KALEIDOSKOP 2021: Mobil-Mobil Sultan Yang Meluncur Di Tanah Air (BAGIAN 1)

Mobil sultan 2021

JAKARTA, Carvaganza – Pasar otomotif tanah air yang terus bertumbuh di tengah kondisi pandemi ini tidak hanya diisi oleh kehadiran kendaraan massal. Sejumlah pabrikan dengan label premium pun ikut berkontribusi dalam menghadirkan model terbarunya di Indonesia. Menjadi kereta kencana kaum ‘Sultan’ Tanah Air untuk mobilitas harian atau penambah koleksi.

Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga mulai menghadirkan model kendaraan bertenaga listrik jauh sebelum gema pajak PPnBM emisi digaungkan pemerintah. Kami menghadirkan jajaran kendaraan di kelas atas yang telah resmi mengaspal di Indonesia sepanjang 2021. Jangan heran kalau beberapa di antaranya diproduksi dengan jumlah yang terbatas, karena kelasnya mobil tersebut tidak lagi mengejar kuantitas tapi kualitas yang di atas rata-rata.

Jeep Wrangler Gladiator


Jeep Gladiator

Meluncur pada Januari 2021 silam ke tanah air, Jeep Wrangler Gladiator menawarkan pengalaman baru bagi pecinta kendaraan segala medan lewat paket yang ditawarkan. Jeep Gladiator sendiri merupakan model SUV Truk/Pick-Up yang dibangun di atas platform JL dengan desain bak terbuka di belakangnya. Hal tersebut dilakukan demi memfasilitasi kebutuhan konsumen yang ingin mengendarai Jeep dengan hobby outdoor-nya seperti motor trail, sepeda dan ATV.

Performa disokong oleh mesin V6 3.6-liter Pentastar yang dapat menghasilkan tenaga 285 hp dan torsi 353 Nm. Mesin tersebut diintegrasi dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang menghantarkan seluruh tenaga ke semua roda. Selain itu tersedia juga tuas transfer case berfungsi untuk mengubah kerja ban dari 2WD menjadi 4WD dan mampu mencapai kecepatan 72 km/jam.

Di samping bekal mesin yang besar, Jeep Gladiator juga memiliki berbagai fitur pendukung off-road yang lengkap. Salah satu fiturnya ialah Select-speed control yang membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road dengan meminimalisir kerja pedal gas dan rem. Ada pula peranti Command Trac 4X4 dengan sistem shift on-the-fly yang membagi torsi 50/50 antara as roda depan dan belakang.

Porsche Taycan Turbo S

Porsche Taycan Turbo S

Era elektrifikasi memang sudah tidak dapat dibendung lagi, sejumlah pabrikan otomotif saat ini mulai menginvasi Indonesia dengan produk bertenaga listrik salah satunya ialah Porsche yang menghadirkan Taycan pada Februari 2021. Porsche menjadi brand pertama yang menghadirkan supercar bertenaga listrik ke Indonesia dan sukses menggoda para konsumen enthusiast berduit untuk meminangnya. Salah satu poin utamanya ialah performa dan tampilan premium yang terpancar mulai dari bagian eksterior hingga ke interiornya.

Mobil ini dibekali dengan baterai 93,4 kWh yang menghasilkan tenaga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. SUV listrik ini hadir dengan fitur launch control yang menghasilkan torsi 1.050 Nm. Daya jelajah Taycan Turbo S mencapai 390 sampao 416 kilometer. Ditawarkan dengan harga sekitar Rp 2,5 miliar sampai Rp 6 miliar, bergantung pada personalisasi yang ingin dihadirkan konsumen pada Taycan.

Porsche Taycan Cross Turisno

Porsche Taycan Cross Turismo

Kehadiran Taycan Cross Turismo sekaligus melengkapi keluarga Porsche EV di Indonesia. Mengambil basis dari Taycan, Cross Turismo hadir dengan tampilan yang jauh lebih dinamis berkat konsep SUV yang ditawarkan dari paket performa di dalamnya. Seperti kembarannya, Taycan Cross Turismo tetap dilengkapi oleh motor listrik 800 volt dengan penggerak all wheel drive seperti Taycan versi sedan.

Porsche Indonesia langsung mendatangkan empat varian Cross Turismo dengan tenaga puncak, akselerasi, dan daya jelajah yang berbeda-beda. Taycan 4 Cross Turismo dengan tenaga puncak 380 dk, akselerasi 0-100 kilometer per jam (km/jam) dalam 5,1 detik, dan daya jelajah 389-456 km dalam satu kali pengisian daya.

Taycan 4S Cross Turismo hadir dengan tenaga puncak 490 dk, akselerasi 0-100 km/jam dalam 4 detik dan daya jelajah 388-452 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Taycan Turbo Cross Turismo dengan tenaga puncak 625 dk, akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik, dan daya jelajah 395-452 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Terakhir, Taycan Turbo S Cross Turismo dengan tenaga puncak 625 dk, akselerasi 0,100 km/jam dalam 2,9 detik, dan daya jelajah 388-419 kilometer dalam satu kali pengisan daya.

BMW 520i M Sport

BMW 520i M Sport dan 530i Oppulence

Kedua seri 5 itu hadir dengan beragam pembaruan, baik dari segi eksterior maupun interior. BMW 520i M Sport terbaru ditawarkan dengan harga Rp1,109 miliar off-the-road dan New BMW 530i Opulence Rp1,279 miliar off-the-road.

