Penjualan Kendaraan Nasional Turun Bulan April, Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Terlaris

Daihatsu Xenia

JAKARTA, Carvaganza – Penerapan relaksasi PPnBM DTP oleh pemerintah yang berlaku hingga April 2022 memberikan dampak positif bagi penjualan kendaraan secara nasional. Tercatat penjualan ritel kendaraan secara nasional hingga April 2022  meningkat 24 persen atau sekitar 320 ribu unit dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021 lalu.

Meskipun secara bulanan, penjualan kendaraan nasional mengalami penurunan sekitar 9 persen dengan penjualan ritel 81 ribu unit, jika dibandingkan pada penjualan Maret yang mencapai 89 ribu unit.

Meski demikian, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap berhasil mempertahankan posisi kedua penjualan kendaraan secara nasional dengan total raihan mencapai 61 ribu unit pada April 2022. Angka tersebut tetap mengalami kenaikan sekitar 41 persen jika dibandingkan dengan pencapaian penjualan Daihatsu pada periode yang sama di April 2021. Sementara itu, Daihatsu juga mengalami kenaikan sekitar 2,4 persen market share menjadi 19,5 persen per April 2022 dengan perbandingan April 2021 sebesar 17,1 persen. ADM mengklaim bahwa pencapaian yang ditorehkan ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan brand lainnya.

Pabrik Daihatsu

Dilihat dari sisi model yang terlaris dari penjualan ADM masih diisi oleh segmen LCGC yakni Ayla dan Sigra, yang menempati posisi pertama dan kedua. Menurut catatan ADM, terdapat kenaikan sekitar 13 persen pada model Ayla yang terjual 5.428 unit jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencapai 4.811 unit. Sementara itu Daihatsu Xenia dan New Terios juga mengalami kenaikan yang menempati posisi keempat dan kelima model terlaris di Indonesia.

Baca Juga: Ratusan Pebulutangkis Dunia Siap Riuhkan Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2022

Lebih lanjut, isu penurunan penjualan pada April 2022 terjadi karena terdapat sejumlah faktor mulai dari kebijakan kenaikan suku bunga, isu geopolitik, hingga kenaikan harga bahan baku yang berdampak pada kenaikan biaya di berbagai aspek. Meski demikian, pihak ADM memastikan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu tersebut kendaraan Daihatsu tidak akan mengalami kenaikan harga jual dalam waktu dekat. Bahkan Daihatsu Indonesia juga tetap memproduksi kendaraan dengan skema yang normal yakni 2 shift tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas unit.

Daihatsu Sigra

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga April 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, serta pelanggan juga dapat melakukan pembelian mobil Daihatsu di saat yang tepat seperti saat ini,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Hendrayadi juga menambahkan terdapat faktor lain salah satunya ialah penurunan daya beli pada bulan April karena bertepatan dengan momen Lebaran. “Sejumlah orang pada Lebaran tahun ini mungkin lebih mengutamakan kebutuhannya untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Apalagi setelah dua tahun tidak mudik pastinya momen ini akan dimanfaatkan untuk membeli keperluan dan menahan membeli kendaraan meskipun sudah dipersiapkan sebelumnya,” tutup Hendrayadi. 
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Selama Mudik 2022, Bengkel Siaga Daihatsu Dikunjungi Lebih 12 Ribu Pemudik

Mobil Daihatsu Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature