Beranda Features Menilik Peugeot 3008, Dari Muka Berang-Berang Sampai Macho

Menilik Peugeot 3008, Dari Muka Berang-Berang Sampai Macho

JAKARTA, Carvaganza.com – Peugeot 3008 akan mendapatkan facelift dan bakal diluncurkan kepada publik pada 1 September mendatang. Di Indonesia sendiri, kendaraan ini sudah dikenal sejak tahun 2010 dengan platform crossover yang mengombinasikan antara hatchback dengan MPV.

Sebelum tampil All New dengan tampilan yang lebih kokoh dan menonjolkan sisi maskulin, crossover ini sudah melewati ragam perubahan. Hingga menjadi tampilannya seperti sekarang ini.

Peugeot 3008 2009 – 2013
Pertama kali diperkenalkan kepada publik di Paris Auto Show 2008. Setelah itu resmi diluncurkan pada Mei 2009 dengan sejumlah perubahan desain minor. Dari sisi segmen pasar, Ia merupakan crossover yang berada di antara Peugeot 308 dan 4007 sebagai urban SUV yang juga menyasar market MPV.

Baca juga: Peugeot 3008 Mendapat Facelift, Dirilis 1 September Depan

Berkat pengendaraannya yang nyaman dan sangat efisien bahan bakar, Peugeot berkapasitas 5 penumpang ini langsung populer di Kawasan Eropa. Apalagi untuk versi dieselnya. Nah, banyak orang yang menyebut versi tahun 2009 sampai 2016 itu versi muka berang-berang.

Konsumen waktu itu sangat tertarik dengan teknologi girboks sekuensial 6-percepatan  terbaru yang dikembangkan PSA. Begitu juga dengan engine diesel HDI FAP yang memenuhi standar emisi Euro 5.

Memang tidak memiliki varian 4WD. Tapi pabrikan melengkapi mobil dengan teknologi yang diberi nama Grip Control, yang sangat fungsional di permukaan jalan bersalju atau lumpur. Berkapasitas 5 penumpang dengan bagasi lega karena jok belakang bisa dilipat. Dengan mesin 1.6 liter, konsumsi BBM 20 km/liter klaim pabrikan di Eropa, membuatnya sebagai mesin 1.6 liter paling efisien saat itu.

Pilihan mesin yang tersedia adalah bensin turbo 1.6 liter, diesel turbo 1.6 liter dan 2.0 liter dan hybrid 2.0 liter dengan transmisi 6 percepatan manual maupun otomatis.

Baca juga: Ini Fitur Cerdas Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus

Baca juga: Peugeot 3008 SUV Allure Plus Tawarkan Warna Baru Aster Grey

Peugeot 3008 2013 – 2016
Pada tahun 2013, Peugeot sebetulnya sudah tahu dengan jernih bahwa pasar dunia, terutama Eropa, akan banyak menyerap SUV. Trend sudah terbaca ke sana, tapi Peugeot belum siap. Makanya, Peugeot 3008 model tahun 2013 hanya mendapatkan facelift saja. Pasalnya pada kurun 2008 – 2010, dunia masih dililit krisis finansial sehingga pasar Eropa saat itu belum bisa membaca arah market mobil akan kemana.

Jadi pada 2009, Peugeot membangun 3008 yang mengombinasikan taste antara MPV, hatchback dan SUV. Kendaraan ini akan memenuhi kebutuhan keluarga di Eropa yang membutuhkan kendaraan harian atau untuk perjalanan jarak jauh.

Versi tahun 2013 mobil yang dibangun di atas platform EMP2 ini, hanya mendapat sedikit polesan. Seperti desain lamp baru, bumper bar dan lampu belakang LED. Interior mendapat peningkatan kualitas. Koneksi Bluetooth jadi standar di semua varian plus head-up display. Untuk varian tertinggi mendapat penambahan rear back-up camera. Legroom dan headroom dibuat menjadi lebih lega.

Terdapat 2 pilihan mesin bensin turbo, 4 pilihan mesin diesel dan satu Hybrid4. Untuk Hybrid sudah dilengkapi pilihan 4WD.

Baca juga: First Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: Nyaman Bak Sedan

Peugeot 3008 20016 – Sekarang
Mulai tahun 2016, Peugeot 3008 mendapat perombakan besar. Tampilannya sangat berbeda dengan sebelumnya. Lebih segar, modern, mesin lebih baik dan dicekoki sejumlah fitur canggih baru. Perubahan yang kentara terlihat pandangan mata adalah penampilannya lebih SUV, terlihat lebih jangkung, macho dan dinamis. Aroma SUV-nya lebih kental.

Grillenya dibuat lebih vertikal, kap mesin dibikin lebih rata tak lagi cembung, garis bodi samping dibuat lebih tinggi. Ground clearance dibikin lebih tinggi, velg lebih besar dan mengadopsi roof bar. Sedangkan pada bagian interior, dibikin betul-betul baru. Dari mulai dashboard, tuas dan tombol pengaturan, jok, material sampai kombinasi warna.

Baca juga: Ulas Perbedaan dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus

Mengaplikasi Peugeot i-Cokcpit terbaru yang lebih driver sentris. Tujuannya agar meningkatkan kenyamanan kepada pengemudi dan mempertinggi aura kemewahan. Setir juga dibuat lebih kompak. Didesain ulang dengan bentuk two-flat (flat bagian atas dan bawah lingkar kemudi).

Untuk jok sudah dapat diatur dengan 8 cara pengaturan plus kursi pijat, sistem audio mengadopsi FOCAL sekaligus menjadikan Peugeot sebagai pabrikan mobil pertama yang bermitra dengan perusahaan audio itu. Mendapat bekal pilihan kontrol traksi dengan lima level grip dari Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP Off. Diberkati juga dengan Hill Assist Descent Control (HADC).

Untuk driver assistance, pabrikan menyediakan fitur-fitur terbaru yang terangkum dalam Advanced Driver Assistance System (ADAS) paling anyar. Seperti Active Safety Brake and Distance Alert, Active lane departure warning,  Driver attention warning, Automatic Adaptive Headlamp Main-Beam, Speed limit sign recognition and recommendation, Adaptive Cruise Control with Stop function (automatic gearboxes) dan Active Blind-Spot Monitoring.

Sumber: www.autoevolution.com

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lexus UX 300e, Langkah Awal Visi Elektrifikasi Masa Depan Rekusasu

JAKARTA, Carvaganza -- Lexus, brand di bawah bendera Toyota, identik dengan kendaraan luxury alias mewah. Tapi mereka tak mau ketinggalan merapal soal mobilitas masa depan....

Jeep Bakal Siapkan Penantang Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, carvaganza -  PT DAS Indonesia Motor telah tampil menggantikan HASCAR Group sebagai APM baru Jeep di Indonesia. Pada pengumuman resmi PT DAS sebagai...

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...