Beranda Hot Topics Ini Spesifikasi Lengkap All-New Mazda3 untuk Indonesia

Ini Spesifikasi Lengkap All-New Mazda3 untuk Indonesia

JAKARTA, 12 Juli 2019 – Tujuh generasi sudah sekarang Mazda3 hadir di pasar, sejak diawali kehadirannya oleh Mazda 323, Familia ata Protégé di tahun 1990-an lalu. Kini, Mazda3 telah berevolusi menjadi mobil yang semakin premium dan berkelas di antara para rivalnya.

All-New Mazda3, model generasi keempat yang menggunakan nama Mazda3 atau Axela di Jepang, akan segera hadir di Indonesia untuk meluncur di GIIAS 2019. Peluncuran di Indonesia menyusul debut globalnya di gelaran Los Angeles Auto Show 2018 lalu.

Sejak menggunakan moniker baru di tahun 2003, Mazda3 telah terjual hingga lebih dari 6 juta unit di seluruh dunia, membuatnya sebagai salah satu produk utama Mazda. Di peta pasar, Mazda3 akan berhadapan langsung dengan Honda Civic, Toyota Corolla, serta Volkswagen Golf.

Percaya diri dengan generasi terbaru ini, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) bahkan akan meluncurkannya lengkap dalam versi hatchback dan sedan. Begini spesifikasi lengkap dari All-New Mazda3.

Eksterior

Desain eksterior All-New Mazda3, baik hatchback maupun sedan, menjadi perwakilan evolusi terbaru bahasa desain KODO, yang diadopsi dari konsep Mazda Kai. Mazda ingin menunjukkan kepribadian dan nilai-nilai yang dimiliki keduanya, demi maksimalkan daya tarik yang unik.

Lampu utamanya kini berdimensi lebih ramping dan lebih sederhana, untuk semakin mengoptimalkan fungsi pencahayaan denagn memangkas elemen yang tidak diperlukan. Lampu proyektor LED sudah menggunakan teknologi adaptive yang mampu memberikan visibilitas terbaik setiap saat.

Tema “Less is More” yang Mazda terapkan di eksterior ditunjukkan dengan desain bumper depan yang lebih bersih dan sleek demi aerodinamika dan estetika terbaik. Fascia depan masih dihiasi dengan grille hitam dengan kisi-kisi honey comb untuk hatchback dan garis horizontal pada sedan.

Kaki-kaki menggunakan velg 18 inci berpalang 10, yang berwarna metal grey gelap untuk hatchback, dan warna lebih cerah untuk sedan.

Untuk bagian buritan, ubahan paling utama ada pada desain lampu utama, yang kini menggunakan desain lingkaran ganda di dalam mika memanjang khas Mazda. Baik untk hatchback dan sedan, tampilan belakang Mazda3 menjadi lebih dinamis dan mewah.

Interior

Kembali, Mazda mengadopsi konsep desain dari Kai ke Mazda3 pada bagian interior, melalui desain yang menarik garis horizontal pada bagian dashboard. Begitu pun dengan desain setir yang memiliki palang tiga lebih ramping seperti Kai.

Bagian dashboard terdiri dari material karet bertekstur dan lapisan kulit, yang membuat panel soft touch semakin mendominasi. Tidak hanya pada dashboard, material sama juga dibawa pada trim pelapis pintu.

Mazda membedakan tampilan interior untuk hatchback dan sedan, dengan menggunakan nuansa kulit warna merah Burgundy yang sporty pada hatchback, sementara sedan berlapis kulit warna hitam. Kesan elegan ditegaskan oleh spion dalam yang tampil tanpa frame atau bezel.

Di tengah dashboard terpasang layar 8,8 inci dengan sistem MZD Connect generasi baru, memiliki tampilan interface lebih sederhana namun modern. Sistem MZD Connect juga menggunakan tombol pengendali yang diperbarui demi fungsionalitas lebih mudah, serta telah mendukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk pengemudi dan penumpang depan, kursi dirancang dengan konstruksi yang dibuat sedemikian rupa menyesuaikan postur ideal untuk tulang belakang, panggul dan rusuk. Ditujukan agar posisi duduk dapat senyaman dan seoptimal mungkin, agar tidak cepat lelah.

Mesin dan Transmisi

Dinilai masih ideal Mazda mempertahankan mesin empat silinder SkyActiv-G 2.0 liter untuk All-New Mazda3 yang mendapat pengembangan lebih lanjut. Mesin telah ditingkatkan pada optimalisasi intake port, bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin.

Tenaganya tersedia 153 hp disertai torsi 200 Nm yang disalurkan ke roda depan, melalui transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6-speed.

Pengendalian dinamisnya didukung dengan versi terbaru dari fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), sebagai bagian dari teknologi Skyactiv-Vehicle Dynamics. Dengan fitur ini, distribusi torsi dan dibuat lebih optimal untuk  memberikan traksi terbaik berdasarkan input dari pedal gas dan setir.

Fitur

Seperti generasi pendahulunya, Mazda3 memiliki fitur dan teknologi terlengkap di kelasnya, terutama dalam hal keselamatan. Rangkaian fitur dalam i-Activsense semakin ditingkatkan baik jumlah maupun efektivitasnya.

Memanfaatkan radar dan berbagai sensor, Mazda3 punya fitur Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keeping Assist, serta Smart City Brake Support (SCBS) baik maju maupun mundur.

Yang baru dari i-Activsense adalah Mazda Radar Cruise Control (MRCC), di mana fitur Cruise Control telah terintegrasi dengan radar untuk fungsi adaptive. Selain menentukan kecepatan konstan, MRCC dapat menjaga jarak dengan mobil lain di depan.

Menggunakan Distance Recognition Support System (DRSS), fitur MRCC bisa dipilih jarak antara mobil dengan mobil di hadapnnya dalam empat pilihan jarak. Selain jarak, MRCC juga akan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depannya.

Seluruh yang dimiliki All-New Mazda3 membuatnya semakin tunjukkan kualitas premium, seolah melepaskan diri dari para rivalnya ke kelas lebih tinggi. Tinggal kita tunggu saja berapa harga yang ditawarkan EMI untuk All-New Mazda3 di Indonesia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza