Beranda New Cars Alfa Romeo Giulia GT Electric, Permata Dari Masa Lalu Yang Dibalut Teknologi...

Alfa Romeo Giulia GT Electric, Permata Dari Masa Lalu Yang Dibalut Teknologi Modern

JAKARTA, Carvaganza.com – Tak ada yang lebih indah selain dari memadukan mobil Italia nan cantik dari masa lalu dengan teknologi modern. Totem Automobili, rumah desain asal Italia berhasil mengubah Alfa Romeo Giulia GT yang pertama hadir pada 1965 menjadi mobil listrik futuristis yang seksi.

Bukan perkara mudah menghidupkan kembali mobil legendaris. Predikat sebagai salah satu mobil paling cantik di dunia yang pernah tercipta, tentu tak ingin dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Untungnya sang pendiri Totem Automobili, Riccardo Quaggio adalah seorang desainer otomotif yang sangat mencintai otomotif. Dibimbing oleh hasratnya kepada mobil-mobil bersejarah dan terinpirasi dari proyeksi tentang mobil tanpa emisi di masa depan, Ia memulai proyek pertamanya dengan membangun Totem Giulia GT Electric.

Ia memilai dengan menelanjangi Alfa Romeo Giulia GT Junior 1300/1600 yang diproduksi sejak 1970 sampai 1975. Seluruh komponen bodi dilepas hingga terlihat struktur rangkanya saja. Demi menanam motor elektris dan baterai, struktur rangkanya pun harus diubah. Apalagi tenaga yang dihasilkan mobil ini meningkat drastis dari 192 hp menjadi 518 hp. Kekokohan struktur rangka harus jadi pertimbangan utama.

Hanya 10 persen saja dari struktur rangkanya yang dipertahankan. Selebihnya diperkuat dan diubah dengan material yang lebih kuat. Kabin mobil dilindungi oleh internal roll bar tersembunyi dari bahan baja yang sesuai dengan standar FIA. Selanjutnya terpasang tanduk di bagian depan yang tertutup bumper untuk menunjang faktor keselamatan dan reliabilitasnya. Keseluruhan struktur rangkanya juga mendapat caraphoresis treatment agar awet dan tahan korosi.

Selain itu dipasangkan suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang multilink dari material alumunium. Nah gardan belakangnya ini terhubung dengan motor listrik yang terpasang pada sub-frame bagian belakang. Motor listriknya ini menghasilkan tenaga sebesar 518 hp dengan torsi punck 940 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam mobil ini diklaim hanya 3,4 detik saja. Energi listriknya disuplay oleh baterai yang berbobot hanya 350 kg saja. Daya sebesar 50,4 kWh yang dihasilkan mampu untuk membawa jalan mobil ini sejauh 320 km.

Dari depan tampang klasik Totem Giulia GT diremajakan lewat hadinya dua pasang lampu depan LED bulat yang terinspirasi dari mobil rally masa lalu. Menariknya karena ini mobil listrik, bagian grillenya dibuat tertutup dari material serat karbon dengan motif pola geometris.

Belakangnya juga mendapat lampu LED yang membulat. Menariknya, posisi plat nomor dipindah ke bawah. Bekas tempat plat nomornya yang lama dijadikan tempat menarum emblem GT electric.

Masuk ke bagian dalamnya, Totem Automobili masih menghormati suasana vintage khas mobil tua yang elegan. Namun beberapa bagian dibuat ulang. Misalnya, jok bergaya racing dari material serat karbon dengan padding berbalut kulit yang dicetak mengikuti tubuh manusia pada umumnya. Kursinya ini mengingatkan kita pada kursi mobil balap 1750 Giulia GT. Posisi pedal dan lingkar kemudi ditempatkan untuk menghasilkan posisi berkendara yang pas. Nah kalau Anda memesan mobil ini, badan Anda akan diukur untuk menyesuaikan posisi berkendaranya.

 

Lingkar kemudinya hasil interpretasi bergaya tradisional buatan Momo dengan logo Alfa Romeo dari bagan metal di tengahnya. Walaupun ini mobil listrik, tapi di dalam kabinnya masih bisa terlihat tuas transmisi dari bahan metal yang menonjol Di dekatnya juga terpasang tuas rem parkir. Semua itu sekilas menghilangkan kesan futuristis yang diemban mekanisme sistem penggerak elektris di balik kulitnya. Lalu lihat sistem audionya. Bentuk sistem audionya sangat jadul dengan knob putar yang konvensional. Tapi kualitas audionya yang mencatat tingkat kebisingan 125 db itu tak perlu diragukan lagi.

Bagaimana pengalaman mengendarai mobil ini. Tak ingin kehilangan kemurnian sensasi berkendara, Totem Automobili bekerjasama dengan 2electron untuk memproduksi paket suara dan vibrasi mesin artifisial. Jadi Anda sama sekali tak akan mengira sedang mengendarai mobil listrik.

Tuas transmisi yang ada bukan Cuma hiasan belaka. Mobil ini menyediakan perpindahan gigi 6-percepatan yang rasionya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada mode GT dan mode Rally yang lebih rapat. Totem GT Electric juga mampu mengemulasikan engine brake saat menurunkan posisi gigi. Jadi mobil listrik ini bisa diajak drifting karena memiliki limited slip differential dan handbrake mekanikal.
RIZKI SATRIA

Spesifikasi Totem GT Electric

Power 518 cv
Torque 980 Nm
Weight 130 kg
Gear Automatic / sequential
0-100 3,4 detik
Range 360 km
Speed limit 245 km/jamLength 4080 mm
Height 1240 mm
Wheelbase 2401 mm
Width 1760 mm
Weight 1410 kg / 1270 kg production vehicle

Sumber: Totem Automobili

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...