Beranda Modification Daihatsu Ayla Turbo, Modifikasi Seharga 5 Kali Lipat Harga Belinya

Daihatsu Ayla Turbo, Modifikasi Seharga 5 Kali Lipat Harga Belinya

JAKARTA, 7 Maret 2019 — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak media menyaksikan proyek diam-diam mereka. RnD Daihatsu ternyata tengah menggarap LCGC Daihatsu Aya Turbo. Mereka melakukan demonstrasi Ayla Turbo ini di test trek Daihatsu di Karawang Timur, Rabu (6/3/2019) kemarin.

Mobil ini sebenarya pernah ditampilkan Daihatsu pada bulan Agustus 2018 di ajang GIIAS 2018 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang. Namun sayangnya mobil yang berlabel “konsep” ini tidak akan diproduksi massal. Meski Daihatsu mengatakan ada kemungkinan Ayla Turbo dijual menyesuaikan pasar permintaan konsumen.

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan RnD PT ADM, maka konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan dan penggemar modifikasi bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi maksimal,” kata Pradipto Sugondo selaku RnD Executive Officer ADM di Karawang.

Daihatsu melakukan modifikasi Ayla Turbo ini di beberapa bagian. Mulai dari mesin, transmisi, knalpot, bodi, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger. Hal ini membuat mobil konsep Ayla turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Melalui uji coba dengan pengetesan mobil yang dilakukan Daihatsu, Ayla turbo dengan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.2 liter dapat menghasilkan tenaga sebesar 200 hp dengan torsi mencapai 242 Nm. Klaim Daihatsu menyebutkan akselarasi dari 0 sampai 100 km/jam mobil ini membutuhkan waktu 10,3 detik di atas kertas atau lebih cepat 2 detik dari versi standar yang membutuhkan 12,6 detik.

Bagaimana melakukannya? Daihatsu memangkas bobot Ayla menjadi lebih ringan. Bagian kaca samping diganti bahan serat kaca. Roda memakai ukuran 15 inci alumunium lansiran JF Luxury dibalut ban Achilles 195/50 depan dan belakang. Pengereman depan cakram kaliper depan AP Racing empat piston, dan belakang satu piston.

Suspensi diganti coil over khusus balap. Di dalam kabin, hanya dua jok balap Sparco, selebihnya pipa pengaman. Komponen pendingin udara tak lagi digunakan alias dilepas, setir diganti lansiran aftermarket dan penunjuk kecepatan digital buatan Haltech.

Nah yang bikin kaget adalah biayanya. “Total biaya modifikasi Ayla Turbo ini mencapai Rp 500 jutaan. Biaya tersebut sudah meliputi semua perubahan, dan biaya terbesar untuk riset serta pembuatan bodi,” ujar Design Engineering Division Research and Develoment Directorate ADM, Soni Satriya.

Dengan kata lain, angka membangun Ayla Turbo ini lima kali lipat dari harga beli Daihatsu standar. Sebagai informasi Daihatsu Ayla 1.0L dijual mulai dari Rp 98,1 juta sampai Rp 124,650 juta. Sedangkan Daihatsu Ayla 1.2L mulai dari Rp 130,85 juta sampai Rp 151,850 juta.

Marketing Director ADM, Amelia Tjandra menambahkan, body kit Ayla Turbo itu seperti bikin mobil baru. Karena menurutnya, prosesnya dibuat dari tanah liat. Biayanya Rp 250 jutaan. “Itu sebabnya harga mahal. Beda dengan modifikasi dilakukan oleh orang lain, yang hanya menempel aksesori. Saat pameran, catnya enggak bisa sembarangan, harus berapa kali proses, biayanya Rp 90 jutaan,” tutup Amelia.

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Barisan Fitur Canggih Yang Tersemat di New Mercedes-Benz GLA

JAKARTA, Carvaganza.com – Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line sudah masuk ke pasar nasional. Model ini menjadi SUV termurah pabrikan Mercy di Indonesia dengan banderol...

Proton X50 Sudah Siap Meluncur, Gunakan Turbo Lansiran Geely-Volvo

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Jumlah model line-up Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) bakal bertambah. Pabrikan Malaysia ini sedang bersiap menjual medium SUV X50 yang memiliki...

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...