Beranda Drives Lexus RX 200t F-Sport, Feeling Good

Lexus RX 200t F-Sport, Feeling Good

Ia datang untuk mengisi gap yang kosong dengan tampilan lebih fresh, dinamis dan kabin ‘wah’.

(Foto-foto: Mulki Prihandoko & Valdo Prahara/Carvaganza)

SEBELUM mendatangkan Lexus RX 200t F-Sport, Lexus Indonesia sudah punya SUV RX 350, RX 270 dan Lexus NX. Kehadiran RX 200t F-Sport ini dipasarkan untuk mengisi celah antara NX dengan RX 270, namun versi RX 270 sudah tidak dipasarkan lagi. Jadi RX 200t ini mengisi celah antara NX dengan RX 350 yang ditinggalkan oleh RX 270.

Lexus RX 200t yang dipasarkan di Indonesia terdiri dari dua varian yakni RX 200t Luxury dan RX 200t F-Sport di mana F-Sport memiliki arti sebagai high-performance car Lexus. Berdasarkan list harga yang dikeluarkan Lexus Indonesia, Lexus NX varian tertinggi, NX 200t F-Sport, dibanderol Rp 1,030 milyar, sedangkan RX 200t F-Sport 4×2 dibanderol Rp 1,340 milyar (off-the road). Sedangkan Lexus RX 350 Luxury 4×4 seharga Rp 1,925 milyar. Jarak harga yang cukup jauh antara Lexus entry level dengan di atasnya dijembatani oleh RX 200t Luxury dan F-Sport.

Medium SUV yang memulai debutnya di New York Auto Show 2016 ini telah sukses menjadi salah satu produk terlaris Lexus, baik di pasar nasional maupun global. Bahkan, berdasarkan data penjualan Lexus, banyak pengguna mobil mewah yang telah memiliki RX seri lama turut memesan ‘The New’ RX 200t F Sport.

Varian terbaru dari Lexus RX tersebut kini hadir dengan ubahan lebih fresh. Pada bagian depan, grille memperoleh penyegaran dari yang semula berbentuk trapesium kini lebih sporty dengan model honey comb. Banyak sudut tajam yang hadir di bagian eksterior menandakan evolusi yang begitu lugas, namun tetap dengan mempertahankan guratan desain generasi terdahulunya. Desain headlamp anyar juga menambah kesan agresif SUV milik Lexus ini.

Kami pun menjajal Lexus RX 200t F-Sport  yang memiliki bodi yang lebih panjang serta lebih lebar dari generasi terdahulu. Dimensinya (PxLxT) adalah 4890 mm x 1895 mm x 1690 mm, sedangkan versi terdahulunya 4630 x 1845 x 1645 mm. Versi yang terbaru memiliki garis yang lebih tegas dari mulai nose sampai buritan.

Desain lampu depan begitu kuat dengan headlamp tiga proyektor built-in Daytime Running Light (DRL) dipadukan dengan lampu sein sekuensial menyerupai kristal. Pintu bagasi bisa dibuka dengan mudah dengan fitur Touchless Power Rear Door dengan hanya menyentuhkan tangan pada emblem Lexus yang terdapat di pintu bagasi. Desain kanlpot baru dengan sentuhan krom ditambah dengan velg alloy 20 inci.

Kabin lapang dan elegan dengan ragam sentuhan kemewahan dan material berkualitas di setiap sudut. Ornamen krom terlihat menghiasi dashboard F-Sport karena sebelumnya hadir dengan aksen kayu. Setir dibalut oleh lapisan kulit berkualitas dengan aksen krom juga disetirnya. Keindahan ornamen kabin diperkuat oleh kehadiran sliding panoramic roof. Selain kabin lapang, kursi penumpang dibaris kedua dapat diatur secara elektrik. Ventilator AC dan penghangat tubuh juga sudah tertanam di setiap kursi.

Bagaimana dengan performanya? F-Sport disokong mesin 4 silinder segaris turbo 2.0 liter yang menyemburkan tenaga maksimal 235 Hp pada putaran 4.800-5.600 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada 1.650-4.000 rpm. Pabrikan mengklaim SUV medium premium ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,5 detik. Tenaga disalurkan oleh transmisi otomatis 6-kecepatan ke roda depan.

Asyiknya, RX 200t F Sport memiliki mode berkendara Sport+. Di mode ini, mobil berubah menjadi sosok yang lebih bengis. Ia menjadi sangat responsif terhadap keinginan pengemudi. Injak sedikit pedal gas, mobil jadi lebih cepat melaju.

Mode berkendara Sport+ juga berdampak positif pada pengendaliannya. Berkat sistem Adaptive Variable Suspension (AVS), damping mobil bisa diatur sehingga menghasilkan karakter yang lebih rigid. Saat dipakai bermanuver kencang, RX 200 t F-Sport ini jadi lebih stabil melahap tikungan. Sisi kenyamanan mobil ini juga terbilang cukup baik, meskipun bantingannya agak keras pada saat mode Eco, Normal atau pun Sport. Hal ini disebabkan mengaplikasi velg 20 inci dengan profil ban tipis 235/55 R20. Namun, guncangan yang terjadi tidak mengganggu kenyamanan penumpang, terutama untuk perjalanan jauh.

Dalam hal konsumsi BBM, untuk penggunaan dalam kota melalui mode Eco mencatat konsumsi 12 km/l di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk konsumsi rute tol, ia bisa meraih 16 km/l. SUV ini juga dilengkapi dengan Head-Up Display sehingga pengemudi dengan mudah bisa membaca data kecepatan kendaraan tanpa harus melihat indikator kecepatan di cluster meter di belakang kemudi. Lexus memberikan sentuhan mewah lewat Remote Touch Interface. Ini merupakan keluaran terbaru yang dihadirkan demi kenyamanan pengemudi.

Lexus RX 200T F-Sport

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, FWD
Mesin: I-4 16 valve VVT-i DOHC Turbo 2.0L/ 235hp @4800-5600rpm/ 350Nm @1650-4000rpm
Transmisi: A/T 6-Kecepatan
Top Speed: 200 km/jam
0-100 km/jam: 7,5 detik
P x L x T: 4890 x 1895 x 1690 mm
Wheelbase: 2790 mm
Ground clearance: 200 mm
Bobot kosong: 1890 kg
Kapasitas Tangki: 72 liter
Rekomendasi BBM: Ron 92

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak aneh kalau harganya...
video

VIDEO: Test Drive Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Asik

JAKARTA, Carvaganza.com – Hyundai sebagai pabrikan asal Korea Selatan tidak ingin ketinggalan untuk ikut meramaikan tren mobil listrik di Indonesia. Tahun 2020 ini, Hyundai...

Belum Resmi Dijual, Mercedes Maybach GLS600 Sudah Sampai Ke Tangan Ludacris

Sudah bukan rahasia lagi, Ludacris sangat gemar mengoleksi mobil. Garasi rumah selebriti pemegang paspor Gabon dan Amerika Serikat itu dihuni mobil-mobil mewah seperti Lamborghini,...

Xpander Rally Team Siap Terjun di Kejuaraan Sprint Rally di Meikarta

JAKARTA, Carvaganza -- Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang,...

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....