Beranda Updates Maserati MC20 Prototype Bentuk Penghormatan kepada Legenda F1

Maserati MC20 Prototype Bentuk Penghormatan kepada Legenda F1

MODENA, Carvaganza.com – Berpulangnya legendary Formula 1 Sir Stirling Moss pada bulan lalu akan diperingati oleh Maserati dengan menghadirkan mobil khusus. Sebuah prototipe akan dibuat terinspirasi dari mobil balap Maserati yang pernah dipacu oleh mendinang  Sir Stirling.

Mobil prototipe  tersebut bernama Maserati MC20, yang berwujud sebuah super sportscar single seater. MC20 didesain terinspirasi dari Maserati Eldorado yang dipacu Moss di Monza pada 1958, dalam ajang Trofeo dei due Mondi.

Dianggap sebagai pembalap terhebat tanpa gelar juara dunia sepanjang sejarah F1, Moss meninggal dunia pada 12 April 2020 lalu dalam usia 90 tahun. Sebagian karir balapnya diisi dengan bersama Maserati, baik di F1 maupun ajang balap lainnya.

Kemenangannya di Grand Prix Monako 1956 disebut sebagai salah satu penampilannya yang terbaik, terjadi pada tanggal 13 Mei 1956. Pada kesempatan itu, Moss mengendarai salah satu mobil balap terbaik di eranya, Maserat 250F.

250F disebut Moss sebagai mobil balap favoritnya, yang saat itu dirinya harus mengakui Juan Manuel Fangio, satu-satunya pembalap yang berhasil unggul darinya. Kecepatan dan reliabilitas 250F semakin terbukti ketika Fangio bergabung ke Maserati, dan memenangkan gelar pada tahun 1957.

Rencana Maserati

Kembali ke MC20 Prototype, menjadi bentuk penghormatan Maserati kepada sang legenda, sebagai salah satu nama besar di sejarah motorsport. Bukan sebuah kebetulan, Maserati ingin menegaskan warisan motorsportnya, sekaligus kembalinya ke puncak ajang balap dunia.

Terakhir kali Maserati turun ke kejuaraan dunia adalah mengikuti FIA GT1, bersama mobil MC12. Pabrikan berlogo trisula ini berhasil memenangkan gelar juara dunia pada tahun 2010. Tidak kalah penting, MC20 akan menjadi mobil pertama bermesin baru yang 100% dikembangkan dan diproduksi Maserati sendiri.

MC20 dilambangkan menjadi mobil yang mewujudkan nilai-nilai sejati Maserati dalam hal performa, kesenagnan berkendara, dan inovasi yang diekspresikan secara superlatif.

Sportscar Kompak Mesin Turbo

MC20 sempat ditunjukkan dalam bentuk teaser sejak Februari lalu, yang dibalut dengan kamuflase. Sepintas, wujud dan dimensinya mirip dengan sportscar modern Italia lainnya, yaitu Alfa Romeo 4C. Desain sleek dan profil rendah MC20 turut mengadopsi konfigurasi mesin tengah (mid-engined). Rencananya, mobil ini akan diungkap pada musim gugur, sekaligus mengusung mesin turbo.

Kabarnya MC20 akan bermesin V6 twin-turbo, yang akan menghasilkan tenaga 600 hp. Selain itu, mesin juga akan didukung oleh sistem hybrid kemudian, sebelum akhirnya tersedia dalam versi full electric.

Nama MC20 sendiri bukan tidak ada artinya, karena berkaitan dengan divisi motorsport pabrikan Italia ini, yaitu Maserati Corse. Terakhir kali Maserati menggunakan moniker MC pada produknya adalah pada MC12, supercar yang dibangun berbagi basis dengan Ferrari Enzo.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...