Mercedes-Benz C-Class Terbaru Berbalut Kamuflase Tertangkap Kamera Sedang Duji

JAKARTA, Carvaganza.com - Generasi terbaru Mercedes-Benz C-Class rencananya baru akan mulai dipasarkan pada 2021 mendatang. Mobil ujinya tertangkap kamera memakai kamuflase baru-baru ini. Tersingkap sedan terlaris Mercedes-Benz ini memiliki desain yang tak jauh dari flagship sedan S-Class. Tentunya dengan dimensi yang lebih kecil.

Kemungkinan mobil ini akan memakai kode bodi W206. Walaupun kalau dilihat sekilas dari bodinya yang tak tertutup kamuflase, wujudnya tak begitu berbeda dari generasi sebelumnya. Makanya tak salah kalau Anda asumsi ini paling hanya versi penyegaran aja dari model yang ada saat ini.

Padahal generasi terbaru ini akan berdiri di atas platform generasi sebelumnya yang sudah disempurnakan. Mobil ini menggunakan kap mesin yang lebih landai dan memakai grille depan terbaru yang juga dipakai oleh Mercedes-Benz S-Class dan E-Class facelift.

Photo by: BERNARD M. HÖHNE/BRIAN WILLIAMSCAR AND DRIVER


Bagian belakangnya terlihat lebih ramping dan modern karena desain lampu belakangnya sudah pakai model teardrop. Katanya C-Class baru akan menyediakan kapasitas bagasi yang lebih besar dari sebelumnya. Sulit menebaknya kalau melihat dari foto colongan ini sih memang, tapi kalau benar kayaknya mobil ini akan punya dimensi yang lebih panjang beberapa inci.

Pilihan mesinnya kemungkinan tak berbeda dari yang dipakai C-Class sekarang. Tersedia mesin 1,5 liter 4-silinder yang bertenaga 156 hp untuk C 180 Avantgarde. Walaupun mesinnya kecil, namun performanya mampu melesatkan mobil ini dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam 7,7 detik saja. Sudah begitu mobil ini masih dapat melaju hingga kecepatan maksimum 239 km/jam. Di atasnya tersedia varian C 200 Avantgarde bermesin 2,0 liter bertenaga 204 hp.

Mesin 2,0 liter yang bertenaga 258 hp juga tetap akan tersedia untuk varian atasnya. Mercedes-Benz C 300 AMG Line diklaim memiliki catatan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,9 detik. Kecepatan maksimumnya 250 km/jam. Mesinnya menyalurkan tenaga ke kedua roda belakang lewat transmisi otomatis 9G-Tronic.

Kalau masih kurang, ada pilihan mesin V8 berkapasitas 4,0 liter yang bertenaga 470 hp. Hasilnya, Mercedes-AMG C63 bisa melesat 0-100 km/jam dalam 4,1 detik saja dengan kecepatan maksimal 250 km.jam. Belum ada keterangan resmi dari Mercedes-Benz sejauh ini mengenai adanya peningkatan performa mesin untuk C-Class generasi mendatang.

Photo by: Photo by: BERNARD M. HÖHNE/BRIAN WILLIAMSCAR AND DRIVER


Perubahan paling besar dari saloon ini ada di bagian kabinnya. Sama halnya dengan S-Class, sepertinya mobil ini akan mengadopsi lingkar kemudi baru dengan panel instrumen digital. Jangan kaget juga kalau nantinya kita akan menemukan sistem multimedia layar sentuh berukuran 12,8-inci milik Mercedes-Benz S-Class di dalam mobi ini.

Melihat wujud mobil purwarupa yang sedang diuji dengan balutan kamuflase minim, besar kemungkinan mobil ini sudah dalam tahap akhir pengujian. Artinya penampilannya secara global tak akan lama lagi. Pun demikian dengan bentuknya yang tak akan jauh-jauh dari versi ujicobanya ini.

Lantas bagaimana dengan harganya? Pasti ada kenaikan harga. Melihat harganya saat ini, Mercedes-Benz C-Class dijual mulai Rp 759 juta off the road Jakarta. Sedangkan varian C 300 AMG Line dijual Rp 1 miliar off the road Jakarta. Selain bentuk saloon, nantinya C-Class juga besar kemungkinan kembali ditawarkan dalam pilihan 2-pintu (coupe) dan cabriolet atau atap terbuka.

Penampilan Mercedes-Benz C-Class generasi terbaru yang sedang diuji ini bukanlah kali pertama ia tertangkap kamera. Sebelumnya mobil ini juga pernah terlihat sedang diuji di Sirkuit Nurburgring. Kalau Anda penasaran, kami punya videonya untuk Anda.
RIZKI SATRIA



Sumber: Car and Driver

Artikel yang direkomendasikan untuk anda