KALEIDOSKOP 2021: SUV Di atas 400 juta Yang Diminati Sepanjang 2021 (Bagian 1)

Kaleidoskop 2021 - mobil SUV 400 juta

JAKARTA, Carvaganza – Pasar SUV medium nasional dengan harga di atas Rp 400 juta juga ikut bergairah sepanjang tahun 2021. Tidak kalah dengan pasar low SUV yang dibanderol dengan harga di bawahnya. Model-model facelift bermunculan, bahkan pabrikan Mitsubishi dan Honda juga mengeluarkan edisi istimewa untuk mendorong angka penjualan.

Mobil apa saja yang menarik dari segmen SUV dengan harga di atas Rp 400 juta sepanjang 2021? Berikut daftarnya:

New Honda CR-V

1. New Honda CR-V 2021 (Rp.489 juta – 577 juta)

Cukup banyak perubahan yang disematkan pada New Honda CR-V model tahun 2021 dibandingkan yang sebelumnya. Desain grille terlihat lebih elegan dengan penambahan aksen chrome pada bumpernya. Terdapat penambahan sequential LED Turning Signal dengan tampilan yang lebih menarik.

Desain bumper belakang yang dibuat lebih agresif, dengan desain baru pula pada dua lubang knalpotnya yang kini berbentuk pipih dengan sentuhan akhir aksen chrome pada pipa knalpot. Velg 18 inci juga mendapat sentuhan baru. Selain itu, Honda juga memberi sedikti sentuhan baru pada velg berukuran 18 incinya.

New Honda CR-V sekarang ini mengadopsi fitur Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigating Braing System (CMBS), Lane Keeping Assist (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) dan Auto High Beam (AHB).

Untuk mesin masih sama dengan sebelumnya, 4silinder 1.5-liter Turbo dan 2.0-liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT. Output yang dihasilkan pun masih sama dan tidak ada tuningan baru, mesin 4-silinder 2.0-liter menghasilkan tenaga 153 hp dan torsi maksimal 189 Nm. Sedangkan versi 1.5-liter Turbo menghasilkan tenaga 188 hp dengan torsi 240 Nm. Pilihan varian yang tersedia juga masih sama mulai dari Honda CR-V 2.0, Honda CR-V 1.5-Turbo dan Honda CR-V 1.5-Turbo Prestige.

Kalau belum puas juga dengan New CR-V 2021, konsumen juga bisa memilih versi Black Edition.

Mitsubishi New Pajero Sport

2. Mitsubishi New Pajero Sport (Rp 502 – 733,7 juta)

Pada tahun 2021, konsumen Indonesia mendapat pilihan Mitsubishi New Pajero Sport dan pabrikan SUV Jepang itu juga membuat Pajero Sport edisi khusus. Yaitu yaitu Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition dan Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition. Versi Dakar Ultimate 4 x 2 dibanderol denan harga Rp 609 juta on the road Jakarta, sedangkan versi Dakar 4 x 2 Rockford Fosgate edition mendapat tag harga Rp 568 juta.

Pada bulan Maretnya, atau selang dua bulan setelah itu, Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM merilis New Pajero Sport. Terdapat enam tipe yang ditawarkan Mitsubishi Motors dengan rentang harga Rp 502,8 juta hingga Rp 733,7 juta. MMKSI menyuntikkan sejumlah hal baru, meliputi redesain wajah, kenyamanan kabin, teknologi mesin terbaru, hingga fitur-fitur penunjang kenyamanan dan keamanan.

Pembaruan eksterior yang dilakukan di antaranya New Better Hood Visibility, velg 18 inci enam palang dwiwarna, antena fin shark type dan kombinasi lampu belakang. Garis-garis LED semakin tegas. Kemudian di kelas Dakar Ultimate, tersedia power tail gate dengan kick sensor, active cornering lamp, sunroof serta new front combination lamp.

Toyota Fortuner GR Sport

3. Toyota Fortuner GR Sport (Rp 605,2 juta)

Model yang dirilis bulan Agustus ini menjadi varian paling tinggi di Fortuner. Mendapat pembaruan lewat grille dark chrome baru, lampu depan LED generasi baru, bumper depan dan belakang GR, serta logo GR di bagian depan dan samping. Pada bagian depan juga terdapat detail krom, begitu juga bagian belakang dan interior SUV tujuh penumpang ini.

