk museum US$ 16 untuk satu orang dewasa, US$ 11 untuk anak-anak dan US$ 14 untuk orang berusia lanjut. Untuk tur The Vault, harganya terpisah. Jadi, betapa murah hatinya Petersen mau repot-repot membuatkan video tur virtual museumnya buat para pecinta mobil di seluruh penjuru dunia. Bayangkan lebih dari 200 mobil koleksi istimewa di muka bumi bisa ditonton gratis.

Koleksi James Hetfield, vokalis Metallica


Waktu saya bikin tulisan ini, banyak terpotong-potong oleh keasikan saya menonton video yang berdurasi panjang tersebut. Makanya tulisan ini lebih lama jadi dibanding tulisan saya yang lain. Siapa yang enggak ngeces melihat mobil-mobil istimewa, termasuk belasan koleksi teranyar museum;  Supercars, Extreme Conditions, Reclaimed Rust, and Redefining Performance. Hebatnya, Bodell bisa menjelaskan hampir setiap mobil secara detail. Pengetahuannya tentang mobil harus diacungi jempol.

Sambil ngopi atau ngeteh di teras rumah, kita menikmati Lamborghini Murcielago milik Youtuber Freddy ‘Tavarish’ Hernandez yang dipakai dalam film The Fate of the Furious. Atau Porsche 959 super langka milik Bruce Canepa, Ferrari merah ikonik yang dipakai dalam film Magnum P.I maupun Pantera 1971 milik Elvis Presley.

Bodell menceritakan bagaimana Elvis bertengkar dengan istrinya waktu itu karena ingin jalan-jalan dengan mobil tersebut untuk menenangkan diri. Gara-gara Pantera tidak mau nyala, Elvis mencabut Revolver, kemudian menembak mobilnya tiga kali.



Baca juga: Mobil-Mobil Keren Para Rocker Dunia

Bodell dengan lancar juga menceritakan soal Greased Lightning yang dipakai dalam film musical Grease tahun 1977. Ia juga menceritakan Ford 1932 yang pernah dipakai oleh vokalis grup rock terkenal, Van Halen, saat membuat video “Hot for Teacher.” Dengar juga kisah Land Speeder dari film Star Wars: A New Hope.

Yang sangat menarik lagi adalah 9 mobil custom favorit James Hetfield yang dituangkan dalam buku eksklusifnya Reclaimed Rust. Mobil kustom koleksi vokalis Metallica itu sudah bisa ditonton oleh publik per 1 Februari lalu. Tak lama kemudian, museum ditutup karena COVD-19. Menurut Bodell dalam videonya, koleksi itu adalah salah satu koleksi customer paling spektakuler yang pernah dia lihat.

James meminjamkam mobil kustom yang banyak meraih penghargaan itu kepada Petersen. Dipuji oleh pengamat kustom sebagai mobil yang sarat dengan karya seni.



Sumber: caranddriver.com dan thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda