Ford Model T Tahun 1926 Disulap Jadi Mobil Salju

JAKARTA, Carvaganza - Modifikasi yang dilakukan pada mobil ini memang enggak cocok di Indonesia. Cuma cocok di negara-negara dengan empat musim, terutama yang menikmati musim salju. Kalau di Indonesia mau dipakai dimana?

Tapi jangan dilihat fungsionalnya, lihat keunikan modifikasinya dan juga mobil yang menjadi korban modif. Yaitu mobil Ford Model T tahun 1926 yang dibuat menjadi mobil salju. Hebatnya lagi modif mobil tersebut sudah dilakukan sejak 94 tahun lalu.

Orang yang pertama kali memodif kendaraan salju Ford Model T 1926 ini adalah Virgil T. White, inventor dan juga pemilik dealer resmi Ford. Legendary Motorcar Company menuliskan bahwa White membuat mobil itu dikarenakan ia tinggal di West Ossipee, New Hampshire, Amerika Serikat yang kalau musim dingin cuacanya sangat dingin sehingga saljunya sangat tebal. Ia mematenkan aksesoris mobil salju untuk Model T tahun 1913.

Aksesori itu kemudian dijual kepada umum seharga US$ 400 pada musim dingin 1922. Tapi kalau Anda membeli Model T sudah dalam bentuk mobil salju jadi dari White, dibanderol sebesar US$ 750.

Ford Model T Snowmobile 1926

Aksesori untuk mobil ini pada jamannya terbilang langka meskipun dibuat oleh beberapa builder. White sendiri hanya membuat 70 unit mobil salju di West Ossipee tahun 1923 lalu. Pada tahun 1925, Ia menjual hak produksinya kepada Farm Specialty Manufacturing Company yang berkantor di Wisconsin.

Pada akhir 1920-an, Farm Specialty Manufacturing Company membeli hak paten Snowmobile Company milik White dan mengambil alih operasional pabriknya di West Ossipee. Dari dua pabrik yang berlokasi di West Ossipee dan satunya lagi di St. Paul, Minnesota, hanya dibuat 3.300 unit mobil per tahun.

Pada tahun 1929, Snowmobile Company tutup. Tak lama setelah ditutup, pabriknya terbakar. Semuanya ludes, termasuk stok snowmobile yang masih terdapat di dalamnya. Saking hebat kebakaranya, tak ada yang tersisa, termasuk nampan di kafetaria habis.

Ford Model T Snowmobile 1926

Aksesori ini umumnya dibeli oleh kantor pos, mobil angkut dan dokter di daerah pedesaan. Dipakai untuk berani menembus udara beku dan ketebalan salju yang cukup ekstrim. Paket aksesori yang dijual sangat lengkap sesuai kebutuhan mobil salju . Termasuk di antaranya papan ski yang terbuat dari baja dan kayu di bagian depan agar mobil bisa meluncur di permukaan es yang licin dan ditambah driveshaft truk. Terdapat pula shaft tambahan di belakang sehingga bisa berbagi beban rantai dengan shaft belakang lainnya.

Mobil salju Model T Touring yang terdapat dalam foto artikel ini berkapasits 5 penumpang. Memakai mesin 4 silinder segaris 2.9 liter bertenaga 177 hp. Ford Model T Snowmobile 1926 sekarang dijual dengan harga US$ 59.900 dan bisa dibeli di Legendary Motorcar Company. Menurut penjual, mobil sudah dilakukan restorasi mekanik tahun 2014 lalu dan bahkan mereka punya rekaman video unjuk kemampuan mobil. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: hargerty.com & thedrive.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda