New Toyota Yaris Meluncur, Punya Wajah dan Fitur Baru

JAKARTA, Carvaganza.com – Rangkaian produk baru dari Toyota untuk pasar Indonesia terus berdatangan tahun ini. Setelah New Hilux pada bulan lalu, kini gilitan New Yaris meluncur di Tanah Air. Rangkaian penyegaran dibawa oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) lewat New Yaris, yang meluncur hari Selasa (8/9/2020).

Ubahan dan penyegaran utama yang disajikan New Yaris hadir pada penampilannya yang lebih sporty. Dipasarkan mulai dengan Rp 263 juta, New Yaris punya tampang seperti versi Jepang dan Eropa. Bisa dilihat dari tarikan garis grille dan intake depan. Gaya desain baru menggantikan desain sebelumnya yang banyak dijuluki sebagai Yaris ‘Joker’. Toyota juga menambahkan rangkaian fitur pendukung pada Yaris.

“Yaris merupakan sebuah hatchback kompak yang memiliki DNA kepraktisan baik. Mesin bertenaga dan handling stabil. Seiring berjalannya waktu. Terjadi perubahan tren kebutuhan pelanggan yang menginginkan Yaris lebih stylish, youthful nan lincah. Untuk itu, konsep ubahan pada New Yaris kali ini adalah melengkapi serta menguatkan DNA. Yakni dengan nilai tambah berupa kelincahan sebagai hasil dari radius putar lebih pendek. Serta desain eksterior bergaya,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra Motor, dalam keterangan resmi (8/9).

Baca juga: FEATURE - Evolusi Toyota Yaris, 21 Tahun dengan Sejuta Rasa



Kalau mengacu pada bocoran brosur di Instagram, memang sama dari model resmi pabrikan. Toyota hanya mengubah grille dan intake depan. Sehingga apron terlihat berbeda. Grille depan bergaya trapesium lebar, dengan model jaring agar terlihat lebih segar. Lampu utama kini berteknologi LED dengan tatanan rumah lampu lebih menyipit. Posisi DRL pun ikut berpindah tempat ke dalam lampu utama, mengikuti gaya lini produk Toyota teranyar. Bentuk fog lamp masih bulat cenderung menyiku ke atas, sudah berteknologi LED juga.

Di belakang, komposisi tak banyak berubah. Lampu Yaris hatchback facelift mengikuti gaya sedan atau Vios. Lampu rem atau stop lamp di buritan menggunakan teknologi LED. Velg juga masih pakai gaya sama, dual tone berdiameter 16 inci. Namun Toyota mengklaim, radius putarnya kini lebih kompak menjadi 5,1 meter demi kepraktisan parkir kendaraan.

Fitur Relatif Sama
Menengok kabin, New Yaris memiliki MID 4,2 inci, enam speaker, keyless entry dan tombol engine start-stop. Paddle-shift tetap tersedia pada setir pada varian TRD. Sayang tata layout dashboard tidak dirombak. Bagian kontrol AC pada varian atas serbadigital, sementara head unit baru menyediakan koneksi ke smartphone. Tersisip kamera belakang untuk memudahkan parkir, hanya tersedia di Yaris TRD.

Sistem pengereman Yaris TRD andalkan cakram (disc brake) di semua roda. Tapi tipe G masih pakai drum (tromol) di belakang. Lantas penghenti laju masih didukung oleh Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan BA (Brake Assist). Tak ketinggalan turut dipasang Hill Launch Assist. Sayang, mereka tak membekali Toyota Safety Sense seperti versi di Thailand.

Baca juga: VIDEO Toyota Yaris Versi Crossover Meluncur, Ini Kelebihannya



Baca juga: Modifikasi Toyota Yaris Bergaya Stance dari Taiwan

New Yaris 2020 tetap memakai jantung pacu 1,5 liter Dual VVT-i 4 silinder. Mesin yang sanggup meyemburkan daya 105 hp di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Sebagai penyalur daya itu, dipercaya gearbox tipe CVT 7-speed. Mesin berbeda dengan versi Thailand, yaitu memakai unit 3NR-FKE DOHC Dual VVT-iE 1,2-liter naturally aspirated. Rasio kompresi ruang bakar 13,5:1 tergolong tinggi. Lazimnya kendaraan sejenis di kisaran 11:1. Mesin non-turbo itu hanya menyemburkan torsi 109 Nm serta tenaga 90 hp. Resultan dikawinkan transmisi super CVT-i ke roda depan. Klaim konsumsi bensin mencapai 23,3 km/liter.

Deal Cermat
Guna mendukung penjualan, Toyota memberikan kemudahan pada calon pemilik New Yaris melalui program Deal Cermat. Layanan ini merupakan hasil kerja sama Toyota Astra Finance (TAF) dan Astra Credit Company (ACC). Banyak ragam promo dan cicilan ringan sesuai kebutuhan konsumen. Atau bisa pilih pemakaian via KINTO. Anda dapat menggunakan mobil baru dengan cara berlangganan.

Daftar lengkap harga New Toyota Yaris (OTR Jakarta):
Yaris G M/T 3 AB Rp 263.400.000
Yaris  G M/T 7 AB Rp 268.400.000
Yaris  G CVT 3 AB Rp 274.200.000
Yaris  G CVT 7 AB Rp 279.200.000
Yaris  TRD M/T 3 AB Rp 284.800.000
Yaris  TRD M/T 7 AB Rp 289.800.000
Yaris  TRD CVT 3 AB Rp 296.400.000
Yaris  TRD CVT 7 AB Rp 301.400.000



ANJAR LEKSANA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda