Beranda Updates Honda Mobilio Tembus 31 Km/Liter, Sah Tanpa Hidupkan AC!

Honda Mobilio Tembus 31 Km/Liter, Sah Tanpa Hidupkan AC!

JAKARTA, Carvaganza.com — Lomba irit Honda Mobilio memasuki seri ke dua. ‘Honda Mobilio Joyful Weekend’ yang digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) ini menempuh jarak 60 km dari Jakarta ke Taman Budaya Sentul, Bogor, Sabtu (2/2/2020) kemaren. Mengusung tema ‘Hematnya bikin happy’, puluhan member dari komunitas Mobilio Community (Mobility) dan Mobilio Indonesia (MOI) ikut meramaikan bersama keluarganya.

Lomba ini sebenarnya simpel. Seluruh peserta ditantang menjadi yang paling irit dalam penggunaan konsumsi bahan bakar Honda Mobilio. Penilaian paling hemat dilihat dari tampilan layar MID (Multi Information Display) pada panel dashboard MPV andalan Honda tersebut. Hal ini tentu menyesuaikan juga dengan trip meter sejauh 60 kilometer.

Di seri kali ini, Teguh Irmansyah dari komunitas Mobilio Community (Mobility) berhasil menjadi pemenang. Ia mampu mencatat konsumsi BBM 31,5 km/liter. Bahan bakar ia juga perhatikan. Kebetulan rute ini juga sudah biasa dilewatinya sehari-hari.

Tips dan Trik

Apa rahasianya? Teguh sengaja menggunakan Pertamax Turbo agar pembakaran lebih baik. Kemudian beberapa trik lainnya sebagai acuan untuk menjadi pemenang. “Saya menstabilkan kecepatan antara 40-60 km/jam. Putaran mesin saya jaga di 1.100 rpm,” ucap Teguh.

Selain itu, tekanan ban juga ditinggikan olehnya. Tujuannya agar ban tidak terlalu banyak tekanan ke aspal. Ditambahkan olehnya bahwa selama lomba ia tidak menghidupkan AC dan mobil diisi oleh anggota keluarga pada penumpang depan serta tengah. “Karena ini lomba makanya saya matikan AC. Selama putaran mesin di bawah 2.000 rpm, biasa juga di angka 20 km/liter,” kata Teguh.

Faktor utama yang perlu dicermati saat mengikuti lomba irit seperti ini adalah menjaga emosi saat berkendara. “Kalau bisa jalannya konstan, jangan menekan pedal gas berlebihan. Maksimalkan rute tol, karena saat sudah keluar tol konsumsi bbm akan turun terus berkat jalanan menanjak,” tutup Teguh.

Pada seri sebelumnya, Yulianto dari komunitas Mobility berhasil menjadi pemenang dengan efisiensi sebesar 28 km/liter. Peserta tersebut juga berhasil dengan konsep mematikan AC.

“Selama ini dalam perlombaan, maka mematikan AC bagi kami sah saja,” kata Public Relation and Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili.

Honda Mobilio

Sebagai informasi, Honda mobilio  menggunakan mesin 1.5 liter SOHC. Mesin ini dapat melontarkan tenaga sebesar 88 ps pada putaran 6600rpm. Kemudian, torsi maksimumnya adalah 145 Nm pada putaran mesin 4600rpm. Oh ya, ia juga dikombinasi denga transmisi CVT yang membuat setiap perpindahan transmisinya terasa begitu halus.

Mesin yang terdapat pada Honda Mobilio juga diklaim telah memenuhi standar global dengan mengaplikasikan sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI yang mampu memaksimalkan proses pembakaran BBM menjadi lebih sempurna.

Selain itu, pada mesinnya sendiri terdapat teknologi Torque Boost Resonator yang sanggup meningkatkan torsi Honda Mobilio pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas.

Kabarnya, Honda akan segera memberikan penyegaran pada model ini. Kapan? Kita tunggu saja.

Baca juga: Mobilio Baru? Honda: Tunggu Saja Tanggal Mainnya
Baca juga: Rekor Baru, Adu Irit BBM Honda Mobilio Tembus 28 Km/Liter

VALDO PRAHARA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto