F1: Raih Kemenangan di GP Belanda, Max Verstappen: Berkat Kerjasama Tim

F1 GP Belanda

ZANDVOORT, Carvaganza -- Max Verstappen mengaku sangat bangga dengan kemenangannya di GP Belanda, Minggu (5/9/2021) kemarin. Pembalap Red Bull Racing Honda itu berhasil meraih kemenangan yang ketujuh kalinya di musim balap F1 2021 ini. Kemenangan di sirkuit Zandvoort ini juga jadi sejarah tersendiri. Karena inilah kali pertama pembalap tuan rumah menang. Sebelumnya belum pernah ada pembalap berkebangsaan Belanda yang meraih kemenangan di Grand Prix Belanda.

Kemenangan ini juga sekaligus menambah koleksi kemenangan Honda di musim balap F1 2021 ini menjadi tujuh kemenangan, yaitu di Grand Prix Emilia Romagna, Grand Prix Monaco, Grand Prix Azerbaijan, Grand Prix Perancis, Grand Prix Styria, Grand Prix Belgia pekan lalu, dan kini Grand Prix Belanda.

Start dari Pole Position, Max tak tersentuh oleh dua rivalnya yakni dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, di sirkuit Zandvoort. Membalap selama 72 lap, Max membuktikan keunggulan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing Honda.

F1 Max Verstappen

Verstappen melahap balapan dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 05,395 detik. Performa Verstappen memang jempolan. Ia unggul jauh 20,932 detik dibandingkan Hamilton dan 56,460 detik di depan Bottas.

Ia mengungkapkan bahwa sangat luar biasa bisa menang di sirkuit yang merupakan kampung halamannya sendiri dan sekaligus mengambil alih klasemen Juara Dunia F1 2021 dari Hamilton.

"Tentu saja ekspektasi sangat tinggi menjelang akhir pekan dan tidak pernah mudah untuk memenuhi itu, tetapi seluruh penonton luar biasa dan saya sangat senang bisa menang di sini. Balapan yang cukup sulit, Lewis benar-benar memberikan tekanan dan kedua Mercedes memiliki kecepatan yang sangat bagus tetapi kami berhasil memiliki keunggulan tiga detik ketika kami membutuhkannya dan saya pikir itu sangat penting," kata Verstappen.

Baca juga: Wuling Tetap Beri Subsidi Pembelian Mobil di September, Ini Daftar Harga Lengkapnya

F1 GP Belanda

Pembalap 23 tahun itu sangat senang dengan kinerja seluruh tim; melakukan strategi pit yang tepat dan menjalani balapan dengan sangat baik sepanjang 72 lap, terutama di depan keriuhan penggemar. "Saya belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya dalam hidup saya. Saya tentu saja akan merayakannya di rumah malam ini, tetapi Monza sudah dekat dan pertarungan kejuaraan sangat ketat, jadi saya ingin memastikan kami tampil sebaik mungkin," katanya.

Di klasemen pembalap sementara, Verstappen berhasil merebut lagi posisi puncak dengan total 224,5 poin, unggul 3 poin di atas Hamilton. Bottas naik ke posisi ketiga menggeser Lando Norris (McLaren). Sedangkan untuk klasemen konstruktor, Mercedes masih unggul di atas dengan total 344,4 poin, unggul 12 poin dari Red Bull, disusul oleh Ferrari yang merebut posisi ketiga dari McLaren.

Seri balap selanjutnya akan digelar akhir pekan ini di Grand Prix Italia bertempat di sirkuit Monza. Pada tahun 2020 lalu, tim Scuderia AlphaTauri berhasil meraih kemenangan perdananya di sirkuit legendaris tersebut.

Baca juga: F1: Verstappen Menang Balap Kandang GP Belanda 2021, Rebut Puncak Klasemen dari Hamilton

F1 GP Belanda

Penampilan dan Performa

Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda Racing F1 mengatakan banyak hal yang mendorong kemenangan kali ini. "Satu lagi kemenangan yang tidak lepas dari performa brilian Max dan manajemen balapan yang baik dari tim Red Bull Racing. Itu jauh dari balapan yang mudah, tetapi tim membuat panggilan yang tepat dan kru pit melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga satu langkah di depan lawan. Balapan selanjutnya di Italia, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik di sisa musim ini," katanya.

Sementara Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyebut balapan kali ini sangat sempurna bagi Verstappen. Melihat suasana di sirkuit bersama penonton merayakan kemenangan setelah lalui balapan tanpa kendala. "Pekan depan 12 September, balapan akan berlangsung di sirkuit Monza Italia, dan diharapkan Max Verstappen dan Sergio Perez bisa kembali menunjukkan pelumas mesin Mobil 1 bekerja optimal di RB16B," katanya.

Rommy juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super. Rangkaian produk Mobil Super terdiri dari Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Semuanya sudah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP.

Keunggulan Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules, sedangkan Mobil Super Friction Fighter yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang. (Raju)

Baca juga: Harga Mitsubishi Xpander dengan PPnBM 25 Persen, Diskon Sampai Rp 4,4 Juta

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature