Beranda Updates Honda Klaim Penjualan Brio Tertinggi di Indonesia Pada Februari

Honda Klaim Penjualan Brio Tertinggi di Indonesia Pada Februari

Honda Brio Satya

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tengah pasar yang belum stabil dan yang terkini hantaman pendemi virus corona, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumuman pencapaian apik. Honda menyebut penjualan Honda Brio pada Februari 2020 lalu menjadi yang tertinggi di antara semua mobil yang dijual di Indonesia. Total model ini terjual sebanyak 6.085 unit.

Menilik kalimat yang disampaikan Honda sepertinya angka penjualan Brio di atas Toyota Avanza yang selama ini selalu menjadi mobil terlaris. Sayangnya, belum ada data resmi Gaikindo atau Toyota yang bisa dijadikan pembanding.

Honda mengumumkan bahwa penjualan Brio disumbangkan varian Satya yang menjadi model terpopuler, dengan penjualan 4.701 unit. Angak ini mengalami peningkatan dibanding Januari. Kenaikan juga dicatat varian RS yang menyumbang 1.384 unit.

Hasil ini menjadikan kedua varian dari Honda Brio sebagai market leader di kelasnya masing-masing. Sepanjang Januari hingga Februari 2020, Honda Brio Satya meraih pangsa pasar 27% di kelas LCGC, dengan total penjualan 9.048 unit. Sementara Honda Brio RS menguasai kelas City Car dengan pangsa pasar mencapai 63%, dengan total penjualan 2.682 unit.

Baca juga: Honda City 2020 Segera Diluncurkan, Indonesia Kapan?

Honda Brio RS

Kondisi Tidak Stabil

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengakui jika kondisi pasar di awal tahun tidak stabil. Namun setidaknya dalam dua bulan ini, penjualan Brio cukup baik bagi Honda.

Secara total, Honda Brio telah meraih penjualan 11.730 unit sepanjang dua bulan pertama tahun 2020. Jumlah tersebut meningkat sebesar 13% dibandingkan penjualan Honda Brio pada periode yang sama pada tahun 2019.

“Penjualan Brio menjadi pendorong positif kinerja Honda di tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini. Kami terus melakukan monitoring dari hari ke hari untuk menanggapi kondisi pasar terkini. Guna memastikan permintaan konsumen terhadap produk-produk Honda, termasuk Brio agar tetap terpenuhi,” kata Yusak Billy dalam keterangan resminya (17/3/2020).

Baca juga: Pasar Februari Lesu, Penjualan Honda di Luar Jawa Meningkat

Honda HR-V

Model Lain

Di segmen lain juga terbilang baik. Honda HR-V masih berada di posisi kedua dengan angka 1.894 unit untuk tipe 1.5L. Untuk varian 1.8L harus puas hanya 180 unit. Minat konsumen terhadap SUV itu masih lumayan besar mengingat pesaingnya terus bertambah.

Di posisi ketiga ada Mobilio, walau data penjualan menurun yaitu sebanyak 1.151 unit. Performa sama diikuti Jazz. Hatchback yang di Jepang sudah mendapatkan generasi baru itu harus puas dengan 893 unit. Diikuti BR-V sebanyak 428 unit, Civic hatchback 141 unit, Civic sedan 45 unit, City 27 unit dan Accord 19 unit.

SUV medium CR-V justru mengalami kenaikan. Dua opsi mesin, 2.0L dan 1.5L Turbo, mampu memikat pelanggan. Memang kenaikannya tipis hanya 61 unit dari Januari, atau tepatnya terjual 1.051 unit. Sementara high MPV, Odyssey cuma terjual 4 unit. Model paling mahal, Civic Type R, tak ada penjualan pada Februari.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto