Perhatikan Hal Ini Sebelum Pakai Mobil Berlibur  Long Weekend Imlek

JAKARTA, Carvaganza – Hari Raya Tahun Baru Imlek 2021 akan berlangsung pada hari Jumat pekan ini, memberikan masa long weekend untuk masyarakat Indonesia. Peluang ini tidak jarang membuat masyarakat memanfaatkannya untuk berlibur keluar kota. Tapi alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan berlibur melakukan inspeksi kendaraan agar kondisi selalu prima.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sekarang, kondisi kendaraan tetap tidak kalah penting untuk diperhatikan. Dengan begitu selama perjalanan kita semua tetap bisa merasa nyaman dan tenang, serta terhindar dari penyakit. Menyambut long weekend Tahun Baru Imlek, Auto2000 membagikan beberapa tips sederhana tapi penting sebagai persiapan melakukan perjalanan berlibur. Yuk kita simak!

1. Periksa Ban

Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari kendaraan yang kita pakai, terutama berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan. Apalagi saat ini cuaca cenderung sering berubah seiring tingginya curah hujan di awal tahun. Kondisi ini memunculkan adanya risiko melewati jalan banjir dan potensi aquaplaning ketika melaju di jalan tol. Makanya, pastikan ban mobil dalam kondisi prima tanpa celah masalah, termasuk ban cadangan yang kerap terlupakan.

2. Cek Kondisi Mesin

Pastikan mesin mobil dalam kondisi prima saat dipakai liburan Imlek. Seperti memeriksa kekencangan kabel busi dan kabel aki untuk memastikannya tidak bermasalah. Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk ketika melalui genangan air. Cek standar ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Sekaligus, periksa cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Tips Mengemudi

3. Jaga Kinerja Rem

Performa rem mobil akan menurun ketika mobil melewati jalan basah karena hujan. Di lain sisi, mobil membawa muatan penuh dan menempuh perjalanan jauh. Oleh karenanya, pastikan rem tidak bermasalah, paling tidak dengan memastikan minyak rem di dalam tabung tidak berkurang dan dilanjutkan pemeriksaan ringan pada piringan, teromol, kampas, dan saluran minyak rem beserta sambungannya guna memastikan tidak ada kebocoran.

4. Pastikan Lampu, AC, dan Perlengkapan Pendukung Lainnya

Periksa dulu lampu penerangan mobil berfungsi dengan baik, seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabut, dan lampu rem. Berkendara dalam kondisi hujan deras atau perjalanan di malam hari dengan daya pandang terbatas membutuhkan lampu yang optimal, khususnya di jalan tol. Selain itu yang tidak kalah penting adalah sistem pendingin ruang. AC yang bekerja tanpa kendala memastikan seluruh penumpang merasa nyaman dan membantu visibilitas di tengah hujan deras.

Jangan pernah lupakan perangkat pendukung perjalanan yang tidak kalah penting. Seperti dongkrak dan perlengkapan darurat, kartu etoll dengan saldo yang memadai, perlengkapan menghadapi hujan seperti payung, obat-obatan, dan yang terutama adalah masker, hand sanitizer, dan perlengkapan pencegah penularan virus COVID-19 lainnya.

Auto2000 dealer

5. Manfaatkan Promo Spesial Imlek

Auto2000 ikut aktif menawarkan program khusus demi menjamin kenyamanan pengguna Toyota menikmati masa liburan, lewat Promo Chinese New Year 2021 – Pasti Hoki. da 3 opsi paket promo yang bisa dimanfaatkan. Pertama adalah Paket Ganti Oli berupa gratis 1 liter oli Toyota Motor Oil (TMO). Pilihan kedua adalah Paket Servis Rem berupa diskon jasa servis rem hingga 45%. Terakhir adalah Paket Tune Up dalam bentuk diskon jasa hingga 50% untuk paket tune-up.

Konsumen dapat memanfaatkan keuntungan promo ini dengan melakukan booking service di Auto2000 Digiroom dan memasukkan kode promo sesuai paket yang dipilih ketika menyelesaikan transaksi. Berlaku sampai dengan 28 Februari 2021, tidak ada batasan tahun pembelian mobil dan pembelian dari dealer manapun akan dilayani oleh petugas Auto2000. Syarat dan ketentuan berlaku untuk promo ini. WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda