Beranda Modification Modifikasi Toyota Yaris Bergaya Stance dari Taiwan

Modifikasi Toyota Yaris Bergaya Stance dari Taiwan

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak referensi membuat kadang membingungkan. Tapi akhirnya keputusan diambil; gaya stance. Tengok saja ubahan yang dilakukan Lan Guanzhe terhadap Toyota Yaris miliknya. Hatchback besutan 2014 itu ditransformasi sesuai keinginan setelah melalui pemikiran panjang.

Rocket Bunny menjadi referensi modifikasinya. Guanzhe yang diwawancarai OTO mengaku banyak mengganti komponen mobilnya. Proses modifikasi hingga jadi seperti sekarang membutuhkan waktu cukup panjang. Selain ide desain yang terus berubah, tapi juga faktor biaya. Untuk mendapatkan tampilan seperti sekarang, ia menghabiskan dana NT$ 450.000 atau Rp 222 jutaan.

Selain menggunakan komponen plug&play, ia tapi juga banyak menggunakan part yang dibuat sendiri. Ya, sebelum memodifikasi, pria asal Taiwan ini mendesain rupa Yaris stance lewat aplikasi grafis. Tak sebentar pula prosesnya, karena ingin mendapatkan komposisi yang tepat.

Konsep stance membutuhkan bodi lebar, karena mengakomodasi kaki-kaki yang direndahkan dan tampil lebih apik. Guanze kemudian memasang wide body-kit buatan tangan. Garis sambungan antara aksesoris dengan bodi diperjelas, berkat aksen baut-baut. ”Butuh 6 bulan untuk bodinya. Desain dulu, baru dibawa ke bengkel modifikasi. Semua dibuat pakai tangan, agar sesuai dengan desain,” terangnya lewat pesan singkat.

Hasil body-kit terlihat cukup apik. Paduannya dengan pelek Work M1R dengan desain palang agresif. Lebar depan 9 inci dengan offset -10, sedangkan belakang 10 inci dan ET -14. Setelan offset segitu membuat ceruk besar, bak mangkok. Tujuannya agar pelek dapat dipasangkan ke kaki-kaki, tapi tepiannya tetap sejajar dengan fender. Ini masih dibalut ban 215/35. Tipis memang, karena menonjolkan bingkai roda yang bertabur kromium.

Baca juga: Modifikasi Mercedes-Benz Vito ala Lombardi Cegah Penularan Corona

Wajah Agresif

Dari sisi wajah depan, Yaris kreasinya makin agresif dan sporty. Air dam pada bumper tampak pas bersama grille trapesium Yaris. Rumah foglamp tak diselipkan lampu, tapi jadi penyalur udara ke ruang ban, sehingga mempercepat pendinginan rem. Guenzhe tak melupakan penerangan utama. Memanfaatkan komponen aftermarket yang lebih garang. Ditambah permainan warna cahayanya yang tidak cuma putih. Untuk menyempurnakan, kelir candy orange disepuhkan ke seluruh bodi, kecuali spoiler belakang dan pilar.

“Saya sering bereksperimen dengan cat bodi. Awalnya oranye, kemudian sempat berganti menjadi hijau. Sekarang oranye permen yang lebih terang,” ungkapnya.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Jimny, Rally Look ala Anak Medan

Suspensi

Suspensi pabrikan ditukar dengan produk dari Airforce dibuat untuk mendapatkan tampilan ceper khas stance. Peredam getaran yang bisa disetel ketinggiannya berkat hidrolik udara, tak hanya mendukung tampilan, tapi juga fungsionalitas. Mengingat ini turut dijadikan tunggangan hariannya. “Jalanan di Taiwan cukup parah, banyak lubang besar. Makanya memilih air suspension,” jelasnya.

Performa tak lupa diotak-atik. Namun bukan jantung mekanis, melainkan sistem pembuangan gas. Dual exhaust yang menempel di diffuser berwarna kontras bodi, mempermanis buritan. Sayangnya, tak disebutkan Guanzhe seberapa besar peningkatan performanya. Area kabin juga dibiarkan apa adanya. Bukan tak ingin memodifikasi, tapi lagi-lagi keterbatasan dana.

Baca juga OTO: Gaya Stance Toyota Yaris asal Taiwan ini Pantas jadi Inspirasi

 

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...