Beranda Hot Topics Mazda CX-30, Crossover Cantik dari Mazda

Mazda CX-30, Crossover Cantik dari Mazda

Photo: Andrew Hoyle/Roadshow
daihatsu giias 2019

JENEWA, 11 Maret 2019 – Mazda menambah jajaran SUV (Sport Utility Vehicle) atau crossover terbarunya. Pabrikan asal Jepang itu merilis Mazda CX-30 di ajang Geneva Motor Show, di Jenewa, Swiss.

Mazda CX-30 ditempatkan di antara dua CX lainnya yaitu CX-3 dan CX-5. Sebelumnya banyak yang memperkirakan nama yang akan diberikan adalah CX-4.

“Kami mengembangkan crossover ini untuk konsumen dari berbagai kalangan terutama anak muda. Mobil didesain untuk menjadi partner dalam kehidupan sehari-hari,” ujar CEO Mazda Akira Marumoto.

Crossover ini akan mulai dijual di Eropa pada musim panas ini dan diikuti launching untuk pasar global. “Mobil akan diproduksi di beberapa pabrik Mazda di dunia,” ujarnya.

Seperti dilansir cnet.com, Mazda Chief Designer Ryo Yanagisawa mengatakan mobil berkapasitas 5 penumpang itu dari sisi ukuran sedikit lebih besar dari CX-3. Proporsinya apik dengan fender plastic berwarna hitam untuk menambilkan sisi machonya. Dibandingkan CX-3, Mazda CX-30 memiliki ground clearance yang lebih tunggi, bodi yang lebih panjang dan wheelbase lebih panjang. Komposisi ini membuat Mazda CX-30 lebih cantik.

Yanagisawa mengatakan, “Mazda CX-3 dan CX-30 sangat berbeda. Bagian depan menjadi kekuatan utama.”

Di bagian kabin, layar infotainment mengarah kepada pengemudi berbeda dengan Mazda CX-3. Bangku bagian belakang tetap nyaman bagi penumpang dewasa meski melakukan perjalanan jauh. “Penumpang depan dan belakang memiliki ruang pandang yang sama ke depan,” kata Yanagisawa.

Mazda menawarkan 3 pilihan mesin tergantung negaranya yaitu 2.0 liter inline four bensin dan 1.8 liter diesel. Ada juga pilihan All Wheel Drive. Mobil disebut Mazda memiliki kualitas audio sistem yang sempurna dengan sistem pengamanan i-Activsense untuk membantu pengendara.

Selain CX-30, di pameran Geneva Motor Show, Mazda juga mengumumkan renca mereka untuk merilis mobil hybrid, mobil plug-in hybrid dan juga mobil listrik murni.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza