Beranda Features Mengenal Maserati Eldorado Yang Diambil Dari Nama Es Krim

Mengenal Maserati Eldorado Yang Diambil Dari Nama Es Krim

MODENA, Carvaganza.com – Pabrikan Maserati dalam waktu dekat ini bakal mempunyai supercar terbaru buatan sendiri. Maserati MC20. Kehadirannya sangat penting bagi House of Trident. Bukan hanya menandai comeback pabrikan ke balapan, melainkan juga akan menjadi mobil pertama yang mengadopsi mesin baru. Mesin ini 100 persen anyar yang didesain, dikembangkan dan diproduksi oleh Maserati sendiri.

Pabrikan Modena mengklaim bahwa desain MC20 terinspirasi dari Maserati Eldorado, atau dikenal dengan nama pabrikan Maserati 420M/58. Bahkan MC20 didedikasikan kepada pembalap Sir Stirling Moss karena dialah orang yang pertama kali mengemudikan Eldorado pada debutnya di Monza tahun 1958.

Kenapa dinamai Eldorado? Eldorado adalah nama perusahaan es krim yang menjadi sponsor pabrikan di balapan. Nama ini melambung pada tahun 1958 karena menjadi mobil single seater pertama di Eropa yang disponsori oleh brand yang tidak ada hubungannya dengan dunia motorsport dan otomotif.

Eldorado menjadi contoh sponsorship era modern pertama. Mobil dicat dengan warna brand sponsor yang menjadi partner, tidak memakai warna yang biasanya ditentukan oleh FIA sesuai asal negara. Eldorado adalah pionir revolusi sponsorship dalam dunia balap. Dari situ mulai berdatangan sponsor-sponsor non-otomotif laga pacu ini.

Baca juga: Maserati Uji Coba Prototipe MC20 di Trek Legendaris Targa Florio

Kelahiran Eldorado

Pada awalnya, Maserati diminta oleh Gino Zanetti, pemilik perusahaan es krim Eldorado, untuk membuatkan mobil single seater khusus untuknya. Zanetti ingin mempromosikan brandnya ke level internasional lewat motorsport. Mobil single seater itu ditujukan berlaga pada kejuaraan “Trofeo dei due Mondi” di Monza yang diselenggarakan IMI-nya Italia. Balapan ini diselenggarakan di sirkuit mirip dengan Indianapolis 500.

Maserati 420M/58 dengan nomor chassis 4203 berhasil dibuat dengan livery es krim Eldorado. Tidak memakai livery bendera Italia. Nama Eldorado terpampang jelas dan besar di bagian pinggir bodi mobil, dengan logo tambahan berukuran kecil di bagian nose dan di bawah deflector yang berfungsi sebagai kaca depan.

Pada bagian tengah nose terdapat logo dengan wajah cowboy sedang tersenyum. Tersemat juga di bagian pinggir sayap belakang. Pada bagian bawah logo Eldorado baru tersemat bendera “Italia”, sebagai penanda kebangsaan sponsor dan juga pabrikan mobil. Pada bagian kap mesin tercantum nama Stirling Moss sebagai pembalapnya. Salah satu legenda motorsport dan pembalap pabrikan Trisula.

Baca juga: Intip Maserati Levante Trofeo, SUV Bertenaga Buas

Didesain Khusus untuk Monza

Mesinnya menggunakan V8 hasil karya Giulio Alfieri berkapasitas 4.190 CC. Menghasilkan tenaga 410 hp pada 8000 rpm. Mesin dan transmisinya dibuat offset ke kiri sebesar 9 cm agar distribusi bobot lebih berimbang sehingga lebih stabil ketika melesat di sirkuit anti-clockwise Monza yang memiliki tikungan-tikungan dengan tepian meninggi.

Girboks hanya memiliki dua percepatan, dengan as roda belakang De Dion tanpa differensial. Chasis kapsulnya (tubular) sama dengan milik 250F karena mobil ini dianggap sangat sukses di trek balap sehingga dicontek. Pabrikan melakukan sejumlah reinforcement agar mobil secara mekanik memiliki durabilitas tinggi di sirkuit beton Monza.

Untuk mengurangi bobot, velg terbuat dari magnesium Halibrand yang dibungkus oleh ban Firestone 18 inci yang diisi oleh helium. Dengan demikian, bobot mobil menjadi hanya 758 kg. Bodinya terbuat dari alumunium yang diciptakan ‘handmade’ oleh Medardo  Fantuzzi. Ciri khasnya terlihat dari sayap vertikal di bagian belakang kokpit dan lubang karburator depan.

Baca juga: Maserati MC20 Prototype Bentuk Penghormatan kepada Legenda F1

Foto: www.newsday.com

Spesifikasi Maserati Eldorado

Tipe Mobil: Tipo 420M/58
Chief Engineer: Giulio Alfieri
Mesin: V8 90 degree dry sump, 410 hp
Transmisi: Dua percepatan+ gigi mundur, solid final drive (tanpa differensial)
Chassis: Rangka baja tubuluar, mesin 90mm dioffset ke kiri
Bodi: Alumunium handmade karya Medardo Fantuzzi
Jumlah unit: 1 (chassis 4203)
Racing Class: Race of Two Worlds (regulasi Indycar)
Tahun turun balap: 1958 – 1959
Entrant team: Officient Alfieri Maserati/Eldorado Racing
Pembalap utama: Stirling Moss

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...