Beranda New Cars Ulas Perbedaan dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus

Ulas Perbedaan dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus

JAKARTA, Carvaganza.com — Astra Peugeot Indonesia menambah jajaran line-upnya dengan memperkenalkan Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus. Keduanya melengkapi varian yang ada sebelumnya yaitu GT Line. Sedianya, kedua varian ini menggunakan basis produk yang sama. Peugeot juga menyebutnya setara. Meski secara spesifikasi Allure Plus adalah varian di bawah GT Line. Sebagai pembeda, Peugeot menggarap desain dengan karakter berbeda.

“Produk ini dikembangkan dari versi Allure, tapi desainnya mirip GT Line. Sehingga di sini kami menempatkan Allure Plus sejajar dengan GT Line, untuk melengkapi produk line up GT Line yang sudah ada,” kata Rokky Irvayandi, Chief Executive Operational Astra Peugeot.

Seperti dikonfirmasi pihak Peugeot, kedua model ini diproduksi di dua basis yang berbeda. Allure Plus diboyong utuh dari Malaysia, sedangkan GT Line langsung dari Prancis. Regulasi produksi antarregional memungkinkan perbedaan desain, dimensi hingga spesifikasi.

Peugeot 3008 dan 5008 GT Line hadir dengan two-tone color di eksterior sehingga memberikan kesan sporty. Interiornya mayoritas hitam sampai pilar dan plafon. Sementara Allure Plus berkesan elegan. Bodinya utuh satu warna, tak ada aksen. Kabin lebih terah berkat warna cerah pada plafon. Selain itu, banyak lagi perbedaan yang membuat harga tipe Allure Plus jauh lebih murah.

Ini penjelasan detailnya.

Peugeot 3008 Allure Plus

Peugeot 3008 Allure Plus menjadi varian termurah dari keempatnya. SUV ini dibanderol Rp 670 juta. Lebih murah sekitar Rp 80 juta dari 3008 GT Line yang dibanderol Rp 750 juta. Secara kasat mata, sulit membedakan keduanya kecuali dari pewarnaan two-tone yang digunakan pada Alllure Plus. Bagian atap Allure Plus tidak dikelir hitam alias sewarna bodi. Selebihnya sama, desain pelek Los Angeles berukuran 18-inci pun serupa.

Pun dari sisi dimensi. Secara kasat mata kita akan kesulitan melihat perbedaan ukuran keduanya. Panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.662 mm dan wheelbase 2.730 mm. Lebih besar dari 3008 GT Line, meski tak banyak. Hanya sekitar 5 hingga 9 mm untuk tiap sisi. Fitur eksterior hampir identik. Lampu semua sudah LED, berbagai sensor, fungsi otomatis dan tak lupa lampu belakang bergaya “Claw Effect” 3D, ciri khas Peugeot modern. Bagian atap terpasang kaca panoramic yang besar dan dapat dibuka. Bedanya, bagian itu juga dipasang roof rail untuk keperluan menambah daya angkut barang. Aksesori ini tidak dimiliki 3008 GT Line.

Desain interior sama, lewat konsep i-Cockpit. Sebuah monitor layar sentuh ditempatkan di tengah, berisi koneksi Bluetooth, Apple CarPlay, voice recognition, Arkamys 3D Sound Staging dan yang baru navigasi GPS. Tampilan peta dapat terpampang di head-up cluster display 12-inci. Fitur ini juga tidak ada di GT Line.

Soal fitur keselamatan 3008 Allure Plus malah lebih mutakhir. Ada penambahan Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System, tapi electric child safety locks tak lagi digunakan. Kalau anak sudah besar atau lebih banyak mengemudi sendiri, jelas tidak diperlukan.

Peugeot 5008 Allure Plus

Untuk Peugeot 5008 Allure Plus, perbedaannya lebih banyak terlihat. Terutama dari fisik. Selain atap sewarna bodi, pelek sengaja dibedakan. Pakai desain Detroit 18-inci dengan gaya palang lima bilah ganda.

Bagian wajah sama persis seperti 3008 Allure Plus. Tapi setengah badan ke belakang adalah kelebihan utama 5008. Model ini memiliki wheelbase 2.840 mm atau lebih panjang 110 mm dari 3008 Allure Plus. Tapi sama dibanding 5008 GT Line.

Perbedaan harga yang lebih murah  Rp 120 juta daripada 5008 GT Line, bisa jadi karena hilangnya beberapa fitur. Tak ada lagi kamera 360 derajat plus parking assist. Peranti semi auto parking, bisa parkir otomatis untuk parkir mundur, paralel dan keluar dari parkir paralel. Semuanya diganti dengan kamera berlensa lebar untuk menjangkau semua sudut. Fitur parking assist hanya ada di 5008 GT Line. Model 3008 GT Line memang tidak punya.

Untuk fitur kenyamanan di kabin cenderung sama dengan 3008 Allure Plus. Tapi kelebihan sebagai SUV 7-seater sedikit dikorbankan dari hilangnya fitur pelipatan kursi rata lantai sampai baris kedua. Sebenarnya tidak terlalu masalah. Mestinya, kelebihan kursi di baris ketiga bisa dimanfaatkan untuk membawa penumpang lebih banyak. Walau ruang tergolong sempit, cocok untuk penumpang anak-anak saja. Begitu pula fitur keselamatan ditawarkan, sama persis dengan tambahan di Peugeot 3008 Allure Plus.

Persamaan

Varian Allure Plus ini menarik. Meski ada beberapa fitur mahal yang jarang terpakai dihapus, Peugeot membenamkan fitur lebih berguna. Seperti sistem navigasi dan tambahan sistem keselamatan aktif, pasti sangat bermanfaat. Secara umum, lebih banyak persamaannya dengan tipe GT Line sehingga membuat Allure Plus semakin bernilai tinggi.

Tidak ada perbedaan dari sisi performa mesin. Model ini tetap andalkan unit 4-silinder 1,6-liter turbo bertekanan tinggi, menghasilkan tenaga 167 PS dan torsi 240 Nm. Fitur Advanced Grip Control memberi kemampuan off-road walau berpenggerak roda depan (FWD). Terdiri dari 5 mode yang fungsinya disesuaikan kondisi permukaan jalan.

Purnajual eksklusif dari Astra Peugeot menjamin kenyamanan sepanjang memiliki jenama Prancis ini. Garansi dikasih 5 tahun atau 100.000 km, mana yang tercapai lebih dulu dan Peugeot Maintenance Package berupa paket perawatan 5 tahun atau 60.000 km. Masih ada lagi, konsumen bakal mendapat privilege card untuk prioritas layanan di bengkel resmi, diskon sparepart, diskon emergency towing dan kunjungan dari departemen aftersales.

Baca Juga: Peugeot Indonesia Luncurkan 3008 dan 5008 Allure Plus, Ada Fitur Baru dan Lebih Murah
Baca juga: Lebih Murah Sampai Rp 120 Juta, Apa yang Beda dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus?

ANINDIYO PRADHONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...