Jangan Salah Bedain Toyota GR Yaris dan Yaris GR Sport

Toyota GR Yaris

JAKARTA, Carvaganza – Pada gelaran GIIAS 2021 kemarin, ramai orang membicarakan Toyota GR Yaris dan versi GR Sport. Bahkan ada yang menyebutnya Yaris GR dan menyamakannya dengan GR Yaris. Kedua kendaraan itu pun dipajang di event GIIAS kemarin dan sama-sama menyedot perhatian pengunjung. Bahkan serah terima perdana GR Yaris dilaksanakan di GIIAS itu sendiri.

Tapi tahukah Anda kalau dua kendaraan tersebut merupakan model yang berbeda baik dari spesifikasi eksterior, interior dan juga angka performanya?

Supaya tidak salah membedakan, mari kita bahas apa yang menjadi perbedaan dari dua model tersebut yakni Toyota GR Yaris dan Yaris GR Sport. Hal pertama yang dapat kita lihat adalah tampilan dari eksterior keduanya yang terlihat sangat berbeda. Pada Toyota GR Yaris desainnya benar-benar mengacu pada spesifikasi yang digunakan pada World Rally Championship (WRC) sementara Toyota Yaris GR Sport merupakan varian terbaru dari Yaris generasi kedua yang menggunakan kit tambahan dengan tampilan sporty a la Gazoo Racing. Dulu versi TRD-nya Toyota.

Toyota GR Yaris Toyota GR Yaris

Eksterior

Pada Toyota GR Yaris desainnya dibuat dengan tampilan dua pintu sesuai dengan spesifikasi balapan WRC sementara Toyota Yaris GR Sport menggunakan konfigurasi empat pintu sama dengan tampilan pada Yaris pada umumnya. Di sisi lain desain eksterior pada Toyota GR Yaris juga dibuat sangat kental dengan garis-garis aerodinamika dan lingkar roda belakang yang lebih lebar, sementara varian Yaris GR Sport hadir lebih formal dengan sedikit sentuhan Gazoo Racing di beberapa sudutnya.

Selain itu, Toyota GR Yaris juga memiliki panjang yang jauh lebih kompak dibandingkan dengan Toyota Yaris GR Sport. Di atas kertas Toyota GR Yaris memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.460 mm sementara itu, Toyota Yaris GR Sport panjangnya mencapai 4.145 mm dan tinggi 1.500mm. Sedangkan jarak sumbu roda yang ditawarkan pada Yaris GR Sport juga lebih pendek yakni 2.550 mm dan Toyota GR Yaris sedikit lebih panjang dengan 2.558 mm.

Perbedaan lainnya adalah Toyota GR Yaris yang diproduksi secara eksklusif di Jepang ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan bobot kendaraan yang lebih ringan. Sementara itu, Toyota Yaris GR Sport menggunakan platform yang sama dengan Yaris generasi kedua dan ditujukan untuk pengendaraan sehari-hari dan lebih formal.

Di tempat lain, Toyota GR Yaris menggunakan bahan aluminium untuk kap mesin, bagasi, dan panel pintu. Selain itu bagian atap kendaraannya menggunakan material plastik yang diperkuat serat karbon dengan menggunakan metode compound moulding.

Baca juga:  Toyota Yaris GR Sport, Hatchback Anak Muda Dengan Tampilan Stand Out

Toyota Yaris GR Sport Toyota Yaris GR Sport

Interior

Selain tampilan eksterior, kedua model ini juga memiliki perbedaan di dalam ruang kabinnya. Toyota GR Yaris yang berorientasi pada nuansa balap menampilkan interior yang didominasi material kulit berkelir hitam. Pada bagian lain seperti pedal akselerator, rem dan kopling menggunakan material alumunium demi memberikan nuansa sport yang lebih kental.

Sementara pada Toyota Yaris GR Sport menampilkan nuansa kabin yang lebih cerah dengan material kulit dan fabric di seluruh joknya. Untuk layanan hiburan, Toyota GR Yaris menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci dan layar cluster meter TFT berukuran 4,2 inci.

Mesin

Perbedaan lain terdapat pada spesifikasi mesin dan penggerak yang diaplikasikan pada kedua model tersebut. Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin 3-silinder 1.600 cc turbo direct-injection yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 268 hp dan torsi puncak 370 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan berfungsi mengalirkan tenaga ke seluruh rodanya.

Toyota Yaris GR Sport

Sementara itu Toyota Yaris GR Sport menggunakan mesin 4-silinder 1.500 cc DOHC, Dual VVT-I yang menghasilkan tenaga maksimal 105 hp dan tendangan torsi mencapai 140 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi otomatis dan manual 7-percepatan.

Harga

PT Toyota Astra Motor membanderol Toyota GR Yaris dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan dengan jumlah terbatas yakni hanya 125 unit. Sementara Toyota Yaris GR Sport dibanderol dengan harga mulai dari Rp 268,8 Juta sampai Rp 284 Juta untuk varian tertinggi. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  FIRST DRIVE: Pembuktian Toyota GR Yaris Menjadi Partner Dansa Ideal

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature