Beranda Community FEATURE: Campervan in NZ, Exploring the Middle Earth (Bag. 2)

FEATURE: Campervan in NZ, Exploring the Middle Earth (Bag. 2)

Banyak kemudahan yang Anda dapatkan saat melakukan Campervan. Bagaimana dengan biaya?

MESKI memberikan fleksibilitas lokasi, bukan berarti Anda bisa sembarangan memarkir Campervan untuk bermalam. “Banyak spot gratis yang tersedia untuk bermalam dengan campervan. Tapi tempat-tempat tersebut tak memiliki fasilitas untuk mengisi ulang listrik,” tambah Rudi.

Listrik merupakan faktor penting karena menjadi sumber energi untuk lampu, heater, kulkas, microwave dan keperluan lainnya. Maka setiap dua sampai tiga hari sekali, Rudi Kurniawan bermalam di camping ground dengan biaya NZ$20 untuk 2 orang. Jika lebih, terkena charge tambahan NZ$5 per kepala.

Berhubung campervan seperti rumah berjalan, maka Anda juga berurusan dengan limbah rumah tangga seperti waste water dan buangan dari toilet. Tapi Anda tak perlu khawatir karena banyak tersedia dump station yang sebagian besar gratis. Jika menyewa campervan, Anda akan mendapatkan buku panduan mengenai lokasi-lokasi yang dibutuhkan seperti dump station dan camping ground. Bahkan beberapa campervan dilengkapi GPS yang menyediakan informasi-informasi tersebut.

Bagaimana dengan biaya traveling dengan campervan jika dibandingkan menyewa mobil? “Harga sewa campervan beragam, tergantung musim. Saya menyewa campervan Apollo di musim dingin sehingga mendapat diskon sekitar 65% dari harga musim panas. Jadi total biaya lebih ekonomis ketimbang menyewa mobil plus akomodasinya,” kata Ubai.

Pria yang selalu meluangkan waktunya untuk traveling ini membayar sekitar NZ$530 untuk 10 hari, sudah termasuk asuransi. Beda dengan Rudi yang menyewa campervan Britz di musim semi sehingga diskonnya tak sebesar Ubai. Ia membayar sekitar NZ$1.350 untuk 10 hari, juga termasuk asuransi zero excess.

Meski harga bisa ditekan jika tanpa asuransi, Ubai menegaskan, “Asuransi itu penting karena kecelakaan bisa terjadi kapan pun.” Dan ia mengalaminya sendiri. Saat berada di tengah hutan menuju Christchurtch dari Queenstown, campervan-nya masuk ke kubangan lumpur dan menghantam batu. Dengan asuransi, Ubai terbebas dari biaya perbaikan yang sangat besar.

Liburan tak akan nyaman jika kita harus mengeluarkan uang ekstra di luar yang sudah direncanakan. Jika segalanya sudah dipersiapkan, Anda bisa menikmati keajaiban Middle Earth dengan tenang.

The Temporary Homes for Campervan

Rudi dan Ubai merupakan dua manusia beruntung yang pernah menjelajahi New Zealand dengan campervan. Keduanya menyewa spesifikasi kendaraan yang berbeda. Rudi memilih campervan berbasiskan Toyota Hiace berkapasitas 4 penumpang, sedangkan Ubai mengendarai VolksWagen dengan kapasitas 2 orang.

Toyota Hiace

Layout Kendaraan: Van, mesin depan, 4 penumpang
Mesin: Diesel 2.6 L/148 hp
Power Supply: 12V battery/240V main supply
Dimensi (PxLxT): 5380 x 1880 x 2800 mm
Kapasitas Tangki: 70 liter
Fitur: Kulkas, microwave, kompor, tempat tidur untuk 4 orang, dan toilet

Volkswagen

Layout Kendaraan: Van, mesin depan, 2 penumpang
Mesin: Diesel 2.5 L/ 107 hp
Power Supply: 12V battery/240V main supply
Dimensi (PxLxT): 7100 x 2000 x 3200 mm
Kapasitas Tangki: 75 liter
Fitur: Kulkas, microwave, kompor, tempat tidur untuk 2 orang, toilet, shower room

MIRAH PERTIWI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...