Untuk kenyamanan penumpang, Fortuner GR Sport juga mendapat penyempurnaan head unit multimedia 9 inci dengan voice command, konektivitas Android Auto, dan Android CarPlay, wireless charging, leatherette upholstery, surround view monitor, sampai fold-down rear-seat entertainment monitor.

Untuk mesinnya tersedia dua pilihan, bensin 2,7 liter 4 silinder atau diesel turbo 2,4 liter. Yang bensin menghasilkan tenaga maksimal 161 hp dan torsi puncak 242 Nm. Sedangkan diesel turbo mampu menyemburkan tenaga 147 hp dan torsi puncak 400 Nm. Harga waktu dirilis Rp 605,2 juta sudah termasuk diskon PPnBM.

New Mazda CX-9 AWD

4. New Mazda CX-9 AWD 2021 (Rp 998,8 juta)

SUV termahal Mazda ini mendapat sedikit perubahan tampilan eksterior dengan velg berdesain baru dan warnanya lebih cerah. grille sedikit berubah untuk menampilkan kesan lebih besar dan mewah. Dan saat menilik fascia belakang, karakter sedikit lebih sporty berkat tailpipe yang diameternya semakin besar.

Bagian interior mendapat pembaruan berupa lapisan Nappa Leather berwarna coklat untuk seluruh joknya. Lalu pada beberapa bagian kabin, kini diberikan aksen Real Wood Panel yang meningkatkan kesan mewah CX-9.

Mesin masih mengandalkan SkyActiv-G 4 silinder 2.5 liter dan penambahan fitur stabilitas G-Vectoring Control Plus (GVC+) untuk memberikan pengendalian yang lebih stabil dan nyaman. Rangkaian fitur keselamtan aktif juga hadir lengkap dikemas dalam Mazda Proactive Safety dan i-Activsense.

New Mazda CX-5 GT

5. New Mazda CX-5 GT (Rp 555,8 juta on the road Jakarta)

Menjadi backbone penjualan SUV Mazda di Tanah Air. Versi GT hadir sebagai opsi varian tengah dari keluarga CX-5, selain Touring dan Elite sebagai yang tertinggi. Jantung pacu masih sama 4 silinder SkyActiv-G 2,5 liter bertenaga 187 hp dan torsi 251 Nm. Mesin ini sekarang sudah dilengkapi mode Cylinder Deactivation, yang diadopsi dari Mazda6 sebelumnya.

Untuk transmisi masih mempercayakan pada otomatis SkyActiv-Drive 6-percepatan masih dipercaya, yang kini bisa dioperasikan perpindahan manualnya oleh pengemudi dengan paddle-shifter di setir. Akses informasi untuk pengemudi semakin lengkap dengan hadirnya meter cluster (speedometer) lebih besar menjadi 7 inci. Active Driving Display pun menjadi peranti standar.

Baca juga:  KALEIDOSKOP 2021: Mobil-Mobil Sultan Yang Meluncur Di Tanah Air (BAGIAN 1)

New Hyundai Santa Fe

6. Hyundai New Santa Fe (Rp 569 – 729 juta)

SUV 3 baris ini mendapatkan perubahan baik dari sisi performa (mesin), eksterior, interior, kenyamanan serta fitur-fitur keamanan dan keselamatan. Santa Fe generasi terbaru ini mengusung mesin baru, bensin 2.5 liter MPi yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Tapi bisa memilih juga varian diesel 2.2 liter.

Tampilan grille baru yang lebih lebar dan didesain menyatu dengan lampu depan. Dipadukan dengan desain headlamp baru dan Daytime Running Light LED terbaru. Sistem pencahayaan di dalam kabin dapat diatur sampai 64 warna pilihan atau 64-color adjustable ambient mood untuk memberikan nuansa interior berbeda-beda. Dilengkapi juga digital instrument cluster berukuran 12.3 inci. Posisi jok pengemudi dapat diatur secara elektrik plus Panoramic Sunroof yang lebar.

Untuk fitur keselamatan di antaranya tersedia Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM) dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). (Bersambung…)

EKA ZULKARNAIN

Baca juga: KALEIDOSKOP 2021: Mobil-Mobil Sultan Yang Meluncur Di Tanah Air (BAGIAN 2)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature