Beranda Drives Ferrari 812 Superfast, Lions Roar

Ferrari 812 Superfast, Lions Roar

Sebagai penerus keluarga F12, 812 Superfast hadir dengan ragam  penyempurnaan dan suntikan teknologi canggih.

(Foto-foto: Roberto Carrer)

FERRARI sudah terbiasa bermain dengan kata Superfast karena mobilnya memang kencang. Tapi yang sekarang betul-betul murni kencang. Ferrari 812 Superfast yang diluncurkan pada Geneva Motor Show 2017 adalah pengganti F12 Berlinetta bermesin depan. Arti dari angka 12 dari 812 adalah jumlah silinder, sedangkan angka 8 adalah 800 hp. Ferrari Superfast ini mampu menghasilkan tenaga 800 hp. Perang tenaga dengan rival pabrikan memang sedang memanas, namun pada saat yang sama mobil yang dihasilkan Ferrari lebih efisien bahan bakar jika memang pasar menilai bahwa hal penting bagi konsumen Ferrari.

Melodrama di seputaran Ferrari bermesin V12 ini berkisar antara dua hal sudah tepat atau belum mesin V12 yang gahar tersebut. Namun, melodrama itu bukan mempersoalkan bagaimana kerja tenaga 800 hp yang dimiliki mobil, namun bagaimana dengan chassis dan sisi aerodinamikanya  karena hal itulah yang selalu terlintas di pikiran car enthusiast kalau sudah membicarakan Ferrari.

Ferrari generasi terbaru ini memang memiliki patokan yang harus dicapai. Misalnya, 812 Superfast ini harus sama atau mengalahkan F12 tdf, seperti halnya 488 harus mengalahkan 458 Speciale. Ferrari selalu menjadikan setiap kendaraan tu sebagai komponen pengujian untuk mobil yang akan datang dan yang membayar adalah konsumen, namun produk yang dibeli adalah produk terbatas yang setiap modelnya selalu istimewa.

Superfast  ini memiliki mesin yang desainnya harus benar-benar baru karena tenaga 800 hp yang dihasilkan tentu membawa problematik baru. Pabrikan memang bisa mendapatkan tenaga 800 hp dari mesin yang sebelumnya, tapi tak akan bertahan lama. Pasalnya putaran mesin yang lebih tinggi dan tenaga yang lebih kuat akan berefek buruk terhadap mesin jika mesinnya tersebut tidak diberi ruang. Menurut Ferrari, 75 persen komponen di 812 Superfast anyar ini adalah komponen baru.

Oh iya, jangan lupa transmisi pada 812 menggunakan girboks dual-clutch F12 versi terbaru sehingga perpindahan giginya lebih cepat dan pendek-pendek. 812 Superfast adalah Ferrari pertama yang memperkenalkan Electric Power Steering (EPS), yang sejajar dengan tradisi Ferrari, dan digunakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki mobil dari segi performa.

Pengenalan sistem Virtual Short Wheelbase 2.0 (PCV) menggabungkan bantuan sistem kemudi roda depan elektrik dengan konsep mekanik yang berdasarkan pada dimensi roda dan sistem kemudi roda belakang. Semua terintegrasi dengan dinamika sistem kontrol kendaraan, berdasarkan SSC versi 5.0, sehingga saat ia diajak menari di tikungan terasa mudah untuk dikendalikan dan saya tidak takut untuk mengajak drifting.

Hal itu sangat terasa pada penggunaan mode Race dan ESC dalam kondisi off. Meski setir mudah dikendalikan, namun bobotnya terasa sedikit lebih berat untuk memberikan konsentrasi penuh bagi pengendara. Nah untuk suspensi, tentunya ia terasa lebih keras karena untuk menahan bobot mobil saat bermanuver kecepatan tinggi.

Tidak hanya mode kencang, saya pun mencoba dengan mode Sport. Bagi 812 Superfast sepertinya mode ini adalah mode berkendara normal. Perpindahan transmisinya masih terasa pendek-pendek dan cepat. Pada mode ini saya juga mencobanya untuk berjalan perlahan dengan menginjak gas lebih santai, mobil masih santun dikendarai.

Untuk bantingan suspensinya, kekerasan kaki-kaki masih bisa ditolerir sebagai sportscar. Mobil ini juga memiliki pengaturan Wet, untuk jalanan basah. Pada mode tersebut, ban akan terasa menggigit pada kondisi basah sehingga mengurangi resiko sliding.

Mobil ini juga dilengkapi fitur Launch Control yang memudahkan mobil saat berakselerasi dari titik diam agar tidak melakukan burnout di awal. Dengan kata lain, traksi ban dengan torsinya tetap terjaga. Oleh karena itu, inilah yang menyebabkan 812 Superfast dapat mencatatkan angka 2,9 detik saat melaju dari 0 hingga 100 km per jam. Sedangkan untuk top speed, ia dapat melibas hingga 340 km/jam.

Spesifikasi Ferrari 812 Superfast

Layout kendaraan: Sportscar, mesin depan, 2 pintu,2 penumpang, AWD
Mesin: V12 6.5L /790hp @8500rpm / 718Nm @7000rpm
Transmisi: 7 Speed F1 Dual- Clutch Gearbox/ E-Diff 3
Top Speed: 340 km/jam
0-100 km/jam: 2,9 detik
P x L x T: 4657 x 1971 x 1276 mm
Wheelbase: 2720 mm
Bobot kosong: 1525 kg
Kapasitas Tangki: 92 liter
Rekomendasi BBM: Ron 98

ANDRE LAM

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Tak Lagi Kerjasama dengan Suzuki, Mitsubishi Berjaya dengan L300

JAKARTA, 25 April 2019 – Mitsubishi tak lagi memperpanjang kerjasamanya dengan Suzuki untuk membangun mini pick-up T120SS yang menjadi kembaran...

Inilah 11 Mobil Baru yang Siap Meluncur di Telkomsel IIMS 2019

JAKARTA, 25 April 2019 -- Pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 mulai digelar hari ini Kamis, 25...

EDITOR’S NOTE: Toyota C-HR Hybrid Keluar, Aturan Belum Juga Berubah

JAKARTA, 25 April 2019 -- Kehadiran Toyota C-HR Hybrid menambah jumlah model mobil hybrid yang beredar di Indonesia. Keberanian PT...

Velozity Chapter Tangerang Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Patra Menggala

TANGERANG, 25 April 2019 – Komunitas mobil kini semakin peduli dengan lingkungan. Seperti yang dilakukan Velozity Chapter Tangerang (D’Vecta) yang...

Tingkatkan Kualitas, Isuzu Gelar Kompetisi Teknisi Seluruh Indonesia

BEKASI, 24 April 2019 – Guna menjaga kualitas para teknisinya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia kembali mengadakan National Isuzu Technical...