New BMW 520i M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, dan teknologi BMW EfficientDynamics. Serta dapat menghasilkan output maksimum 184 hp dengan torsi puncak 290 Nm.

Sedangkan New BMW 530i Opulence dipasangi mesin BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, dan teknologi BMW EfficientDynamics. Serta mampu menghasilkan output maksimum 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm.

Audi A5 Sportback

New Audi A5 Sportback

Seperti tidak mau ketinggalan dari pesaing-pesaingnya, Audi juga meluncurkan New Audi A5 Sportback pada 9 Juni 2021 dan tersedia dalam tiga pilihan yakni Audi A5 Sportback 2.0L TFSI dengan power 190 hp dan torsi 320 Nm, Front Wheel Drive (FWD). Kemudian Audi A5 Sportback 2.0L TFSI quattro dengan power 245 hp dan torsi 370 Nm dan Audi A5 Coupe 2.0L TFSI quattro yang memiliki tenaga 245 hp dan torsi 370 Nm. Ketiganya memiliki satu pilihan mesin yakni 4-silinder 2.0-liter TFSI yang dituning performanya dan menghasilkan tenaga dan torsi yang berbeda di setiap variannya.

PT Garuda Mataram Motor membanderol New Audi Sportback 2021 mulai dari Rp 1,248 Miliar (Off The Road). Harga tersebut belum termasuk biaya personalisasi konsumen untuk eksterior dan interior yang dapat disesuaikan sesuai keinginan. Pasalnya New Audi A5 Sportback ini merupakan mobil yang diimpor langsung dari Audi Jerman dan dapat dikostumisasi sesuai dengan keinginan konsumen.

BMW M3 2020

BMW M3 & M4 Coupe

Kendaraan paling sensasional di tahun lalu akhirnya mendarat di Indonesia. Adalah BMW M3 dan BMW M4 Coupe yang memiliki desain grille unik dan nyentrik. Keduanya dibekali mesin enam silinder 3.000 cc TwinPower Turbo berkode S58 racikan Divisi Motorsport. Dalam spek Competition, sanggup lontarkan tenga sampai 510 hp. Torsi total 650 Nm dikirim ke roda belakang. Seluruh putaran tersalur via transmisi M Steptronic delapan percepatan komplet Drivelogic.

Sementara itu sistem peredamnya menggunakan Adaptive BMW M-suspension dan sistem kemudi BMW M Servotronic dengan rasio putar variable. Juga tersedia BMW Active M Differential yang dapat mengatur kebebasan diferensiasi kecepatan rotasi roda kiri dan kanan belakang. Mengusung pelek aloi ringan Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished berukuran 19 inci di depan dan 20 inci belakang. BMW M3 Competition ditawarkan dengan harga Rp2,059 miliar off the road.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Segmen Sedan Ramaikan Pasar Nasional Sepanjang 2021

Ferrari SF90 Spider

Ferrari SF90 Spider

Super sport hybrid Ferrari ini hadir dibawa ke Indonesia oleh distributor baru yakni PT Eurokars Prima Utama pada Maret 2021 silam. Dengan mengusung tema supercar convertible, SF90 Spider didukung oleh mesin V8 twin-turbo 4.0 liter berteknologi hybrid yang menghasilkan tenaga 769 hp dna torsi 800 Nm yang bekerja untuk menggerakan roda belakang.

Sementara itu motor listriknya memiliki daya 217 hp bekerja untuk mengalirkan tenaga ke roda depan. Kedua sumber tenaga tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan Magna 8DCL900 dual-clutch. Dengan modal tersebut, Ferrari SF90 Spider ini mampu melesat 0 – 100 km/jam dalam 2,5 detik dan menjadikannya model convertible terkencang yang pernah Ferrari produksi, yang merupakan saudara dari SF90 Stradale. 

Ferrari F8 Spider

Ferrari F8 Spider

Kehadiran Ferrari F8Spider ini merupakan pelengkap dari model F8 Tributo namun dengan konfigurasi convertible hardtop. Sekaligus menjadi penerus dari 458 Spider dan 488 Spider yang telah eksis selama hampir sepuluh tahun belakangan. Konstruksi atap yang diberi nama Retractable Hard Top (RHT) ini punya desain ramping dan efisien, sehingga tidak mengurangi optimalnya performa F8 saat digeber kencang. Gaya desain open-top V8 ini sudah dipertahankan oleh Ferrari sejak 308 GTS tahun 1977.

Dibandingkan pendahulunya 488 Spider, Ferrari F8 Spider memiliki performa yang lebih buas berkat peningkatan output mesin, pengurangan bobot, dan peningkatan aerodinamika. Ia ditenagai dengan mesin V8 3,9 liter twin-turbo yang diadopsi dari Ferrari 488 Pista dan mampu menghasilkan tenaga 710 hp dan torsi 770 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi dual-clutch 7-percepatan yang menggerakkan roda belakang dan mampu membuatnya melesat dari 0-100 km/jam dalam 3,2 detik saja. Dukungan aerodinamika pada Ferrari F8 Spider ini bersumber dari optimalisasi handling Ferrari Dynamic Enchancer Plus (FDE+) yang terintegrasi dalam Side Slip Control (SSC) versi 6.1. FDE+. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  Ini 10 Mobil Paling Mahal di Pelelangan, Ada yang Nyaris Rp 1 Triliun

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature