Beranda Updates Hankook Tire Indonesia Kembangkan Program Desa Binaan

Hankook Tire Indonesia Kembangkan Program Desa Binaan

CIKARANG, 5 Oktober 2019 – Hankook Tire Indonesia memulai program Desa Binaan di Desa Cicau, Cikarang. Program ini merupakan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk membangun masyarakat yang mampu memajukan desanya.

Tahap awal program Desa Binaan adalah kampanye Green and Clean Village yang memberdayakan masyarakat melalui urban farming, pembuatan biopori resapan air, dan pengolahan sampah. Tujuannya untuk memanfaatkan lahan sempit menjadi produktif dan menggerakkan perekonomian desa secara berkelanjutan.

Desa Cicau merupakan sebuah desa yang memiliki tantangan isu lingkungan dan ekonomi. Sulitnya air bersih hingga mata pencaharian masyarakat yang tidak tetap adalah masalah yang paling banyak terjadi di Desa Cicau. Kegiatan Green and Clean Village berfokus pada urban farming dan pembuatan lubang resapan biopori menjadi penting dilaksanakan untuk memanfaatkan lahan terbatas menjadi lahan produktif serta menyimpan cadangan air bawah tanah untuk mengatasi krisis air bersih.

Pengolahan sampah organik juga dikembangkan untuk mendukung program urban farming. Pengolahan sampah akan menghasilkan pupuk yang dapat dijual atau digunakan kembali untuk pertanian. Program ini akan melibatkan 50 kelompok tani dan menargetkan hasil 500kg sayuran dan 500kg pupuk kompos setiap dua bulan.

Choi Seok Ho, President Director PT Hankook Tire Indonesia mengatakan Program Desa Binaan dihadirkan tepat sasaran dan menyelesaikan isu yang ada di masyarakat. Program dilaksanakan dari hulu sampai hilir, mulai dari pelatihan, pembibitan hingga packaging hingga manajemen pemasaran.

“Untuk menjamin keberlanjutan dan dampak yang signifikan dari program ini, kami bahkan menempatkan ahli perwakilan Dompet Dhuafa untuk memonitor dan mendampingi masyarakat setiap hari. Harapannya melalui program ini Hankook Tire Indonesia berharap ekonomi masyarakat dapat terangkat dengan baik sehingga Desa Cicau dapat berkembang menjadi desa unggulan,” katanya.

Dalam jangka panjang, sub-program lain akan menyusul dan melengkapi pembangunan aspek-aspek lain di Desa Cicau. Beberapa sub-program yang tengah disiapkan antara lain pembangunan sentra kerupuk/keripik, peningkatan keahlian seperti keahlian las, pengembangan budidaya jamur dan program pengembangan lainnya.

Semua program pengembangan yang dihadirkan oleh Hankook Tire Indonesia dan Dompet Dhuafa akan membina masyarakat dari tahap awal hingga penjualan atau pendistribusian hasil dari program. Dalam tiap tahap program, masyarakat akan didampingi dan dibina oleh ahli untuk membantu memahami dan menjaga kualitas hasil akhir.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ganti Oli Pakai Mobil Lubricants Dapatkan Liburan Gratis Ke Mana Saja

JAKARTA, Carvaganza.com - Perawatan mesin mobil secara berkala, wajib dilakukan guna menjaga kondisi mesin tetap prima dan awet. Selain penting mengetahui tingkat kekentalan (SAE)...
video

Video: Hypercar Rp 48 Milyar Dihancurkan, Demi Validasi

KROASIA, carvaganza.com – Melihat mobil hypercar seharga US$ 2 juta (sekitar 24 milyar) dihancurkan itu bikin miris. Tapi demi validasi dan kepercayaan publik, hal...

MItsubishi Xpander Mulai Resmi Dirakit di Malaysia, Apa yang Beda?

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com - Tidak hanya dari Indonesia dan Vietnam, suplai Mitsubishi Xpander akan datang juga dari Negeri Jiran. Tepatnya di fasilitas perakitan Pekang,...

Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

JAKARTA, Carvaganza.com - Tak usah disangkal, Maserati MC20 adalah mobil paling cantik di dunia. Jangan ragukan juga performanya. Banyak produsen mobil yang mengaku punya...

Infiniti QX80 Dimodif Jadi Kendaraan Full Off-Road, Begini Tampangnya

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Brand mobil mewah Infiniti pernah melambung namanya di Indonesia 4 – 5 tahun lalu. Merupakan merek mobil premium yang berada di...